Keindahan Tersembunyi Tanjung Ringgit

Share Button

tanjung ringgitLayaknya Bali, Lombok juga menyimpan beragam potensi alamnya yang indah. Jika anda telah mengunjungi pantai tangsi dengan pasirnya yang berwarna pink, kini lanjutkan perjalanan anda ke pantai Tanjung Ringgit.

 

Lokasi keduanya cukup berdekatan, meski jalan untuk ke tanjung ringgit cukup membuat anda lelah. Pasalnya akses untuk ke sana masih rusak dengan sesekali terdapat kubangan air.

lombok4Namun begitu anda melihat keindahan yang ditawarkan Tanjung Ringgit, perjalanan sulit yang cukup melelahkan itu tidak akan ada artinya. Dengan lokasinya yang berada di ujung tenggara pulau Lombok, tepatnya di kecamatan Jerowaru, membuat jarak ke pantai ini cukup jauh dengan Mataram, yakni sejauh 85 km.

Begitu tiba di tanjung ringgit, anda akan disambut dengan pemandangan tebing-tebing cadas yang tampak terpotong bagaikan jurang. Tebing-tebingnya yang curam merupakan salah satu keindahan tanjung ini. Tebing-tebing ini mengelilingi pantainya seolah menjaga setiap keindahan pantai tersebut.

Buih-buih tercipta dari hempasan gelombang laut ke dinding tebing. Tanjung ringgit memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Pemandangan Pulau Sumbawa dan Gunun Rinjani tampak jelas dari sebrang lautan yang melengkapi pemandangan indah tanjung ini. Selain tebing,tanjung ringgit juga dikelillingi bukit yang menjadi tempat penggembalaan warga sekitar. Dari atas bukit, tampak gradiasi berbagai warna lautan. Ada biru pekat, toska, dan biru muda yang dipadu dengan tebing curam.

sunrise di tanjung ringgitSemua keindahan yang tampak dari atas tebing ini merupakan tempat favorit para pecinta fotografi, terutama kala fajar. Pemadangan sunrise merupakan pemandangan yang paling dinanti para fotografer.

Matahari menampakkan wajahnya secara perlahan dari balik Gunung Rinjani dan pulau Sumbawa sebelum akhirnya memancarkan sinarnya yang menyinari bumi. Sinar mentari yang mengenai perairan pantai yang jernih memantulkan berbagai warna.

Selain tampak jernih, warna hijau kebiruan juga tampak dari pantai yang masih perawan ini. Membuat anda leluasa untuk melihat deretan terumbu karang dari atas bukit. Tak mengherankan jika banyak orang rela untuk menginap di sini demi mendapatkan pemandangan yang menakjubkan ini.

karang Tanjung-RinggitAgar semakin lengkap keindahan yang anda lihat, anda patut untuk mengunjungi pantai di bawahnya. Namun, lagi-lagi dibutuhkan kerja keras untuk bisa menikmati keindahan pantainya.

Anda harus melawati sebuah jalan yang sangat terjal untuk turun. Kehati-hatian yang ekstra, mutlak anda perlukan.Karena jika anda terpeleset, akibatnya begitu fatal. Tetapi begitu anda tiba di bawah dan melihat semua keindahannya, rasanya kerja keras itu terbayar.

Pasir putihnya yang menawan akan segera menyambut anda. Begitu pula dengan pantainya yang begitu jernih, siap mengajak anda untuk bermain air. Tebing-tebing yang gagah dan berbagai ikan serta terumbu karang semakin melengkapi keindahan pantai.

Goa-Jepang-Pantai-Tanjung-RinggitSelain berenang, pantai ini juga cocok untuk aktivitas snorkeling. Anda bisa meminta bantuan nelayan untuk bisa menemukan spot-spot menyelam. Cukup dengan menyewa perahu mereka seharga Rp 50.000 saja, anda sudah bisa menikmati surga laut dari tanjung ringgit.

Beragamnya kehidupan bawah laut tanjung ringgit membuat tempat ini tampak seperti museum alam mini. Anda bisa menyaksikan perjalanan hidup terumbu karang mulai dari terbentuk hingga menjadi hamparan batu kapur. Dengan semua kesunyian yang ditawarkan membuat anda merasa di pulau pribadi.

IMG00155-20120225-1250Yang paling mengejutkan adalah anda bisa menemukan sumur yang berada di bawah tebing. Meski lokasinya berdekatan dengan pantai, namun rasa air sumur tersebut tetaplah tawar. Anda juga bisa menyaksikan peninggalan sejarah layaknya di pantai Tangsi.

Anda bisa menemukan meriam peninggalan yang sama dengan pantai Tangsi dan kumpulan goa-goa Jepang. Dari goa-goa tersebut, terdapat goa raksasa yang begitu memukau. Dan yang terakhir, anda bisa melihat mercusuar peninggalan Belanda yang masih difungsikan hingga sekarang.

meriamLantaran tak banyak orang yang berkunjung ke sini, maka di sini pun juga tak ditemukan fasilitas pendukung. Maka sebaiknya anda menyiapkan dari rumah mulai dari makanan, minuman, dan kendaraan. Agar lebih mudah, anda bisa ikut paket tour Lombok. Untuk kebutuhan akomodasi, anda bisa menggunakan hotel di Lombok, seperti:

Refrensi:

  • http://lombok.panduanwisata.id/pesisir-pantai/tanjung-ringgit-surganya-para-fotografer/
  • http://berbagifun.blogspot.com/2012/02/indahnya-tanjung-ringgit-lombok-timur.html
  • http://ioflife.com/traveling/tanjung-ringgit-mutiara-terpendam/
  • http://id.lombokindonesia.org/tanjung-ringgit-lombok/
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *