Keindahan Danau Dendam Tak Sudah

Share Button

Danau-Dendam-Tak-Sudah-3Mumpung masih di bulan Februari yang penuh dengan cinta, tak ada salahnya jika kita juga membahas mengenai tempat-tempat yang memiliki sejarah percintaan. Menyimak kisah cinta, apalagi kisah cinta romantis yang berakhir tragis, begitu mengasikkan. Di Indonesia, kisah cinta sepasang kekasih yang terhalang waktu, takdir dan keadaan begitu menarik untuk disimak. Bukan saja kisah fiktif dari pena indah para pengarang, seperti cerita Siti Nurbaya karangan Marah Rusli, namun juga kisah cinta yang ada dalam kehidupan nyata. Sebut saja kisah Jayaprana dan Ni Nyoman Layon Sari yang cinta mereka berakhir tragis lantaran Sang Raja menginginkan Ni Nyoman Layon Sari hingga membunuh Jayaprana. Kisah ini diabadikan dengan dibangunnya Pura Jayaprana yang didalamnya terdapat makam Jayaprana dan Ni Nyoman Layon Sari.

danau-dendam-tak-sudah-1Di daerah Bengkulu, sebuah danau indah memiliki nama yang begitu menyeramkan. Danau bernama Dendam Tak Sudah ini memang memiliki nama yang cukup berbeda dengan nama danau pada umumnya. Hal ini berkaitan dengan berbagai cerita mengenai asal usul danau tersebut. Meski memiliki banyak versi namun keseluruhan cerita tersebut berkaitan tentang kisah cinta yang harus pupus lantaran tidak mendapatkan restu dari orang tua layaknya kisah Romeo dan Juliet. Sepasang kekasih telah mengikat janji untuk sehidup semati namun harus berpisah karena yang perempuan telah dijodohkan dengan pemuda lain. Karena tak setuju maka anak perempuan dan kekasihnya menyeburkan diri ke danau dan menjadi lintah. Sementara kisah yang lain menyebutkan bahwa si pemudalah yang dijodohkan sehingga ketika pada hari pernikahan si pemuda, si gadis terus menerus menangis hingga air matanya menenggelamkan desa dan terbentuklah Danau Dendam Tak Sudah.

Danau-Dendam-Tak-Sudah1Masih ada kisah yang lain berkaitan dengan asal nama Danau Dendam Tak Sudah. Ketika Belanda berkuasa di Indonesia mereka memutuskan untuk membuat dam guna mencegah meluapnya danau dan mempermudah pembuatan jalan di sekitar danau. Namun sayangnya pembangunan dam tersebut tak pernah selesai hingga akhirnya disebut dengan Dam Tak Sudah. Tak diketahui awalnya siapa yang menyebut Dam Tak Sudah menjadi Dendam Tak Sudah. Terlepas dari cerita asal muasalnya danau, danau yang berada di Kota Curup, tak jauh dari pusat kota Bengkulu ini telah ditetapkan sebagai kawasan cagar budaya sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda dan telah mengalami beberapa kali perluasan area. Di tahun 1936 luas cagar alam ini hhanya 11,5 hektar dan ditambahkan lagi pada tahun 1979 hingga menjadi 430 hektar. Dan sejak 1999 hingga kini luas cagar budaya ini mencapai 577 hektar.

_MG_3605 Danau Dendam Tak SudahPemandangan di sekitar danau cukup indah dengan banyaknya tumbuhan hijau yang menjadikan suasana di sekitar danau begitu sejuk. Keindahan danau berpadu dengan panorama perbukitan yang menakjubkan. Ada pula beberapa tumbuhan endemik seperti anggrek pensil di sekitar danau. Danau ini juga menjadi rumah bagi berbagi jenis ikan, termasuk ikan-ikan langka keluarga BagridaeAnabantidae, dan Cyprinidae. Anda yang hobi memancing bisa memuaskan hobi anda di danau ini. Selain ikan, masih banyak hewan hutan lainnya seperti lutung, kera, babi hutan, burung kutilang, ular phyton, dan yang lainnya. Berwisata ke danau ini bersama keluarga selain membuat suasana hati tenang juga bisa menambah pengetahuan mengenai kehidupan para hewan dan tumbuhan di sini. Anda juga bisa mengajarkan kepada anak-anak anda mengenai pentingnya menjaga keberlangsungan hidup tumbuhan dan hewan, termasuk kelestarian hutan dan danau.

dendam-1_415_238_95Keindahan lain dari danau ini adalah ketika matahari mulai menampakkan diri dari ufuk timur, memantulkan cahaya, membuat warna air danau sekilas berwarna merah. Anda bisa mengelilingi danau dengan menggunakan rakit. Karena hanya berjarak 6 km dari pusat kota Bengkulu, anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan ataupun penginapan. Beberapa hotel murah di Bengkulu yang bisa anda gunakan misalnya:

Refrensi:

  • http://jalan2.com/city/bengkulu/danau-dendam-tak-sudah/
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/909/danau-dendam-tak-sudah
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *