Hangatnya Air Terjun Angseri yang Kaya Manfaat

Share Button

Air-Panas-AngseriSelama ini kala kita mengunjungi air terjun, biasanya air tersebut bersuhu dingin khas pegunungan yang membuat badan menjadi lebih segar kala menikmatinya. Namun ada beberapa air terjun yang juga memiliki sumber mata air panas alami yang bisa kita manfaatkan untuk berendam. Jadi gak cuma menikmati segarnya air terjun namun juga hangatnya air terjun yang bisa membuat badan menjadi lebih rileks. Nah, di Bali ada juga loh air terjun dengan sumber mata air panas. Bahkan terjunan air tersebut sudah terasa panas. Penasaran dong sama tempatnya. Namanya adalah Air Panas Angseri yang terletak di Banjar Munduk Lumbang, Desa Angseri, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Untuk menikmati wisata air terjun ini travelers cuma perlu melakukan perjalanan selama 15 menit dari Bedugul. Bahkan hanya perlu waktu 5 menit jika dari Jatiluwih.

Air-Panas-AngseriAir Terjun atau Air Panas Angseri tidak hanya memiliki air panas namun juga memiliki pemandangan yang indah. Bahkan hal ini suda bisa travelers temui sejak dari awal perjalanan. Sepanjang perjalanan travelers akan ditemani dengan pemandangan hijau dari area persawahan yang cukup luas. Udaranya juga cenderung dingin karena memang lokasinya yang berada di kaki Gunung Batukaru yang berada di ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Lokasi air terjun sendiri berada di antara hutan bambu yang tentunya semakin menambah pesona Air Panas Angseri. Ada juga sejumlah pohon kelapa dan juga pohon pakis di sekitar air terjun. Sebuah pura berdiri tak jauh dari lokasi air terjun, tepatnya di sisi selatan air terjun, yang disebut dengan nama Pura Puncak Tinggah. Air Terjun Angseri juga memiliki kandungan belerang yang tinggi, yang kita ketahui memiliki manfaat yang besar untuk kulit. Begitu tingginya kandungan belerang yang dimiliki, membuat air terjun tersebut berwarna jingga.

air terjun angseriPada awalnya Air Panas Angseri hanya digunakan oleh masyarakat sekitar yang umumnya berprofesi sebagai petani. Kemudian mereka menginginkan agar daerah tersebut menjadi daerah wisata. Maka dibukalah pemandian Air Panas Angseri sebagai pemandian umum pada bulan Oktober 2007 dengan dikelola oleh masyarakat. Ide awal berasal dari enam orang warga yang kemudian menjadi meluas menjadi 80 orang dan tergabung dalam Kelompok Alam Angseri. Kelompok ini kemudian berganti mejadi sebuah perusahaan berbadan hukum CV dan merekalah kini pengelola resmi Pemandian Air Panas Angseri. Sejak dibuka untuk umum, kehidupan masyarakat pun ikut berubah dimana dari segi ekonomi mereka menjadi lebih mapan dari dibukanya pemandian tersebu sebagai obyek wisata untuk umum.

AirPanasAngseriYang menjadi daya tarik utama wisatawan untuk bertandang ke Air Panas Angseri adalah keberadaan Air Terjun Angseri yang berada di dekat kolam pemandian. Suhu air panas ini mencapai 48 derajat celcius. Namun travelers bisa menikmati beberapa bagian lain di kolam pemandian ini untuk bisa mendapatkan suhu yang pas. Kandungan belerang yang dimiliki Air Panas Angseri menjadi nilai tambah sehingga pengunjung yang berendam di sana tidak hanya bisa merasakan kesegaran tubuhnya namun juga bisa untuk terapi serta pengobatan bagi sejumlah masalah kulit. Suasana berendam juga semakin nyaman dengan sekeliling kolam dan air terjun yang dipenuhi dengan pepohonan hijau yang rimbun dan memberikan suasana yang begitu sejuk membuat berendam di Air Panas Angseri menjadi semakin nyaman dan menenangkan.

Bilik berendam di AngseriUntuk memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung, pihak pengelola menyediakan sejumlah fasilitas yang lengkap. Misalnya saja untuk kolam pemandiannya dibagi menjadi dua, yakni untuk kategori dewasa dan anak-anak dengan kedalaman yang diseusaikan. Untuk kolam anak-anak dilengkapi dengan sejumlah arena permainan seperti ayunan dan slider yang tentunya akan membuat mereka semakin betah berendam di sana. Jika misalnya travelers merasa risih mandi di kolam terbuka, travelers bisa menyewa bilik tertutup seharga Rp 10.000. Bilik ini cukup luas dan mampu menampung hingga lima orang sekaligus dalam satu bilik. Gak usah khawatir mengenai kebersihannya, karena tidak hanya diisi dengan air panas bersuhu 46 derajat celcius, bilik-bilik ini juga langsung dibersihkan begitu selesai digunakan. Airnya pun juga langsung diganti sehingga pengunjung yang selanjutnya tetap bisa merasakan suasana yang begitu bersih dan air yang terjaga suhunya selayaknya pengunjung yang pertama menggunakan bilik tersebut. Tak hanya itu, toiletnya juga banyak dan terjaga kebersihannya.

fasilitas air panas angseriPuas berendam, perut jadi keroncongan dong. Gak perlu khawatir kalau gak bawa bekal karena di area pemandian air terjun juga terdapat restoran. Gak usah pusing juga kalau bawa kendaraan pribadi, karena area parkir yang disediakan cukup luas. Bener-bener tempat yang nyaman buat liburan, gak cuma indah namun juga bermanfaat dan memiliki fasilitas yang lengkap. Nah, kalau nyari akomodasinya, travelers bisa menggunakan hotel murah di Bali yang dengan mudah bisa travelers temui. Tapi kalau gak mau ribet lagi, travelers bisa gunakan tour Bali yang bikin perjalanan travelers gak cuma praktis tapi juga murah dan dengan pelayanan yang memuaskan.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *