Laguna Wediombo, Sensasi Berenang Di Kolam Tepi Pantai

Share Button

laguna wediomboTravelers tahu laguna dong. Bagian air asin yang terpisah dari laut lantaran terhalang pasir maupun karang memang memberikan pesona tersendiri. Indonesia memiliki sejumlah laguna dengan pemandangan yang cukup menakjubkan. Sebagaimana yang bisa travelers jumpai di Pantai Wediombo yang memiliki sebuh kolam laguna yang dikenal dengan nama Laguna Wediombo. Laguna yang berlokasi di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo, Gunungkidul ini berada tepat di bibir pantai dan dipisahkan dengan sejumlah batu karang yang membuatnya nampak seperti kolam renang alami. Pemandangan yang ditawarkan laguna ini hampir menyerupai dengan laguna Yal-ku yang berada di Meksiko. Gunungkidul sepertinya memang tepat jika disebut sebagai daerah dengan pemandangan dunia. Pasalnya daerah ini menawarkan sejumlah pesona alam yang menakjubkan dan tak kalah cantik dengan wisata alam yang ada di luar negeri.

wedi ombo beachPantai Wediombo sendiri merupakan pantai dengan pemandangan yang tak hanya indah namun juga masih alami. Sebagaimana namanya, Wediombo yang berarti pasir yang luas (wedi berarti pasir dan ombo berarti luas), Pantai Wediombo juga memiliki hamparan pasir yang cukup luas yang membuat travelers bisa bebas bermain di setiap jengkal pantainya. Pasir Pantai Wediombo juga cukup terjaga kebersihannya hingga saat ini dan berwarna putih. Hanya sejumlah bebatuan dan bulu babi yang “mengganggu” pemandangan pasir tersebut. Disarankan untuk menggunakan alas kaki selama berjalan-jalan di pasir pantainya demi menghindari terkena duri-duri babi tersebut.

wedi ombo beachYang membuat Pantai Wediombo semakin cantik adalah keberadaan pepohonan yang membuat suasana pantai semakin sejuk. Apalagi pantainya juga dihiasi dengan bebatuan karang yang diselimuti lumut berwarna hijau dan berpadu dengan pantainya yang berwarna biru. Kombinasi warna yang cantik dan menghasilkan pemandangan yang menarik. Namun yang lebih menjadi daya tarik wisatawan untuk Pantai Wediombo ini tentu saja keberadaan Laguna Wediombo-nya yang berada di bebatuan karang yang berada di sisi ujung timur pantai. Dari pantai dibutuhkan waktu 10-15 menit untuk mencapai laguna ini dengan berjalan kaki. Laguna Wediombo ini kerap disebut wisatawan sebagai kolam raja lantaran sensasi pemandangan yang ditawarkan cukup menakjubkan.

laguna wediombomemancing di laguna wediomboDi Laguna Wediombo yang memiliki kedalaman mencapai satu setengah meter ini, travelers bisa berenang dengan aman di tengah pantai yang berombak besar. Meski demikian travelers perlu untuk berhati-hati karena ada sisi laguna yang apabila air laut pasang permukaannya sejajar dengan pantai sehingga memungkinkan siapa saja untuk terseret ombak. Berbeda kala air laut sedang surut berenang di laguna bisa cukup aman dan nyaman. Saat ombak besar datang, kemungkinan besar travelers akan terkena deburan ombak yang akan mengingatkan kalian akan sensasi guyuran air di salah satu wahana permainan di waterbom.

sunset wediomboLaguna Wediombo juga menjadi lokasi favorit para pemancing. Banyak warga sekitar yang bersantai dan mengisi hari libur mereka dengan memancing di sini. Lantaran lokasi pantainya yang lebih rendah dibandingkan daratannya, membuat travelers harus menuruni sejumlah anak tangga untuk sampai di pantai. Akses yang mudah untuk sampai ke pantai ini membuat Pantai Wediombo semakin sering dikunjungi wisatawan. Untuk jalurnya travelers bisa memulai dari Jogja, lanjut ke Wonosari, kemudian Semanu dan sampailah di Wediombo. Kalau masih bingung bisa tanya ke penduduk sekitar yang dengan senang hati akan memberi tahu traveles jalan mana yang harus travelers tempuh. Kalau mau menginap di sini travelers bisa bercamping maupun menginap di hotel murah di Yogyakarta. Tapi kalau gak mau pusing bisa ikutan tour Yogyakarta yang bikin perjalananmu simpel gak pakek ribet.

Refrensi:

https://nitainwanderland.wordpress.com/2015/03/16/sensasi-lain-laguna-di-pantai-wediombo/

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *