Melihat Sisi Lain Kemegahan Candi Borobudur dari Bukit Punthuk Setumbu

Share Button

candi borobudur dari punthuk setumbuSudah pada tahu dan gak asing lagi dengan bangunan Candi Borobudur yang emang keren banget. Bangunan tersebut tidak hanya megah dan juga bernilai arsitektur tinggi, namun juga sarat akan nilai-nilai filosofi, ajaran Budha, dan cerita mengenai kemajuan dan kehebatan nenek moyang bangsa Indonesia pada masa itu. Dari atas Candi Borobudur, travelers bisa menikmati keindahan alam sekitarnya sekaligus melihat keindahan matahari terbit dan terbenam. Dengan sinar mentari yang menyinari bangunan Candi Borobudur, semakin menampilkan keindahan dan kemegahan bangunan bersejarah dari abad ke-9 tersebut. Namun ternyata ada tempat lain yang bisa kita kunjungi untuk melihat keindahan Candi Borobudur, meski tidak bertandang langsung ke sana. Pemandangan yang ditawarkan juga tak kalah cantik saat melihat langsung ke candi. Tempat tersebut berupa sebuah bukit yang dikenal dengan nama Bukit Punthuk Setumbu.

petunjuk arah punthuk setumbuBukit Punthuk Setumbu berlokasi 4 km di arah barat daya Candi Borobudur dan masuk dalam wilayah Dusun Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Jika dengan menggunakan kendaraan pribadi, dari Candi Borobudur travelers hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam. Ada banyak petunjuk arah yang akan membantu travelers untuk menuju ke Bukit Punthuk Setumbu. Dari Taman Wisata Candi Borobudur travelers hanya perlu menuju ke arah Hotel Manohara yang dilanjutkan dengan lurus ke arah perbukitan Menoreh. Selanjutnya terdapat pertigaan yang bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Travelers tinggal mengarahkan ke kanan hingga tiba di area parkir Bukit Punthuk Setumbu. Akses untuk menuju ke bukit ini juga cukup baik dan berupa undakan yang ditembok. Hanya dibutuhkan 15 menit untuk bisa mencapai puncak Bukit Punthuk Setumbu.

punthuk-setumbuBukit Punthuk Setumbu memiliki ketinggian 400 meter yang dimana di ketinggian tersebut, travelers bisa mendapatkan pemandangan terbaik matahari terbit. Pemandangan yang ditawarkan memang cukup menkajubkan. Sinar mentari pagi secara sembunyi-sembunyi muncul dari balik Gunung Merapi untuk kemudian merambat secara perlahan hingga menyinari seluruh bumi. Bonus tambahan ketika melihat sunrise di Bukit Punthuk Setumb, travelers bisa menyaksikan Candi Borobudur di pagi hari yang masih terselimuti denga kabut. Karenanya banyak wisatawan, termasuk dari mancanegara dan para pecinta landscape fotografi, yang rela datang pagi-pagi ke sini demi mendapatkan pemandangan indah tersebut. Biasanya sebelum pukul 05.00 pagi waktu setempat, puncak Bukit Punthuk Setumbu telah dipenuhi dengan wisatawan yang bersiap dengan kamera masing-masing. Bukit Bahkan ada pula yang melakukan camping di sini agar tidak ketinggalan moment matahari terbit dari Bukit Punthuk Setumbu.

punthuksetumbuBukit Punthuk Setumbu merupakan deretan dari Pegunungan Menoreh dengan area puncak yang berupa pelatara luas dengan pagar pembatas di sekelilingnya. Ada sejumlah rumah panggung dan gazebo dengan kursi-kursi kayu yang disediakan untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan pagi disekitar Bukit Punthuk Setumbu. Rasa lelah karena trekking untuk menuju puncak, terbayar lunas kala melihat keindahan matahari pagi. Rasanya begitu damai dan tenang, apalagi kala melihat keindahan Candi Borobudur yang disinari matahari pagi dengan dikelilingi kabut yang nampak semakin megah dan menakjubkan.

pemandangan matahari terbit dari punthuk setumbuWaktu terbaik untuk mendatangi Bukit Punthuk Setumbu adalah pada saat musim kemarau dimana sinar mentari bisa terlihat dengan jelas tanpa terhalang kabut. Selain itu akses jalannya juga cukup baik, tanpa harus berbecek-becek ria sebagaimana pada musim penghujan. Jika travelers tidak ingin camping, ada beberapa hotel murah di Yogayakarta yang bisa anda pilih, termasuk Hotel Manohara. Namun lebih baik jika anda menggunakan Paket Tour Murah Yogyakarata sehingga tidak perlu lagi pusing memikirkan akomodasi dan transportasi selama di sana. Happy Weekend, Happy Holiday 😉

Refrensi:

Bukit Punthuk Setumbu, Menyaksikan Sunrise Borobudur dari Ketinggian

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *