Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Share Button

Kepulauan Derawan adalah kepulauan yang terletak di Kabupaten Berai, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat beberapa objek wisata bahari yang menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang digemari wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia.

Kepualuan ini memiliki tiga kecamatan yaitu Pulau Derawan, Maratua, dan Biduk Biduk. Sedikitnya ada empat pulau terkenal di kepulauan ini, seperti Pulau Maratua, Derawan, Sanagalaki dan Kakaban, yang biasanya ditinggali satwa langka penyu hijau dan penyu sisik.

Secara gegrafis pulau ini berada di utara perairan laut Kabupaten Berau. Kepulauan Derawan memiliki beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu padang lamun, terumbu karang, dan hutan bakau(hutan mangrove). Dari sisi pariwisata, kepulauan Derawan memiliki infrastruktur yang cukup baik, sehingga berbagai paket tour Derawan telah ditawarkan hingga tingkat internasional.

Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu sisik, penyu hijau, paus, lumba-lumba, kima, ketam kelapa, ikan barakuda, duyung, dan beberapa jenis spesies lainnya. Kepulauan ini telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

Pulau yang ada di kepulauan ini berjumlah sekitar 31 pulau gugusan dan beberapa gosong dan atol. Penggunaan lahan pulau tersebut oleh masyarakat hanya digunakan sebatas untuk perkampungan.

Selain lahan tersebut, lahan pulau di Kepulauan Derawan sendiri masih dalam bentuk hutan mangrove, hutan kapur, belukar dan vegetasi kelapa. Banyak potensi yang dimiliki Kepulauan Derawan ini, seperti :

  • Terumbu Karang, tersebar luas di seluruh pulau dan gosong yang ada di Kepulauan Derawan. dengan jumlah spesies 460-470 ini, menunjukkan bahwa pulau ini memiliki kekayaan biodiversitas nomor dua setelah Kepulauan Raja Ampat.
  • Ikan Karang, pada tahun 2003, survey menunjukkan bahwa kepulauan ini menghasilkan 832 spesies.
  • Padang Lamun, sudah ditemukan tersebar di seluruh Kepulauan Derawan sendiri. Dengan kondisi rata-rata luas tumpang yang berbeda.
  • Mangrove, di kawasan ini dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional sebagai sumber mata pencaharian, seperti menangkap udang, ikan dan kepiting. Dalam sebelas tahun terakhir, mangrove di sini telah banyak di konservasi menjadi tambak udang dan ikan dengan laju pembukaan lahan yang cepat.
  • Perikanan Tangkap, dengan cara pengambilan telur punyu dan budidaya tambak. Kepulauan Derawan merupakan penyumbang terbesar pendapatan di kabupaten ini dari lima kecamatan yang sama-sama punya aktivitas penangkapan ikan di laut.

Pulau ini merupakan surga tropis yang sempurna. Suasananya sangat dan pemandangan pasir putihnya yang halus, laut nya yang masih alami bisa berubah warna dari hijau menjadi biru gelap.

Keindahan bawah lautnya juga sangat indah. Tidak ada salahnya jika anda ingin berkunjung atau menyelam di sini.

Namun tidak seru jika berliburnya Cuma sehari saja, anda bisa menghabiskan waktu beberapa hari disini dengan singgah di beberapa hotel di Balikpapan, seperti :

Referensi

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Derawan
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *