Menikmati Pulau Samalona yang Menakjubkan

Share Button

pulausamalonaBerkunjung ke Makassar jangan hanya bertandang ke pantai losari. Karena di daerah ini juga memiliki beberapa wisata pulau yang menakjubkan. Misalnya saja pulau kayangan yang berada di depan Fort Rotterdam dan juga Pulau SamalonaPulau Samalona merupakan pulau kecil berbentuk bundar dengan luas mencapai 2.34 hektar. Namun sayangnya, pulau ini semakin lama semakin menyusut. Bahkan diperkirakan tahun 2020 pulau ini akan menghilang. Jadi mumpung pulau ini masih ada, jangan lewatkan untuk menghabiskan liburan akhir pekan di pulau dengan sejuta pesona yang menakjubkan ini ya.

samalonaPulau ini memiliki sebuah pantai dengan nama yang sama dengan pulaunya. Pantai berpasir putih dengan air lautnya yang jernih ini memiliki pemandangan yang menakjubkan yang akan membius anda hingga melupakan kepenatan usai aktivitas yang padat. Keindahan pantai losari bahkan kalah dengan keindahan pantai samalona ini. Anda bisa berjemur di atas pasirnya yang lembut. Dengan susananya yang tenang, pulau ini cocok untuk anda yang ingin berlibur sejenak dari hiruk pikuk perkotaan.

pulau-samalona-makassarDaya tarik lain yang juga dimiliki pulau ini adalah alam bawah lautnya yang menakjubkan. Dengan airnya yang jernih, pulau ini menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai biota laut. Oleh karenanya pulau ini sering dikunjungi oleh mereka yang menyukai olehraga air seperti diving dan snorkeling. Terumbu karang warna-warni menjadi rumah bagi ikan-iakn cantik. Di sini anda juga bisa menemukan kuda laut yang memukau. Apalagi jika anda mengeksplorasi alam bawah laut ini di pagi hari, dengan sinar matahari yang masuk ke laut yang jernih, menciptakan keindahan yang akan semakin membius anda.

samalona 1Bukan hanya penduduk lautnya yang menggoda anda untuk mengeksplorasinya, namun sebuah benda bersejarah yang menghuni kedalaman laut samalona juga patut untuk anda telusuri. Beragam kapal dari Perang Dunia II yang karam di pulau ini kini menjadi karang dan telah menjadi tempat tinggal beragam jenis biota laut. Kurang lebih ada 7 kapal yang karam di perairan samalona, yakni kapal maru, kapal perang Jepang, kapal lancaster bomber, gunboat-nya Jepang, kapal kargo Hakko Maru yang merupakan buatan Belanda, dan kapal selam Jepang. Rata-rata bangkai kapal ini bisa ditemukan pada kedalaman 30 meter. Tak mengherankan jika kemudian banyak wisatawan yang ingin menyaksikan bangkai kapal-kapal ini. Yang membuat pulau ini semakin mempesona adalah, anda bisa menyaksikan matahari terbit sekaligus terbenam dalam satu titik. Benar-benar wisata yang sayang untuk dilewatkan.

imagesUntuk bisa ke pulau ini, dari dermaga kota Makassar, yang juga melayani lalu lintas warga, anda harus menempuh perjalanan sejauh 2 km atau sekitar 30 menit. Anda bisa menyewa perahu motor yang harganya bergantung pada tujuan dan sifat penyewaan. Anda yang ingin lebih lama di pulau samalona bisa menyewa secara pribadi dengan biaya sekitar Rp 500.000. Perahu motor ini akan menemani anda hingga anda selesai berwisata. Namun jika nada ingin lebih murah, anda bisa menyewa secara umum bersma wisatawan yang lain dan kembali berdasarkan waktu yang telah disepakati.

samalona3Meski Pulau Samalona kecil, namun beragam fasilitas bisa anda temui. Anda yang tak membawa peralatan menyelam, bisa menyewa di persewaan alat selam lengkap dengan pemandunya. Beragam tempat makan yang menawarkan menu olahan seafood segar. Tersedia rumah panggung yang difungsikan sebagai penginapan oleh masyarakat sekitar. Namun anda juga bisa menginap di hotel murah di Makassar, seperti:

Refrensi:

  • https://lifestyle.liputan6.com/read/2057959/sejuta-pesona-pulau-samalona-di-makassar
  • http://www.indonesiakaya.com/kanal/detail/menikmati-eksotisnya-pulau-samalona-di-bumi-makassar
  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/321-Wisata-Bahari-di-Pulau-Samalona/navcat
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *