Monumen Bambu Runcing, Surabaya

Share Button

Sebuah monumen berdiri terletak di jalan Jendral Panglima Sudirman Surabaya yang berbentuk bamboo runcing. Sehingga monumen ini dinamakan Monumen Bambu Runcing. Bentuknya sekumpulan bamboo runcing yang merupakan lambing semangat arek-arek Suroboyo ketika melawan penjajah dengan menggunakan senjata apa adanya meskipun dengan sebilah bamboo yag ujungnya diruncingkan. Bambu Runcing sendiri merupakan ikon Kota Surabaya selain Tugu Pahlawan. Para wisatawan juga bisa memarkir kendaraannya di sekitar taman sebelah timur jalan, baik yang roda dua atau roda empat. Di ujung jalan Embong Ploso menjadi pertemuan dan di tengahnya terdapat taman yang cukup teduh sehingga banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk beristirahat sejenak.
Monumen ini terdiri atas lima pilar beton yang tingginya tidak seragam dan bentuknya menyerupai bambu runcing. Ketinggiannya sekitar belasan meter, pada saat tertentu pompa airnya dijalankan sehingga airnya akan keluar dari masing-masing lubang bamboo. Monumen ini dikelilingi uleh berbagai tanaman hias warna-warni sehingga tampak sangat sejuk dan segar saat melintasi perjalanan di sekitarnya yang sangat penat dan macet apalagi menjelang sore hari. Bambu runcing sendiri merupakan senjata tradisional yang dipergunakan Tentara Indonesia dahulu dalam melakukan pertempuran melawan kolonialisme Belanda. Tepatnya tanggal 10 November 1945 dan sampai sekarang tanggal tersebut dirayakan sebagai Hari Pahlawan. Pada masanya, bamboo ini dibentuk meruncing seperti tombak yang akan menusuk musuh. Bambu ini dibuat berkaitan dengan terbatasnya senjata modern yang ada saat itu dan untuk menunjukkan semangat di antara prajurit sebagai warga sipil Indonesia.
Letaknya di jantung kota yang menjadikannya lokasi ini ramai para pengunjung dan banyak yang mengenali keberadaannya karena sering banyak nya kendaraan yang melintasinya. Monumen ini juga berdekatan dengan Kebun Binatang Surabaya, Tunjungan Plaza dan Tugu Pahlawan Surabaya. Di sekitar sini ramai di datangi kaum anak muda terutama jika malam hari bisa dijadikan tempat tongkrongan di sekitarnya. Banyak penjual makanan, warung kopi bahkan kafe terdapat di sekitar Monumen Bambu Runcing sendiri. Banyak juga terdapat hotel-hotel jika anda ingin berlibur beberapa hari di Kota Surabaya ini seperti:

Referensi:

  • http://www.eastjava.com/tourism/surabaya/ina/bamboo-monument.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *