Kintamani Bali

Share Button

Kintamani adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Kintamani juga merupakan kawasan wisata pemandangan alam di Bali.

Sumber-sumber yang menyebutkan tentang Danau Batur adalah Lontar Kesmu Dewa Lontar Usana Bali dan lontar Raja Purana Batur. Disebutkan bahwa Pura Batur sudah ada sejak zaman Empu Kuturan, yaitu abad ke-10 sampai permulaan abad ke-11.

Berdasarkan luas areal dan banyaknya pelinggih-pelinggih diperkirakan bahwa Pura Batur adalah peninggalan raja-raja yang berkuasa di Bali sekaligus merupakan Kahyangan Jagat. Di Pura Batur yang diistanakan adalah Dewi Danu yang disebutkan dalam Lontar Usana Bali.

Potensi wisata kawasan Kintamani Bali adalah pemandangan kawasan pegunungan yang sangat unik dan menakjubkan. Setelah kira-kira dua jam perjalanan dari Kota Denpasar, anda akan sampai di kawasan ini tepatnya di tempat yang disebut Penelokan.

Sesuai dengan namanya dalam bahasa Bali yang berarti tempat untuk melihat-lihat, merupakan lokasi yang paling strategis untuk menikmati pemandangan alam di kawasan wisata ini. Penelokan terletak di Kedisan, salah satu desa di Kecamatan Kintamani.

Dari Penelokan anda bisa menyaksikan pemandangan menakjubkan kombinasi antara Gunung Batur beserta hamparan bebatuan hitam dengan Danau Batur yang berbentuk bulan sabit berwarna biru di sebuah kaldera yang oleh wisatawan-wisatawan dikatakan sebagai kaldera terindah di dunia.

Penelokan sudah mempunyai infrastruktur yang cukup memadai sebagai tempat wisata. Dari Penelokan anda  mempunyai dua alternatif untuk melanjutkan perjalanan di Kintamani, pertama anda bisa melanjutkan kea rah utara menuju Desa Batur.

Di Desa ini anda bisa berkunjung ke salah satu pura kahyangan jagat di Bali yang bernama Pura Batur. Pura ini pada awalnya terletak di sebelah barat daya Gunung Batur yang kemudian dipindahkan bersamaan dengan pindahnya warga desa ke bagian atas.

Alternatif kedua, anda bisa turun ke pusat Desa Kedisan untuk selanjutnya menyeberang melintasi danau ke sebuah desa tua yang bernama Terunyan. Di Desa Terunyan anda bisa melihat peradaban Bali Kuno yang disebut Bali Aga.

Di Desa ini orang-orang yang sudah meninggal tidak dikubur tetapi diletakkan begitu saja di bawah sebuah pohon, dan hebatnya mayat-mayat ini tidak mengeluarkan bau sama sekali. Di objek wisata ini tersedia pula tempat parkir, rumah makan, restaurant, toilet, wartel, kios-kios makanan kecil dan fasilitas angkutan umum serta penyeberangan jalan juga.

Di daerah sini juga banyak terdapat penginapan atau losmen, bahkan hotel-hotel berbintang, jadi anda tidak perlu khawatir jika ingin berlibur dan bersantai selama beberapa hari ke daerah Kintamani. Beberapa hotel yang cukup dikenal di daerah ini :

  • Ranadi Villa
  • Spazzio (*2)
  • Hotel Maria (*3)
  • Mayaloka Villa (*4)
  • The Villas Bali (*5)

Untuk anda yang menginginkan liburan ke Pulau Dewata dengan cara anti ribet dan murah dikantong, anda bisa mengikuti tour Bali yang banyak disediakan oleh travel agent.

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Kintamani
  • http://wikitravel.org/en/Kintamani
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *