Mengenal Batik Jawa Timur Di Rumah Batik Surabaya

Share Button

wallpaperrumahbatikSebagai warisan budaya tradisional bangsa, Batik yang kini telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan asli budaya Indonesia, memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Setiap goresan dari corak batik mewakili seni dan budaya asal batik tersebut.

Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri yang khas. Bahkan disetiap kota memiliki corak batik yang begitu unik dan berbeda.

Kini batik tidak hanya dikenakan dalam sebuah acara formal, namun batik telah menyentuh dunia mode hingga bisa dikenakan pada saat acara apa saja. Yang begitu mengagumkan, batik kini juga diminati wisatawan asing dan tercetak tidak hanya di pakaian namun juga pada house hold dan interior.

cropped-image8Masing-masing daerah di Indonesia bahkan memiliki rumah batik untuk menjaga warisan daerah mereka dan membuat generasi penerus lebih mengenal budaya mereka. Selain Yogyakarta, Cirebon dan Surakarta, yang begitu terkenal dengan batiknya, Jawa Timur juga memili sebuah rumah batik yang menampung semua jenis batik di daerah ini.

Jadi anda yang penasaran dengan ragam dan motif batik yang dimiliki daerah-daerah di Jawa Timur, seperti : Tuban, Mojokerto, Sidoarjo, Ponorogo, Bojonegoro, Surabaya, Bangkalan, Sumenep, dan Jombang, bisa mendatangi Rumah Batik Jawa Timur untuk melihatnya.

Selain tu, masih ada batik-batik khas daerah lain di Jawa Timur, seperti Batu, Kediri, Jember, Malang, Pamekasan, Lamongan, Pacitan, Banyuwangi, Tulungagung dan Sampang.

Di rumah batik ini, anda bisa membeli batik secara retail maupun grosir, dan tentunya anda akan mendapatkan diskon khusus untuk pembelian secara grosir. Anda juga bisa memesan batik, baik batik cap ataupun batik tulis untuk instansi anda lengkpa dengan logonya.

151321_rumahbatik1roisjajeliRumah Batik Jawa Timur yang berada di Jl. Tambak Dukuh I No.4 RT.01/RW.09 Kelurahan Kapasari Kecamatan Genteng, Surabaya ini hadir atas prakarsa dari Faiqah Ismail, seorang pengerajin batik asal Pamengkasan, Madura.

Sejak tahun 2004 ia mulai membuka rumahnya untuk dikunjungi wisatawan dan siapa saja yang ingin berbelanja ataupun berkenalan dengan batik-batik khas daerah Jawa Timur.

Kurang lebih ada sekitar 2.000 lembar batik dengan berbagai corak yang terpajang di sini. Tak hanya tersebut, batik-batik tersebut tercetak dalam berbagai bahan, mulai dari Prima atau Santio, Primis, Primisima, Sutra, hingga Sarimpit. Ada pula sarung dan selendang batik serta baju jadi.

koleksiKini Rumah Batik Jawa Timur yang pernah mendapatkan Rekor MURI lantaran pembuatan batik bertulis logo Kota Surabaya terbesar ini pindah ke Jl. Margorejo No. 143 Surabaya.

Meski demikan Rumah Batik Jawa Timur ini tetap sering tampil dalam berbagai event untuk mempromosikan batik Jawa Timur, baik dalam event regional ataupun nasional.

Anda yang tertarik untuk mengenal batik Jawa Timur bisa mengunjunginya setiap hari, yakni pada pukul 08.00-20.00 WIB untuk weekday dan pukul 08.00-19.00 WIB pada weekend.

Karena selain bisa berbelanja batik, anda juga bisa belajar bagaimana proses pembuatan batik di kursus pembuatan batik yang berlangsung setiap hari dari jam 10.00-19.00 istirahat jam 12.00-13.00. Anda yang dari luar kota Surabaya, tidak perlu khawatir dengan masalah penginapan karena disekitar Rumah Batik Jawa Timur terdapat banyak hotel murah di Surabaya, seperti:brt978452348

Refrensi:

  • http://travel.detik.com/read/2013/03/14/151144/2194006/1383/tak-hanya-yogya-surabaya-juga-punya-rumah-batik
  • http://rumahbatikjawatimur.com/category/event/
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *