Keindahan yang Tersembunyi Di Pantai Bajul Mati

Share Button

Pantai_Bajul_MatiTak hanya terkennal sebagai kota pelajar dan pendidikan, kota Malang juga memiliki sebutan sebagai kota Pariwisata. Pesona alam yang dimiliki kota ini tak kalah dengan Bali. Bahkan tempat wisata buatan juga tersedia di sini. Maka tak mengherankan jika Malang menjadi jujukan wisata warga Jawa Timur. Untuk pantai, Malang tak hanya memiliki pantai Balekambang atau sendang biru. Masih banyak pantai tersembunyi di Malang yang wajib untuk anda datangi.

bajul-matiJika anda pernah pergi ke pantai goa cina atau pulau sempu, semestinya anda pernah melihat pantai ini. Karena pantai ini terletak sebelum pantai goa cina dan hanya berjarak 10 menit dari pantai goa cina. Pantai ini berada di Desa Bajulmati, Kelurahan Gajah Rejo, Kecamatan Gedangan, Malang. Dari kota Malang, pantai ini hanya berjarak 58 Km sebelah selatan kota Malang. Untuk ke pantai ini anda bisa melewati Turen dan berbelok ke selatan menuju Sumbermanjing Wetan. Anda perlu berhati-hati ketika menuju ke pantai ini. Meski jalannya telah beraspal mulus, namun jalur yang harus dilalui cukup berkelok karena melalui pegunungan. Anda juga harus menjaga stamina anda karena jalan yang akan anda lalui begitu sepi dan sulit untuk mencari pertolongan.

pantai-bajul-matiSebuah jembatan dengan panjang 90 meter akan menyambut anda sebelum tiba di pantai. Desain jembatan ini cukup unik karena berbantuk setengah lingkaran dan melintang di atas sungai yang lebar. Jembatan ini juga bernama sama dengan pantainya, yakni Bajul Mati, dan menjadi akses untuk menuju ke Sendang Biru. Anda bisa memanfaatkan jembatan ini sebagai spot foto untuk memotret keindahan pantai bajul mati.

pantai bajul mati (12) (1024x683)Dengan hanya membayar retribusi sebesar Rp 4.000 per kepala, anda sudah bisa menikmati pantai dengan hamparan pasir putihnya yang masih bersih. Berbagai batuan karang yang menawan juga dapat anda nikmati di pantai ini. Pantai yang baru dibuka pada tahun 2011 ini terbilang cukup dalam dan curam sehingga tidak direkomendasikan untuk berenang di sini. Sebuah muara sungai dengan aliran airnya yang tenang dan berwarna kehijauan bisa anda gunakan untuk sekedar bermain air. Muara ini berada di bibir pantai sebelah barat.

pantai bajul matiKeunikan pantai ini berada di berbagai teluknya yang indah. Di tengah lautan anda bisa melihat pulau karang yang tampak menyembul dari dalam laut. Cukup banyak pulau karang yang menyerupai bukit di pantai ini. Bukit-bukit ini nampak seperti buaya, terutama ketika menjelang malam dna tersapu ombak. Namun bukan hanya karena fenomena tersebut yang menjadi penamaan pantai ini. Di sekitar pantai dulunya juga terdapat seekor buaya mati ketika pantai ini pertama kali ditemukan pada tahun 1980-an.

bajulmati-2Tak hanya panorama pantai dan teluknya yang indah, di sebelah timur pantai ini juga terdapat Goa Wil yang hanya berjarak 300 meter dari pantai. Goa ini berada di bawah sebuah bukit karang dengan dikelilingi ladang kelapa dan ketela pohon milik warga sekitar. Sepertinya goa tersebut merupakan batu karang yang bagian dasarnya terkena abrasi. Hal ini bisa dilihat dari lubang goa yang menjorok cukup dalam.

Dengan semua pesona yang dimiliki pantai ini, pantai ini cocok untuk dijadikan spot foto bagi anda para fotografer. Namun sayangnya pantai ini masih belum memiliki fasilitas yang cukup lengkap karena baru beberapa tahun dibuka. Oleh karenanya anda harus membawa bekal sendiri ketika berkunjung ke pantai ini. Untuk akomodasi, anda bisa menggunaka hotel di Malang seperti:

Refrensi:

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Bajulmati
  • http://www.bajulmati.com/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *