Monumen Jalesveva Jayamahe, Surabaya

Share Button

Monumen Jalesveva Jayamahe adalah sebuah monumen atau patung raksasa yang dibangun untuk mengenang dan mengingatkan para generasi penerus bangsa bahwa nenek moyang kita dahulunya adalah pelaut yang mampu menjelajahi berbagai benua. Jalesveva Jayamahe sendiri artinya di laut kita tetap jaya, di representasikan oleh patung seorang perwira menengah TNI Angkatan Laut berpakaian lengkap yang sedang menatap ke laut. Patung perwira ini adalah sosok tunas bangsa yang mewakili generasi penerus dan penuh keyakinan yang siap menghadang ganasnya ombak di lautan yang tentunya juga akan siap menempuh badai di sepanjang perjalanan menuju kea rah yang ditunjukkan yaitu keinginan Bangsa Indonesia mewujudkan NKRI yang adil dan makmur. Monumen Jalasveva Jayamahe juga merupakan tanda dilaksanakannya tongkat estafet dari generasi lama ke generasi baru untuk menyelesaikan tugasnya dan begitu pula kepada generasi berikutnya. Kawasan bangunan ini juga digunakan sebagai menara lampu pemandu bagi kapal-kapal yang berlayar di sekitarnya.

Patung perwira ini memiliki tinggi 31meter dan berdiri di atas gedung setinggi 29meter sehingga total keseluruhan yang menjulang setinggi 60meter sehingga anda masih dapat melihatnya degan jarak yang jauh. Di dinding gedungnya terdapat diorama sejarah kepahlawanan pejuang-pejuang bahari sejak zaman pra revolusi fisik. Monumen ini dibangun pada tahun 1990an dan diresmikan pada tanggal 5 Desember 1996 oleh mantan Presiden Soeharto. Di samping patung perwira berukuran sangat besar ini juga terdapat sebuah gong yang memiliki ukuran terbesar di seluruh Indonesia. Gong ini diberi nama Kiai Tentrem yang terbuat dari bahan logam kuningan yang dilapisi anti karat. Beratnya 2,2 ton, tebal logam kuningannya 6mm dan diameternya 5meter. Selain menikmati indahnya Selat Maduradan kapal-kapal yang lalu lalang ataupun patung raksasa tersebut, disini anda juga dapat berbelanja souvenir sebagai oleholeh yang meliputi pakaian, tas, topi, ataupun atribut yang mengenai TNI AL.
Dalam pergelaran peristiwa sejarah TNI AL berikutnya, bagian ujung sangat berperan penting yaitu yang merupakan pangkalan kapal-kapal perang TNI AL terbesar sampai sekarang. Karena itulah Monumen Jalesveva Jayamahe dibangun di ujung Surabaya. Selain itu diharapkan pula pendirian monument ini dapat menambah semaraknya Ujung Surabaya yang berarti iku menambahnya referensi Surabaya menjadi Kota Pahlawan.
Anda tidak perlu khawatir karena di sekitar lokasi ini banyak terdapat rumah makan atau pujasera yang menyajikan makanan khas Kota Surabaya. Tidak hanya itu banyak pula terdapat penginapan yang disewakan bahkan hotel-hotel dari yang kelas melati sampai yang berbintang seperti:

Referensi:

  • http://wahw33d.blogspot.com/2012/08/monumen-jalesveva-jayamahe-monjaya.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *