Jembatan Ampera, Palembang

Share Button

Jembatan Ampea adalah jembatan yang menghbungkan daerah Seberang Ulu dan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Jembatan ini berada tengah-tengah di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jembatan Ampera sendiri menjadi semacam lambang kota Palembang. Sebelumnya jembatan ini akan di beri nama dengan sebutan Jembatan Soekarno, sebagai penghormatan kepada Presiden pertama Republik Indonesia tersebut. Panjangnya 1.117m, lebar 22m, tinggi 11.5m dari permukaan laut,tinggi menaranya 63m dan beratnya mencapai 944ton.

Pada awalnya, bagian tengah jembatan ini bisa diangkat ke atas agar tiang kapal yang lewat di bawah jembatan tidak tersangkut badannya jembatan.Bagian tengah badan jembatan dapat diangkat dengan peralatan mekanis. Namun sejak tahun 1970, aktivitas ini sudah tidak diberlakukan lagi. Alasannya karena pada saat pengangkatan jembatan ini dianggap dapat mengganggu arus lalu lintas di atasnya. Dan akhirnya pada tahun 1990, kedua bandul pemberat di menara jembatan ini diturunkan lagi guna menghindari jatuhnya kedua beban pemberat tersebut.

Arsitekturnya yang cantik dan indah serta pemandangan di atas jembatan yang beralaskan Sungai Musi ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berfoto atau hanya sekedar jalan-jalan. Saat lapar pun anda tidak perlu khawatir, karena di sekitar Sungai Musi sendiri juga merupakan tujuan wisata kuliner. Ada berbagai menu khas Palembang, seperti pempek dan masih banyak lagi. Keindahan Jembatan Ampera pun akan terasa sangat indah saat malam hari. Puluhan lampu yang cantik menghiasi jembatan ini. Jembatan Ampera sendiri menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung ke Palembang. nama Ampera adalah kepanjangan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Masyarakat Palembang menjadikan peluang obyek wisata ini sebagai sarana untuk berjualan di bawah jembatan dengan menggunakan kapal-kapal kecil. Ide untuk menyatukan dua daratan Seberang Ulu dan Seberang Ilir  di Kota Palembang ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 1906an.

Berlibur ke sekitar obyek wisata ini memang sungguh menyenangkan, ditambah dengan penduduknya yang ramah tamah terhadap wisatawan baik yang lokal maupun yang mancanegara. Jika anda ingin berlibur beberapa hari di Kota Palembang sendiri anda tidak perlu khawatir, karena banyak transportasi umum yang bisa mengantarkan anda kemana saja atau ke obyek-obyek wisata yang ada di Kota Palembang. Untuk berlibur beberapa  hari pun anda tidak perlu khawatir karena banyak tempat penginapan yang disediakan oleh penduduk-penduduk sekitar. Hotel pun dari yang biasa sampai yang berbintang juga ada di kota Palembang sendiri, seperti :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Jembatan_Ampera
  • http://travel.detik.com/read/2012/04/27/102321/1902999/1025/belum-ke-palembang-jika-belum-menapaki-jembatan-ampera
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *