Malioboro, Yogyakarta

malioboro

malioboro

Malioboro adalah nama salah satu jalan di Kota Yogyakarta atau Jogja. Jalan ini sangat terkenal dan menjadi ikon dari kota Yogyakarta. Nama Malioboro ini berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga. Konon jalan ini memang selalu dipenuhi dengan bunga saat perayaan-perayaan atau upacara-upacara tertentu.

Di jalan Malioboro ini masih sangat terasa kekunoannya, karena di sekitar jalan ini masih berdiri bangunan-bangunan bersejarah pada jaman Belanda, seperti Tugu Yogyakarta, Stasiun Tugu, Benteng Vredeburg, Monumen Serangan Oemoem Satu Maret.

tugu jogja

tugu jogja

Serta ada pula pasar yang terkenal yakni Pasar Beringharjo. Di kawasan Malioboro ini terkenal juga dengan pedagang kaki lima. Anda bisa berbelanja aneka produk kerajinan lokal seperti batik, hiasan rotan, wayang kulit, bermacam tas, sepatu, sandal dan juga Blangkon yakni topi untuk laki-laki khas daerah Jawa. Serta barang-barang logam seperti emas, perak dan lainnya.

Lalu saat malam hari tiba, kawasan ini juga ramai dengan banyaknya lapak-lapak lesehan yang menjajakan berbagai macam makanan. Di sini anda bisa mencoba makanan khas Yogyakarta yakni Gudeg Jogja dan pecel Jogja. Selain itu, ada juga makanan lainnya seperti seafood yang tak kalah nikmatnya. Di Malioboro ini juga terkenal dengan tempat berkumpulnya para seniman Jogja yang sering mengekspresikan kemampuan mereka seperti bermain musik, melukis, pantomim dan lain-lain.

Dijamin, sekali anda ke Malioboro, anda akan ketagihan untuk datang lagi dan lagi. Karena anda akan dibuat rindu oleh suasana yang hangat di Malioboro. Di Malioboro ini, banyak tersedia hotel-hotel yang bagus dan strategis. Cocok sekali untuk anda menginap bersama keluarga. Berikut adalah beberapa hotel yang ada di kawasan Malioboro :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Jalan_Malioboro
  • http://www.wisatanesia.com/2010/05/malioboro-yogyakarta.html
  • http://www.tagtung.com/jogjakarta/obyek-wisata/95-malioboro-city-walk.html
  • http://www.dagadu.co.id/misc.php?open=katamata&id=61

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *