Menikmati Keindahan Sungai Citumang

Share Button

citumang3 (1)Kemanakah anda dan keluarga akan menghabiskan liburan akhir pekan ini? Jika anda belum memiliki rencana, sebuah sungai dikawasan Ciamis ini akan mengajak anda dan keluarga untuk menikmati keindahan alam yang masih perawan. Berada di Dusun Sukamanah, Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis Jawa Barat, sungai citumang mengajak anda untuk merasakan kesegaran airnya yang bertemankan pemandangan hijau menyegarkan mata. Hanya berjarak 15 km dari Pangandaran, sungai citumang menjadi pilihan yang tepat bagi anda dan keluarga untuk menghabiskan akhir pekan.

citumang1Sungai citumang berada di sebuah hutan hijau yang masih lebat. Tak hanya cabang-cabang pohon, sungai jernih berwarna kebiruan ini juga berhiaskan bebatuan cantik dan semak-semak. Sungai citumang juga memiliki air terjun dengan warna air yang sama. Suasana disekitar sungai ini pun cukup tenang. Hanya suara gemericik air, semilir angin dan suara hewan yang menyatu membentuk harmonisasi musik alam yang manis. Bahkan suara air terjun ini sudah terdengar kala anda melewati tebing tinggi untuk menuju sungai. Bahkan selama anda menyusuri tebing ini anda sudah  bisa melihat keelokan pemandangan di sekitar sungai.

citumang-1Nama Citumang yang menjadi nama sungai ini berkaitan dengan cerita rakyat yang ada di sekitar lokasi. Kabarnya sungai ini dahulunya merupakan tempat tinggal buaya yang berkaki buntung atau patah, yang dikenal dengan nama si tumang. Namun ada pula yang mengatakan bahwa nama Citumang berasal dari kata Chi dan numpang. Dalam bahasa Sunda Chi berarti air sehingga bisa dimaknai sebagai air yang numpang yang bisa anda temukan usai menyusuri aliran sungai. Anda akan menemui aliran air sungai yang mengalir di bawah tanah yang menjadi keunikan sungai ini.

citumangKeindahan dan kejernihan sungai citumang menggoda anda untuk segera menyeburkan diri dan berenang di sana. Anda akan menemukan sebuah air terjun yang berada di hulu sungai. Sebuah pohon besar dengan akarnya yang menjuntai menjadi teman air terjun tersebut. Anda bisa bergelantungan di ranting pohon layaknya Tarzan anak hutan sebelum akhirnya terjun ke dalam kesegaran sungai citumang. Jika anda mengikuti aliran sungai anda akan sampai ke aliran sungai ke bawah tanah. Uniknya aliran sungai bawah tanah ini kembali muncul di hilir layaknya sistem air ledeng. Aliran sungai di bawah tanah ini berada di bawah goa yang menakjubkan, bernama goa Taringgul. Sedangkan aliran sungai ini disebut dengan Sanghyang Tikoro yang berarti tenggorokan Batara.

citumangBerwisata ke sungai citumang tidak hanya membuat anda menjadi lebih segar dan tenang namun juga bisa mengenalkan alam kepada anak-anak anda. Mulai dari keindahan alam hingga pentingnya untuk menjaga kelestarian alam. Jadi bagi anda yang bosan dengan kesibukan dna rutinitas di perkotaan bisa berkunjung ke sungai citumang untuk sejenak melepaskan penat dan berbagai tekanan dari kesibukan yang ada. Anda bisa memanfaatkan moment liburan ini untuk kembali menghangatkan suasana keluarga. Berbagai aktivitas alam dan petualangan bisa anda lakukan di sungai citumang ini, mulai dari sekedar mengabadikan keindahannya dalam bidikan kamera, hiking, rafting, atau pun caving.

Jika anda membutuhkan akomodasi anda bisa menggunakan hotel murah di Pangandaran seperti:

Refrensi:

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/561/sungai-dan-air-terjun-citumang
  • http://www.mypangandaran.com/wisata/detail/10/citumang-pangandaran.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *