Jogging Track Asik Di Jakarta

Pengen jogging di hari minggu besok? Selain Senayan dan Monas, masih ada tempat-tempat yang asik buat jogging. Dengan berbagai pemandangannya yang indah dan fasilitas yang diberikan, akan membuat anda lebih bersemangat lagi untuk membakar kalori. Mau tahu dimana aja? Simak baik-baik ya..

1. Taman Jogging Summarecon Kelapa Gading

Taman Jogging Summarecon Kelapa GadingTaman jogging yang berada di Jln. Bulevar Kelapa Gading Blok GT3, Jakarta Utara memiliki panjang lintasan 497 meter dengan lebar trek joging berkisar 1,2 – 2,4 meter. Yang bikin asik, jogging tracknya sudah dilapisi conblock dan aspal halus. Ada juga jalur berbatu yang bisa digunakan untuk refleksi kaki dan beberapa alat fitnes sederhana, seperti sepeda statis dan air walker. Taman jogging yang diresmikan pada awal 2008 ini juga dilengkapai dengan berbagai fasilitas umum seperti arena bermain anak, bangku taman,  gazebo, plaza, pedestrian, hingga toilet.

Selain menjadi Jogging track dengan luas 1,6 ha ini, taman ini juga menjadi paru-paru kawasan dengan puluhan ribu tumbuhan dari berbagai variasi tanaman tropis yang menjadikan lahan ini semakin asri. Selain itu terdapat area resapan yang dilengkapi dengan 14 titik penyerapan dan 150 titik biopori. Yang semakin seru, taman ini di buka untuk umum loh mulai dari  pukul 05.30 – 21.00 WIB. Dan khusus untuk weekend, taman ini bisa dinikmati hingga pukul 22.00.

Jadi buat anda yang bukan warga Jakarta dan sedang berlibur di Jakarta, tak ada salahnya merasakan jogging di sini. Terutama jika anda menginap di hotel di Jakarta, seperti Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading, Favehotel, atau pun di All Sedayu Kelapa Gading.

2. Taman Kebun Bibit Tebet

Taman Kebun Bibit TebetTaman Tebet terdiri dari dua taman, yakni taman Tebet Honda dan Taman Seno. Jogging track di sini akan membuat anda lebih cepat membakar lemak di tubuh. Maklum taman ini begitu luas dengan jogging track sepanjang 1.5 km. Selain itu juga terdapat jalur refleksi yang cukup panjang dan bersanding dengan jogging track. Taman ini juga dilengkapi dengan lintasan untuk berlari naik-turun yang ringan untuk ditempuh.

Taman yang diresmikan pada Juli 2010 ini dahulunya adalah kawasan rumah dan kos-kosan liar. Sejak dibebaskan, taman ini benar-benar dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi oleh warga sekitar. Apalagi lokasinya yang strategis membuat taman ini begitu ramai dikunjungi. Tak hanya bagi mereka yang ingin jogging, tapi juga bagi mereka yang ingin mengikuti senam di minggu pagi. Komunitas fotografi juga kerap menjadikan tempat ini sebagai spot foto mereka.

Pedagang makanan di skeitar taman, siap membuat anda gemuk kembali dengan aneka jajanan yang mereka taawarkan. Mulai dari aneka makanan ringgan hingga makanan berat tersedia di sini. Anda semakin di buat nyaman dengan kapasitas parkir yang luas di taman ini. Jika anda sedang menginap di Amaris Tebet atau pun Sofyan Tebet Hotel, tak ada salahnya menghabiskan minggu pagi di taman ini.

3. Taman Cattleya (Taman Kota Tomang)

Taman CattleyaKehadiran taman yang berada di depan Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat ini merupakan prakarsa dari Gerakan Perempuan Peduli Lingkungan. Taman dengan luas mencapai 5.3 hektar ini diresmikan pada tanggal 1 desember 2007. Area jogging di tempat ini begitu menarik karena mengelilingi taman dan berliku. Danau yang berada di tengah taman semakin menambah keindahan tempat ini. Apalagi taman ini selalu terlihat bersih dna terawat. Sayangnya tak banyak yang memanfaatkan taman yang berada di bekas persawahan ini. Hal ini dikarenakan letaknya yang dekat dengan jalan tol dan cukup tersembunyi. Bagi anda yang menginap di Pullman Jakarta Central Park silahkan merasakan jogging di taman ini.

4. Taman Langsattaman langsat

Taman yang diresmikan oleh Fauzi Bowo pada 2010 ini terletak di Jln. Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Taman ini memiliki jogging track sepanjang 750 meter dengan lebar 2 meter. Area ini cocok bagi Anda yang hobi berlari karena treknya berkelok dan naik-turun. Terdapat juga jalur refleksi yang dilengkapi railing untuk berpegangan. Taman ini dilengkapi dengan area bermain dan gedung pertemuan yang bisa dimanfaatkan oleh umum. Jika anda menginap di ambhara hotel atau pun di amaris panglima polim hotel dapat memilih jogging di taman langsat.

5. Taman Kota Waduk Pluit

taman kota waduk pluitTaman dengan luas 5 hektar ini baru diresmikan pada 2013 lalu. Usai merelokasi kawasan liar, taman indah ini pun dibangun lengkap dengan jogging track yang mengelilingi taman dan bercabang. Dengan 12 jenis pohon yang di tanam di kanan-kiri jalan beton selebar 3,5 meter untuk jalan inspeksi. Taman ini juga dilengkapi dengan lapangan basket ruang bermain anak, amphitheater, dan dermaga. Selain itu juga terdapat instalasi pengolahan air limbah dan area reverse osmosis (pengolahan air bersih). Jika anda sedang menginap di Favehotel Pluit Junction atau pun Aston Pluit Hotel and Residence dapat menikmati minggu pagi di taman ini.

Refrensi:

  • http://www.summareconkelapagading.com/facilities.asp
  • http://jakarta.kompasiana.com/fasilitas-umum/2014/04/14/jogging-track-tebet-buang-lemak-dan-timbun-lagi-646823.html
  • http://citizen6.liputan6.com/read/2059077/taman-cattleya-tempat-alternatif-refreshing-di-jakbar
  • http://beritajakarta.com/read/755/Warga_Jakarta_Nikmati_Indahnya_Taman_Waduk_Pluit#.VHA55TSUeGM
  • http://www.citacinta.com/ceria/jalan.jalan/6.lokasi.jogging.asyik.di.jakarta/001/014/2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *