House of Sampoerna, Surabaya

Share Button

PT Sampoerna adalah salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Didirikan oleh Liem Seeng Tee tahun 1893-1956 seorang imigran dari Cina. Pada usia 17 tahun ia mulai bekerja mandiri dengan menjual rook dalam gerbong-gerbong kereta api. Pada tahun 1912 tidak lama setelah menikahi istrinya Siem Tjang Nio, dia menyewa warung kecil di Surabaya.

Dari awal yang sangat sederhana ini perusahaan raksasa Sampoerna dimulai. Sampoerna terus berkembang meski sempat beberapa mengalami masalah namun bisa diatasi dan akhirnya bisa menjadi perusahaan besar samapi saat ini dengan mengunjungi House of Sampoerna. Area seluas 1,5 hektar ini terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan besar di tengah dan diapit oleh bangunan kecil di kiri dan di kanannya. Yang awalnya hanya digunakan sebagai panti asuhan untuk anak yatim piatu laki-laki dan akhirnya dipindahkan ke Jalan Embong Malang. Namun pada tahun 1932 setelah cukup sukses, bangunan ini di beli oleh Liem Seeng Tee dan dipakai sebagai pabrik rokok Sampoerna yang dikenal dengan Pabrik Taman Sampoerna.

Saat memasuki bangunan ini aroma cengkeh langsung bisa tercium. Di ruangan pertama anda dapat melihat replica warung rokok yang pertama kali digunakan Liem Seeng Tee untuk bejualan rokok dan tembakau. Anda juga dapat menyaksikan sepeda tua miliknya yang digunakan untuk berjualan rokok masa itu. Selain itu juga terdapat berbagai barang pribadi seperti kebaya, sarung dan furniture tua milik Sampoerna.

Di bagian tengah bangunan utama terdapat beberapa foto dari direktur dari PT Sampoerna sendiri. Selain itu terdapat pula berbagai koleksi rokok dan korek api yang dipamerkan disini. Selanjutnya di ruangan paling belakang terdapat berbagai alat produksi rokok Sampoerna pada masa awal. Misalnya seperti alat produksi rokok, mesin cetak tua dan berbagai peralatan riset untuk pembuatan rokok pada masa itu.

Di bagian belakang bangunan utama, ada pabrik yang cukup luas untuk memproduksi rokok. Hingga saat ini bangunan ini masih dipergunakan untuk memproduksi rokok Sampoerna. Anda juga bisa menyaksikan proses pembuatan rokoknya secara klangsung yang dibuka pada hari Senin hingga Sabtu. Lalu di bagian kanan dan kiri bangunan utama terdapat bangunan yang lebih kecil, kedua bangunan ini disebut Rumah Barat dan Rumah Timur.

Sampai saat ini keluarga Sampoerna masih menempati salah satu bangunan ini. Di Rumah Barat juga terdapat sebuah mobil Rolls Royce buatan tahun 1972 yang diproduksi sangat terbatas dan Rumah Barat ini tidak dibuka untuk umum. Sedangkan Rumah Timur sempat digunakan untuk kantor dan saat ini digunakan sebagai kafe yang ada sajian live music nya. Banyak terdapat fasilitas lainnya yang ada di House of Sampoerna ini. Anda juga tidak perlu khawatir jika mencari penginapan atau hotel karena banyak tersedia di sekitar kawasan ini seperti:

Referensi:

  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/272-house-of-sampoerna.html

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *