Mancing Di Pantai Tirang

Share Button

pantai tirangSudah mau pulang dari berlibur di Semarang? Eits…jangan buru-buru pulang dulu. Sudah ke pantainya Semarang belum? Kalau jawaban anda hanya berkunjung ke Pantai Marina dan Pantai Maron, maka anda jangan buru-buru beranjak dari kota Semarang. Pasalnya daerah ini masih memiliki pantai yang sayang untuk anda lewatkan. Pantai yang masuk dalam kawasan Desa Tambakrejo, Kecamatan Tugu, Semarang ini bernama Pantai Tirang. Anda bisa dengan mudah menjumpai pantai ini karena posisi pantai yang berada di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang. Jarak Pantai Tirang dengan Pantai Marina juga cukup dekat, hanya sekitar 5 km saja. Pantai ini juga cukup dekat dengan Pantai Maron dan dipisahkan dengan muara sungai Silandak.

akses ke pantai tirangSayangnya pantai ini kurang dikelola oleh pemerintah setempat. Hal ini bisa dilihat dari akses untuk ke pantai ini yang masih berupa jalan tanah yang belum diaspal. Padahal Pantai Tirang memiliki keindahan yang tak kalah indah dengan dua pantai lain di Semarang. Pantai ini dihiasi dengan hutan mangrove yang cukup asri dan hijau yang membuat segar mata ketika memandangnya. Selain itu, pantai ini juga memiliki area terumbu karang yang cukup luas, mencapai 240,70 hektar. Sebuah padang lamun seluas 29,07 hektar juga bisa anda saksikan di Pantai Tirang.

mangrove di pantai tirangSelain keindahan dari pemandangan yang ditawarkan, Pantai Tirang lebih bersih dibandingkan dengan pantai Pantai Marina dan Pantai Maron. Meski tidak berpasir putih, namun pasir hitam berlumpur pantai ini memiliki kandungan pasir besi. Ombaknya juga tidak terlalu besar sehingga anda dan keluarga bisa bermain-main di pantai ini dengan tenang. Hanya pada waktu-waktu tertentu saja angin di pantai ini cukup kencang. Meski demikian pantai ini masih nyaman dikunjungi bersama keluarga karena masih belum banyak dikunjungi wisatawan sehingga kawasan pantai ini cukup tenang dengan pemandangan yang masih alami. Jangan lupa untuk membawa bekal ya..karena di sekitar pantai masih belum dijumpai penjual makanan.

pantai tirangAnda juga bisa memuaskan hasrat anda untuk memancing karena Pantai Tirang memiliki spot yang menarik untuk hobi anda tersebut. Anda bisa mendapatkan ikan kakap putih atau yang juga dikenal dengan nama barramundi di pantai ini. Selain ikan kakap putih, anda juga bisa mendapatkan ikan kerapu di Pantai Tirang. Anda juga bisa memancing di muara Sungai Sulandak untuk menangkap ikan Sembilang dan ikan Dukang atau Kedokan. Usai memancing anda bisa menyusuri bagian barat pantai yang merupakan bekas tambak yang telah mengering. Dahulu masyarakat di sekitar pantai berprofesi sebagai petani tambak dengan membudidayakan ikan bandeng. Lantaran kondisi pantai yang sudah tercemar limbah, banyak petani bandeng yang akhir beralih membudidayakan rumput laut.

pantai tirangPuas memancing dan bermain di pantai, anda bisa bersantai sambil menyaksikan matahari terbenam. Ketika mengunjungi pantai ini jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kealamiannya ya.. Jika anda membutuhkan tempat menginap, anda bisa menggunakan hotel murah di Semarang, seperti:

Refrensi:

  • http://jalan2.com/city/semarang/pantai-tirang/
  • http://pengenliburan.com/pantai-tirang-pantai-yang-asik-untuk-memancing.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *