Malam Minggu Di Surabaya, antara LOOP dan GWalk

Share Button

loop vs gwalkSebagai kota metropollitan kedua setelah Jakarta, tak mengherankan jika Surabaya memiliki beragam pilihan tempat nongkrong yang bisa dihabiskan bersama keluarga atau pun teman. Untuk di Surabaya Barat, ada dua tempat nongkrong yang cukup menarik untuk disinggahi, LOOP dan GWalk. Tak heran, kawula muda Surabaya dan sekitarnya bisa dibuat bingung dengan dua tempat hangout ini. Karena masing-masing memiliki keunikan tersendiri yang tak bisa dilewatkan.

LOOP

loop-graha-familyAnda yang sering berkunjung ke Pakuwon Trade Center atau pun D’ Cost pasti sudah tak asing dengan tempat nongkrong yang ini. Berada di jalan Lingkar Dalam Barat Graha Family Surabaya, LOOP menjadi tempat nongkrong pilihan yang pas bagi anda dan keluarga atau pun rekan-rekan anda. Dibangun di atas lahan seluas 8.300 m², 20 stand makanan bernuansa outdoor dengan beragam menu siap memanjakan pecinta kuliner. Tempat nongkrong yang baru dibuka pada akhir tahun 2009 ini terbgai dalam 6 zona, yakni Jungle Zone, River Zone, Valley Zone, Rock Zone, City Zone, Hill Zone. Masing-maisng zona menawarkan aneka olahan daerah tertentu. Misalnya untuk anda pecinta makanan lokal atau makanan Indonesia bisa mencicipi di Valley Zone. Sedangkan penikmat makanan Timur Tengah bisa mencoba ke Rock Zone. CIty Zone untuk menu makanan Barat dan untuk makanan Jepang bisa ke Hill Zone. Selain kuliner Indonesia, Barat, Jepang, dan Timur Tengah, ada pula menu makanan Singapore dan Autralia.

P1100128-copyPengunjung LOOP umumnya dari golongan menengah ke atas. Hal ini dapat dilihat dari rentetan mobil mewah di area parkir. Meski demikian, harga makanan yang ditawarkan relatif lebih murah dan bisa dijangkau kalangan biasa. Misalnya untuk menu makanan Jepang, Sushi. Harga yang dipatok sekitar Rp. 45.000 per porsi untuk menu spesial mereka, Rainbow Rall. Sedangkan Absolut Salmon hanya dibandrol dengan harga Rp. 18.000 per porsi. Selain itu pelayanannya juga cukup ramah. Para pramuniaganya akan dengan senang hati menjelaskan menu makanan mereka lengkap dengan harganya. Anda juga bisa langsung duduk di kursi dengan hidangan yang sudah tersedia.

taman koreaTaman dengan bentuk melingkar juga menjadi salah satu keunikan tersendiri yang ditawarkan LOOP. Beberapa stand bahkan membuat tempat makan di rooftop resto sehingga anda bisa leluasa melihat pemandangan Surabaya di malam hari dengan gemerlap lampunya. Tak jarang, banyak pengunjung yang memanfaatkan sebagai spot foto dan mengabadikan momen special mereka di tempat tersebut. Hiburan dari live music yang bisa anda nikmati di setiap akhir pekan, semakin menambak kesan eksklusif dan cozy dari tempat nongkrong ini.

GWalk

151024_gwalk1Sebagai hunian eksklusif, Citraland Surabaya tidak hanya melengkapinya dengan waterpark, namun juga tempat nongkrong ala Singapore, Taman Gapura Walkway yang lebih dikenal dengan GWalk. Penamaan taman ini karena lokasi cafenya yang cukup berdekatan dan bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki. Sebanyak 98 resto dan cafe berderet sepanjang 1 km menyediakan beragam menu, mulai dari menu lokal hingga internasional, siap anda nikmati untu bermalam minggu. Memadukan konsep pasar malam dengan beragam pilihan makanan tradisional tak mengherankan jika temnpat ini banyak dikunjungi, tidak hanya warga sekitar perumahan namun hampir sebagian besar warga Surabaya hingga para wisatawan. Beragam acara menarik juga kerap diadakan untuk memeriahkan tempat nongkrong ini.

77771_merlion_di_citra_raya__surabaya_663_382Tempat nongkrong bergaya modern ini memiliki desain yang sama dengan pusat jajanan di Singapore, Riverside Point. Yang membedakan hanyalah lokasinya, jika Riverside Point berada di tepi sungai sedangkan GWalk berada di komplek perumahan mewah. Tak heran jika kemudian tempat ini dijuluki sebagai The Singapore of Surabaya. Dan untuk melengkapi konsep Singaporenya, bukan hanya disediakan aneka kuliner khas Singapore namun juga pemandangan ikon negeri berkepala singa tersebut, yakni The Fountain of Wealth dan tak ketinggalan patung Merlion.

citralDengan berhiaskan cahaya lampu yang temaram, membuat tempat nongkrong berkonsep kuliner dan hiburan ini semakin terasa romantis. Apalagi sebagin besar stand makanan berkonsep outdoor dengan tempat duduk di bawah tenda. Santap malam anda pun tidak akan terganggu dengan keberadaan pengamen, pengemis, atau pun preman. Selain itu fasilitas ATM Center semakin memudahkan anda dalam bermalam mingguan di tempat ini. Apalagi anda juga bisa mengakses wifi secara gratis dengan parkir yang gratis juga.

5348845800_7999d30d13_zBeragam kuliner tradisional khas Suarabaya dan Jawa Timur bisa anda nikmati, selain aneka menu jajanan Singapore. Mulau dari lontong balap, gado-gado, tahu campur, nasi jagung, hingga nasi kucing dan wedang jahe. Selain itu ada pula makanan khas nusantara yang lain dan beragam makanan internasional, seperti China, Thailand, Jepang, atau pun makanan Eropa.

Jadi bagi anda yang sedang berlibur ke Surabaya dan menginap di hotel murah di Surabaya, seperti:

jangan lewatkan untuk berkunjung dan menikmati malam minggu di kedua tempat nongkrong yang cozy tersebut.

Refrensi:

  • https://www.1001malam.com/surrounding/364/surabaya/loop.html
  • http://intisari-online.com/read/g-walk-surabaya-pusat-jajan-ala-singapura
  • https://w1nacapricorn.wordpress.com/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.