Menyusuri Sungai Di Bawah Perut Bumi

Share Button

Cave-Tubing-KalisuciKawasan Gunungkidul memang terkenal sebagai kawasan yang tandus dan gersang. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan karst atau perbukitan kapur. Di musim kemarau, warna hijau tanaman akan menjadi kecoklatan akibat meranggas. Namun, potensi di bawah tanah Gunungkidul memiliki potensi yang sangat unik dan jarang dijumpai di tempat lain. Goa-goa yang tersembunyi di bawah perut bumi, merupakan potensi luar biasa yang dijumiliki Gunungkidul. Tengok saja goa cerme dengan keindahan air terjun bawah tanahnya atau pun menyusuri sungai bawah tanah di Goa Jomblang. Tak hanya menawarkan petualangan yang menantang adrenalin, tapi juga sungai dengan dengan aliran yang cukup deras mengalir di dalamnya. Keberadaan sungai-sungai ini mematahkan bahwa Gunungkidul adalah daerah yang gersang. Salah satu sungai yang mengalir di dalam perut bumi adalah Kali Suci.

Cave-Tubing-Kalisuci-3Kali suci menawarkan wisata yang cukup memacu adrenalin anda. Jika selama ini anda menyusuri goa bawah tanah dengan berjalan kaki, maka di Kalisuci anda akan diajak menyusuri goa dengan rafting. Selama ini rafting atau pun caving sudah cukup membuat adrenalin kita terpacu. Apalagi ketika keduanya berpadu menjadi satu, yang disebut dengan caving tubing. Bisa anda bayangkan betapa menantangnya wisata satu ini. Kawasan Kalisuci sendiri merupakan satu dari tiga kawasan caving tubing di dunia. Yang lain berada di Meksiko dan New Zealand.kalisuci2

Dengan keistimewaan yang dimiliki Kali Suci, International Union of Speleology pernah mengusulkan Kali Suci sebagai warisan alam dunia pada tahun 1993. Hal ini tentunya cukup memberikan rasa bangga tersendiri bagi pariwisata Indonesia. Pada 06 Desember 2004, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono juga mencanagkan Kali Suci sebagai kawasan Eco Karst.

14070399991143872291Kali Suci berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunungkidul. Dari Kota Yogyakarta dibutuhkan waktu sekitar 1.5 – 2 jam perjalanan atau sejauh 60 kilometer. Aliran sungai ini melewati lima goa, yakni goa Suci, Glatikan, Gelung, Mburi Omah, dan Brubug, dan bermuara di Laut Selatan. Dalam satu waktu anda akan langsung menyusuri kelima goa tersebut. Masing-masing sungai di dalam kelima goa yang akan dilalui memiliki lebar dan kedalaman yang berbeda. Ada yang memiliki lebar 5 hingga 10 meter dengan kedalaman antara 1 hingga tiga meter. Kurang lebih selama 2 jam anda akan diajka menyusuri sungai dengan jalur sepanjang 500 meter. Titik awal caving tubing Kali Suci dimulai di Goa Suci dan berakhir di Goa Mburi Omah. Sebelum caving tubing tentunya anda harus menggunakan berbagai peralatan yang diperlukan agar perjalanan anda bisa berlangsung aman, mulai dari life jacket, ban dalam, helm pengaman, head lamp, pelindung lutut dan juga sepatu boat.

Cave-Tubing-Kalisuci-Gunung-KidulSebelum memulai caving tubing, kawasan Kali Suci sudah cukup mempesona mata. Aliran sungainya yang berkelok sudah nampak dari ketinggian tebing. Warna airnya yang biru kehijauan berpadu dengan warna coklat tanah, tebing karst, dan juga daun-daun yang meranggas menghasilkan lukisan alam yang mempesona. Setelah semua penumpang duduk di atas ban pelampung, pengarungan Kali Suci pun dimulai. Ban mulai bergerak seiring dengan aliran air. Tangan pun harus difungsikan sebagai kayuh ketika tiba di arus tenang agar terus melaju. Sebaliknya ketika memasuki jeram ban akan melaju dengan cepat dan berputar-putar mengikuti arus. Anda pun akan diajak keluar dari ban dan berjalan kaki menyusuri goa sambil mengusung pelampung ketika sampai di titik yang penuh dengan bebatuan maupun jeram yang ekstrim dan sulit dilewati. Ketika memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik anda akan kembali ditantang dengan keadaan yang remang hingga gelap gulita. Helm penerang anda akan sangat dibutuhkan di sini.

wisata-cave-tubing-kali-suci-yogyakartaSelama menyusuri goa, anda akan dibuat terpesona dengan berbagai ornamen goa dan biota di dalamnya. Beberapa tetesan air di stalaktit mungkin akan mengenai anda. Diantara stalaktit tersebut bahkan telah menjadi batu kristal. Anda akan menemukan beberapa ikan besar yang berenag di bawah anda. Selain biota air, anda juga akan menjumpai kelelawar yang bergelantungan di atap goa dan juga laba-laba besar yang menempel di stalagmit. Beberapa tanaman perdu juga akan anda jumpai di sini. Indahnya pemandangan dalam goa, berpadu dengan sejuknya air sungai. Melihat keindahan dalam goa, membuat wisata Kali Suci tak hanya cocok bagi mereka penikmat caving tubing. Anda yang menyukai Speologi bisa belajar tentang goa dan kehidupannya di kawasan Kali Suci ini. Begitu juga bagi mereka yang tertarik dengan Speleogenesis atau pun morfologi batu kapur. Kali Suci ditutup ketika musim penghujan mencapai deras-derasnya karena debit air yang sangat besar.

Untuk masuk ke dalam goa dan menyusuri sungai Kali Suci anda harus menyewa jasa pemandu lengkap dengan peralatan yang dibutuhkan. Beberapa warung makan dan tempat parkir bisa anda jumpai di start caving tubing. Sedangkan untuk kebutuhan akomodasi, anda bisa menggunakan hotel di Yogyakarta, seperti:

Jika anda membutuhkan guide dalam perjalana wisata anda, kami juga menyediakan tour Yogyakarta yang akan membantu mengakomodir perjalanan wisata anda.

Refrensi:

  • http://jogjatrip.com/id/719/Kawasan-Karst-Kalisuci
  • http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-tourism-object/sport-and-adventure/cave-tubing-kalisuci/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *