Kebun Binatang Surabaya

Share Button
Kebun Binatang Surabaya
Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya(KBS) adalah salah satu kebun binatang yang popular di Indonesia. Kebun Binatang ini terletak di jalan Setail, no1 Surabaya. Letaknyapun sangat strategis, karena berada di tengah-tengah Kota Surabaya. Di antara kesibukan kota metropolis, ternyata masih dapat kita temukan tempat berbagai macam satwa yang sebagian besar biasanya hidup di alam bebas. Hal ini dapat menjadi semacam tolak ukur bagi manusia untuk tetap menjaga keseimbangan alam dalam melestarikan satwa.

KBS memiliki berbagai jenis binatang tropis. Selain itu terdapat pula aquarium, karantina toxidemi dan ruang nokturama(binatang malam). Dan terdapat beberapa satwa langka indonesia maupun dunia yang terdiri dari Mamalia, Aves, Reptilia, Pisces. Mengunjungi KBS merupakan bagian pendidikan yang secara tidak langsung berguna untuk mengenal berbagai macam satwa yang ada. Koleksi satwa yang ada di sini pun lebih dari 300 spesies. Dengan tiket harga Rp.10.000 per orang, anda dapat mulai menjelajah di kebun bunatang ini. suasana rimbun tampak saat anda memasukinya. Rimbunan pepohonannya membuat suasana lebih segar dan menghalangi sinar matahari masuk berlebih saat siang hari. Selain melihat binatang darat, anda juga dapat melihat ikan-ikan air tawar dan air laut yang terletak pada bagian yang

Beruang Madu di KBS
Beruang Madu di KBS

diberi nama Aquarium. Untuk masuk ke area ini, anda harus membeli tiket masuk seharga Rp.3.000 per orang. Aquarium yang ada dalam ruangan tidak terlalu banyak. Yang menarik perhatian pada area ini adalah kolam ikan Arapaima gigas yang merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Dalam kawasan ini juga terdapat binatang jenis reptil seperti beberapa jenis buaya, ular, iguana, dan penyu berukuran besar. Setelah puas mengunjungi kandang binatang maupun aquarium, anda juga dapat menunggang binatang, seperti kuda ataupun gajah. Pada jadwal yang telah ditentukan, anda juga dapat menyaksikan pemberian makanan untuk binatang-bintang tersebut. Ada juga atraksi binatang-binatang pada waktu tertentu.

Komodo di KBS
Komodo di KBS

Konon Kebun Binatang ini adalah salah satu kebun  binatang yang tertua di Asia. Kebun Binatang Surabaya pertama kali dibuka untuk umum pada bulan April 1918. Bahakan pada tahun 1970-an, kebun binatang ini menyandang sebagai kebun binatang dengan koleksi terlengkap di asia Tenggara. dengan luas 15 hektar, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk berjalan kaki dan olahraga. Anda dapat mengunjungi tempat ini mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00. Selama ini pada hari Minggu atau hari libur lainnya, KBS selalu dipenuhi pengunjung yang datang dari berbagai daerah, kota, bahkan turis mancanegara. kalau dilihat sepintas perkembangan Kebun Binatang Surabaya sangat baik dan pantas untuk dibanggaka sebagai objek wisata di Jawa Timur dan di surabaya pada khususnya.

Sekitar Kebun Binatang sini pun banyak beberapa hotel berbintang yang dapat anda singgahi termasuk juga hotel murah Surabaya, contohnya :

Referensi :

  • hotel murah di Surabaya
  • http://www.surabaya.go.id/dinamis/?id=583
  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/53-tempat-wisata/249-kebun-binatang-surabaya-kbs.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *