Koleksi Lengkap Museum Ronggowarsito

Share Button

ronggowarsitoBerwisata ke museum mungkin sedikit menjemukan. Namun dari sini anda bisa belajar banyak hal sekaligus lebih menghargai sejarah. Anda juga bisa mengenal lebih mendalam mengenai kebiudayaan negara kita. Di tahun 1970, Direktorat Jendral Kebudayaan meminta setiap provinsi untuk memiliki Museum Negeri. Hal inilah yang mendasari berdirinya Museum Ronggowarsito yang menjadi museum negeri Jawa Tengah. Ronggowarsito sendiri adalah nama seorang pujangga Indonesia yang terkenal dengan karyanya pada bidang filsafat dna kebudayaan dan kini namanya diabadikan sebagai nama museum. Di Musuem Ronggowarsito anda bisa melihat berbagai koleksi sejarah Indonesia, kebudayaan, alam, Indonesia pada masa pembangunan hingga wawasan mengenai nusantara.

museum jawa tengah ranggawarsitoPembangunan museum yang menempati area seluas 1.8 hektar ini berlangsung selama beberapa tahun. Tahun 1975/1976 adalah tahun pertama pembangunan museum. Selanjutnya pembangunan dilanjutkan dengan desain dari Totok Rusmanto, dkk, mahasiswa Arsitektur UNDIP, dengan bentuk bangunan yang memadukan gaya klasik, joglo dan konstruksi post-modern. Pembangunan yang diresmikan pada 2 April 1983 ini untuk membangung gedung pendapa, gedung pameran 2 lantai, gedung koleksi, ruang konservasi, auditorium, kantor, taman, dan ruang teater. Selanjutnya pada Rabu,  5 Juli 1989, museum ini kembali diresmikan dengan nama (UPT) Direktorat Jendral Kebudayaan, Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah Ronggowarsito.

imagesDengan empat gedung pameran, ada sekitar 59.802 buah koleksi yang dimiliki Museum Negeri Ronggowarsitoyang. Koleksi ini terbagi dalam 10 jenis, yakni geologi, arkeologi, biologi, historika, numismatic, filologi,  heraldika, ethnografika, kramologika, teknologika, dan seni rupa. Di Gedung A terdapat koleksi Geologi dan Geografi yabg menyimpan berbagai bebatuan yang ada di bumi. Sedangkan di lantai 2 terdapat beberpa benda zaman purba, seperti fosil kayu, bebatuan, fosil makhluk hidup pada masa itu dan sejumlah binatang yang diawetkan.

Koleksi budaya dari beragam wayang - museum ronggowarsitoSementara di gedung B terdapat peninggalan peradaban Hindu-Budha seperti Lingga, arca, cermin perunggu, ataupun patung dewa, Ada pula miniatur masjid, fragmen hias, replika kaligrafi, mustaka masjid, salinan Al-Qur’an yang ditulis tangan, dan cerobong sumur dari Caruban Lasem. Sedangkan berbagai kerjainan dari keramik, gerabah hingga batik dipajang di lantai dua. Beberapa senjata dan diorama perjuangan bangsa Indonesia terdapat di gedung C dengan lantai 2 berisi koleksi terkonologi dab kerajinan tradisional. Koleksi di gedung D lebih menegnai Indonesia pasca masa perjuangan dengan koleksi pembangunan, heraldik, numistik, tradisi, ruang intisari, dan hibah. Sementara peralatan kesenian dan pagelaran berada di lantai 2.

museum-ronggowarsitoJika anda ingin mengenalkan budaya dan sejarah Indonesia kepada putra-putri anda, tak ada salahnya untuk mengajak mereka berlibut ke Museum Negeri Ronggowarsito. Museum yang berada di JL. Abdulrachman Saleh No 1, Semarang ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 04.00 sore. Untuk tiket masuknya, anda hanya akan dikenai Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 4.000 untuk dewasa. Di sekitar museum juga terdapat hotel murah di Semarang yang bisa anda manfaaatkan untuk menginap, seperti:

Refrensi:

  • http://seputarsemarang.com/museum-ronggowarsito-semarang-abdulrahman-saleh-3460/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Museum_Ranggawarsita
  • http://museumranggawarsita.com/profil/sejarah-museum
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *