Makanan khas Jawa Timur

Share Button

Jawa Timur merupakan provinsi dengan populasi penduduk terpadat di Indonesia setelah DKI Jakarta. Kepadatan penduduk di daerah timur Indonesia ini menghasilkan beraneka ragam makanan daerah Jawa Timur.

Beragam masakan yang penuh rempah membuat makanan khas Jawa Timur tidak kalah lezat dibandingkan makanan khas daerah provinsi lainnya.

Keunikan dari makanan khas Jawa Timur menjadi daya tarik turis baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke berbagai kota di Jawa Timur.

Bagi anda yang hobi traveling wajib untuk berkunjung ke beberapa daerah kuliner di Jawa Timur dan jangan lupa untuk mencicipi kenikmatan masakannya. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas 7 makanan khas Jawa Timur.

Secara umum, masakan khas Jawa Timur cenderung memiliki rasa pedas. Hal ini terlihat dari adanya penambahan bumbu masakan berupa terasi dan petis sebagai pemberi rasa pada beberapa masakan khas Jawa Timur.

Mari kita cek secara lansung apa saja makanan khas tersebut.

Pecel

Makanan ini memang terkenal sebagai makanan yang lezat dan murah. Pecel merupakan citra masakan pedas dengan adanya tambahan sambal kacang.

Makanan khas Jawa Timur ini berbahan utama beberapa macam sayuran seperti kangkung, kacang panjang, kol, irisan mentimun, serta tauge.

Beragam sayur tersebut dicampur dan dilumuri oleh tumpahan saus kacang yang menggoda selera makan anda. Pecel ini biasanya dicampurkan ke dalam nasi yang dikenal sebagai nasi pecel.

Selain itu, pecel ini juga dikolaborasikan dengan krupuk yang banyak orang menyebutnya krupuk pecel. Untuk nasi pecel terdapat tambahan lauk yaitu rempeyek untuk memeriahkan suasana makan anda.

Makanan ini biasanya ditemukan di daerah Kediri, Nganjuk, Madiun dengan tambahan bumbu masakan lainnya. Seperti di Nganjuk terdapat tambahan sambal tumpang yang berasa manis pedas.

Rawon

Setiap orang pasti mengetahui makanan rawon. Dimana masakan ini berwarna hitam pekat akibat penggunaan bumbu masakan yang berupa kluwek.

Untuk bumbu masakan rawon ini berupa bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, cabe, kluwek dan garam. Masakan ini memang terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur terutama kota Surabaya.

Bahkan di kota pahlawan ini terdapat tempat makan yang dikenal sebagai rawon setan. Hal ini dikarenakan rawon tersebut buka di malam hari dan rasa masakannya sangat pedas.

Setiap orang pasti mengetahui makanan rawon. Dimana masakan ini berwarna hitam pekat akibat penggunaan bumbu masakan yang berupa kluwek.

Rujak Cingur

Rujak cingur ini sudah menjadi trademark kota Surabaya yang berada di provinsi Jawa Timur. Bahan utama dari rujak cingur ini seperti namanya yaitu cingur yang diambil dari bahasa jawa dengan arti mulut sapi.  

Hal ini dikarenakan rujak cingur ini terdapat irisan daging mulut sapi yang sangat enak dan kenyal.

Selain bahan utama tersebut terdapat bahan tambahan seperti timun, bengkuang, nanas, lontong, tahu, tempe, beberapa sayuran serta tambahan saus petis udang pada bagian atasnya.

Rujak Soto

Makanan ini merupakan masakan khas dari daerah kabupaten Banyuwangi yang berada di provinsi Jawa Timur. Rujak soto ini merupakan kolaborasi yang fantastis antara soto dengan rujak.

Soto Lamongan

Soto ini memang sangat terkanal bahkan kabupaten Lamongan sendiri dikenal sebagai kota soto. Soto Lamongan ini dikenal karena adanya tambahan koya sebagai ciri khas soto ini dengan soto lainnya.

Bumbu dari soto lamongan ini berupa ketumbar, jinten, sere, bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, merica, garam, miri adanya toping berupa bawang goreng.

Tahu Campur

Makanan khas Jawa Timur ini terdiri atas selada, tauge, lontong, mie kuning, tahu goreng, dan potongan lentho singkong yang dicampurkan kuah kaldu sapi yang menggoda selera makan anda.

Tahu campur ini dapat anda temukan di beberapa daerah di Jawa Timur terutama di kota Surabaya dan Lamongan.

Pecel Lele

Salah satu makanan yang merakyat sekaligus menyehatkan adalah pecel lele. Makanan ini juga menjadi ciri khas dari beberapa daerah di Jawa Timur.

Makanan khas Jawa Timur ini memang menyajikan rasa pedas yang menggugah selera makan anda.

Seperti itulah 7 makanan khas Jawa Timur yang patut anda coba ketika berada di daerah – daerah di provinsi Jawa Timur.  Anda akan merasakan citra masakan khas Jawa Timur yang mengundang selera makan anda.

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.