Keindahan Pantai Panjang yang Begitu Panjang

Share Button

pantai panjangHehehe, namanya saja Pantai Panjang, jadi bisa dipastikan dong kalo pantai ini emang panjang … banget. Garis pantainya aja mencapai 7 km, yang bisa bikin travelers puas banget main-main di sini. Pasti penasaran dong Pantai Panjang ini ada dimana. Langsung aja deh kita ke Bengkulu karena pantai yang super panjang ini ada di sana dan menjadi salah satu wisata favorit di sana. Gak cuma garis pantainya aja loh yang panjang travelers, jarak antara garis pasang dengan garis surutnya juga lumayan panjang loh travelers dibandingkan dengan pantai pada umumnya, mencapai 500 meter. Wow … bener-bener pantas disebut sebagai Pantai Panjang. Tidak adanya karang yang menghiasi pantai ini menjadikan jangkauan air pasang cukup jauh sehingga jarak antara garis surut dengan panjangnya lumayan jauh. Selain garis pantai yang panjang dan jarak antar garis pasang-surut yang panjang, masih banyak lagi daya tarik dari Pantai Panjang ini. Yang jelas akan semakin menambah panjang daftar penasaran kamu soal pantai ini 😉

Pantai Panjang BengkuluLokasi Pantai Panjang yang cuma berjarak sekitar 1,5 km dari pusat kota Bengkulu menjadi alasan utama pantai ini masuk dalam daftar favorit wisatawan kala bertandang ke Bengkulu. Ada banyak transportasi umum yang bisa digunakan untuk mennuju ke sini jika memang tidak membawa kendaraan pribadi. Mau naik mobil sewaan, taksi, minibus hingga sado atau delman khas Bengkulu juga bisa sampai di Pantai Panjang. Asiknya lagi akses jalannya juga mulus banget tak heran jika tidak hanya di hari libur pantai ini ramai pengunjung namun juga kala weekday. Biasanya sih masyarakat Bengkulu menghabiskan waktu sore mereka dengan bersantai ataupun berjogging di area pantai.

pantaipanjangSelain itu Pantai Panjang juga cukup landai dengan pasirnya yang berwarna putih bersih dan begitu lembut menyentuh telapak kaki. Karena garis pantainya yang panjang ditambah dengan jarak garis pasang dan surutnya yang panjang, puas-puasin deh bermain di atas pasirnya maupun sekedar duduk bersantai. Apalagi kala air laut sedang surut, makin puas deh menikmati kelembutan pasirnya. Mau bermai air ataupun berenang juga gak perlu khawatir karena Pantai Panjang memiliki ombak yang cukup tenang. Apalagi dengan airnya yang berwarna biru jernih semakin menggoda untuk di singgahi. Segarnya Pantai Panjang dilengkapi dengan kesejukan udara di sini dengan semilir angin yang akan membuat siapa saja terbuai untuk bersantai. Jangan dipikir hembusan angin tersebut juga akan membuat daun-daun kelapa bergoyang dengan indahnya karena sama sekali tidak ada pohon kelapa di sana. Sebaliknya jajaran pohon pinus dan cemara saling berjejer rapi yang memberikan pemandangan hijau yang menyejukkan mata kala memandangnya.

penjual makanan di pantai panjangBuat teman bersantai kamu, coba deh travelers jelajahi kuliner yang ada di sepanjang Pantai Panjang yang tentunya dengan menu yang tak jauh-jauh dari kata seafood. Travelers bisa menikmati lezatnya ikan bakar bumbu kuning, ikan bakar tanpa bumbu, gulai kepala ikan kakap, hingga oseng terong campur jengkol. Makin nikmat dengan ditemani segarnya es kelapa muda. Kalau gak mau makan berat, sekedar ngopi khas Bengkulu dan menikmati jagung bakar aneka rasa juga gak masalah. Mau belanja buat oleh-oleh juga bisa di Pantai Panjang karena deretan penjual cindera mata menambah deretan panjang warung di sana.

sunset-pantai-panjangPuas bermain di pantai, berburu kuliner hingga belanja, jangan keburu pulang dulu. Karena pemandangan sore di Pantai Panjang sayang banget buat dilewatin. Pemandangan sunset yang ditawarkan akan membuat travelers takberkedip kala memandangnya. Langitnya yang berwarna jingga akan memantul ke airnya yang jernih hingga menjadi berwarna perak keemasan. Dan kala matahari secara perlahan menutup diri dan tenggelam ke laut semakin tampak memukau yang sayang untuk dilewatkan. Jadi jangan lupa buat nyiapin kamera ya kala ke sini. Buat urusan akomodasi, kamu gak perlu khawatir. Ada beberapa hotel murah di Bengkulu yang bisa kamu gunain, seperti:

Refrensi:

  • https://wisatasumatera.wordpress.com/wisata-bengkulu/pantai-panjang/
  • http://travel.detik.com/read/2012/03/13/173700/1866255/1025/
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/688/pantai-panjang
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *