Menikmati Keindahan Bunga Di Taman Bunga Bogor

Share Button

taman_bungaBunga memang memiliki keindahan yang membuat setiap orang terpesona. Warna-warninya yang indah, tidak hanya menarik para lebah, tapi juga bagi para pecinta bunga.

Nah, jika anda termasuk pecinta bunga, maka anda patut untuk berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Taman yang terletak di Jl. Mariwati KM 7, Desa Kawungluwuk, Cianjur, Jawa Barat ini memiliki sekitar 300 varietas bunga dari seluruh dunia. Kawasan wisata Taman Bunga Nusantara ini terletak diantara kawasan Gunung Gede Pangrango dan Taman Wisata Perkebunan Teh Gunung Mas Puncak Bogor. Dari puncak, anda bisa menjangkau taman bunga ini sejauh 7 kilometer bila ditempuh dari arah Puncak. Namun jika anda dari Bandung atau Jakarta, jarak yang ditempuh lebih jauh lagi, yakni sekitar  100 km dari Jakarta dan 90 km dari Bandung.

37d1938169e584b334411bd12e0963a8Taman Bunga Nusantara telah ada sejak 1995 silam dengan diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 10 September. Display bunga pertama di Indonesia dilakukan oleh taman ini.

Asal Muasal

Kehadiran taman ini merupakan prakarsa dari Ketua Umum Yayasan Bunga Nusantara, Ibu Dani Bustanil Arifin. Selain sebagai tempat wisata, taman ini juga berfungsi sebagai tempat budidaya berbagai varieatas bunga dan tanaman hias lainnya. Di lahan seluas 35 hektar ini, 23 hektar didominasi 10 buah taman bunga yang dibangun secara khusus. Tampak varietas bungan dari luar negeri mendominasi taman ini. Sedangkan 12 hektar sisanya digunakan untuk menyediakan fasilitas hiburan untuk anak-anak berupa minicar, arena bermain ketangkasan, parkir, dan juga restoran.

11a057162e62e359ec61cd12b57a55c3Begitu memasuki pintu gerbang Taman Bunga, pemandangan indah dari beberapa taman bunga sudah menyambut kita. Diantara taman tersebut ada yang dibentuk menyerupai burung merak dan jam raksasa seolah mewakili keindahan setiap sudut taman ini secara keseluruhan. Untuk membangun taman dengan bentuk yang demikian dibutuhkan 85.000 lebih tanaman. Taman ini cocok bagi anda yang ingin menangkan diri sambil membaca atau pun anda yang ingin mencari inspirasi. Pasalnya udara di sekitar kawasan asri tersebut cukup sejuk.taman perancis

Taman ini memiliki beberapa taman lainnya dengan berbagai nama dan koleksi yang berbeda. Misalnya saja ada taman air dengan berbagi koleksi tanaman airnya yang memiliki bentuk dan warna yang memikat.

Masing-masing tanaman memiliki dua cara beradaptasi dengan lingkungan. Ada yang secara vertikal layaknya Kana Air atauThalia Dealbata (talia delbata).

Bunga ini berasal dari Amerika Serikat bagian tenggara. Sedangkan pada bunga Lotus atau Nelumbo Nucifera dari Asia Timur dan Australia ini beradaptasi secara horizontal di tengah kolam. Ada pula tanaman Cyperus Papyrus yang berasal dari Mesir dan juga Teratai Raksasa atau Victoria Amazonica dari Amerika Selatan. Selain itu ada pula  Giant Arum atau Typonodorum Lindleyanum dari Amerika Selatan dengan bentuknya yang mirip pohon pisang.taman air

Ada pula taman mawar dengan koleksinya yang kebanyakan berasal dari Cina. Ada pula mawar jenis hybrid tea roses yang berasal dari Autralia dan Amerika.

Sedangkan di taman perancis dan amerika taman di desain layaknya taman bunga masa Renaissance dengan bentuk-bentuk geometrisnya. Taman ini cocok dijadikan spot foto pre wedding karena beragam bunganya yang romantis.

Namun jika anda ingin lebih menantang, anda bisa mencoba taman rahasia atau taman labirin. Taman ini meniru konsep taman maze di benua eropa. Agar tidak tersesat, anda bisa membeli peta taman ini dengan harga Rp 1.000.

Penginapa di daerah Bogor

Apabila anda tertarik untuk menghabiskan weekend di kota Bogor terkadang cukup sulit untuk mendapatkan hotel yang mudah aksesnya. Salah satu hotel terbaik yang kami rekomendasikan adalah Hotel Whiz Bogor, dimana merupakan bagian dari group Intiland dengan design interior yang nyaman dan modern.

taman baliAda bali di taman bunga nusantara. Yaps, konsep bali menjadi ide dibentuknya taman bali ini. Untuk memperkuat kesan bali, taman ini dilengkapi dengan bangunan dan patung khas Bali. Anda bisa melihat Candi Bentar atau Gapura Pintu Masuk, Bale Bengong, dan Bale Kul Kul. Sedangkan tanamannya didominasi tanamn khas Bali, seperti bunga kamboja, bunga sepatu, aneka helikonia, serta tanaman tropis berdaun indah lainnya. Anda juga bisa melihat tanaman khas daerah gurun di taman mediterania. Beragam jenis kaktus (Cactaceae), dan yucca (Liliaceae) dilindungi di rumah khas Mediterania dengan atap kaca. Tak hanya itu hamparan batu dan pasir putih semakim memperkuat kesan mediterania. Selain itu ada pula taman palem dengan seratus jenis palem yang di tanam di sini. Palem-palem tersebut berasal dari seluruh dunia.

taman jepangJika anda menginginkan suasana Jepang, taman ini juga menyediakan taman bergaya Jepang. Lengkap dengan rumah bergaya jepang yang memiliki kolam dan terbuat dari kayu. Selain di taman, bunga-bunga juga ditanam di dalam rumah kaca yang dibangun dengan karya seni tinggi. Suhu, kelembapan, dan intensitas cahaya telah diatur secara sistem. Dengan luas mencapai 2.000 m2 dengn 3.000 panel kaca bunga yang ditanam merupakan bunga yang tidak bisa dalam kondisi ekstrim.rumah kaca

Beragam fasilitas juga disediakan untuk menunjang tempat wisata ini. Misalnya saja rafflesia mini thetaer, menara pandang, dan poliklinik. Ada pula kereta dotto, mobil wara-wiri, dan garden tram yang bisa anda gunakan untuk berkeliling taman. Jika anda membutuhkan akomodasi, anda bisa menggunakan beberapa hotel di Cipanas seperti:

Referensi

  • http://www.tamanbunga-nusantara.com/
  • http://www.cianjurkab.go.id/Content_Nomor_Menu_48_6.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.