Monumen Kapal Selam, Surabaya

Share Button

Monumen Kapal Selam atau yang biasanya disingkat Monkasel adalah sebuah museum kapal selam yang berlokasi di Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Tepat di pusat kota, museum ini sebenarnya merupakan kapal selam milik KRI Pasopati 410 yang termasuk salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet pada tahun 1952. Pertama ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur, Bapak Basofi Soedirman pada Juli 1995 dengan meletakkan batu pertama untuk pondasi. Dan resmi dibuka pada 15 Juli 1998 dan telah beroperasi sebagai salah satu objek wisata di Surabaya sampai sekarang.Kapal selam ini dahulunya pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru untuk membebaskan Irian Barat dari kependudukan Belanda. Kapal Selam ini lalu dibawa ke darat dan dijadikan monument untuk memperingati keberanian pehlawan Indonesia. Tepat terletak di Jalan Pemuda di sebelah Plasa Surabaya. Selain itu di sekitar monumen ini juga terdapat pemutaran film dimana ditampilkan proses peperangan yang terjadi di Laut Aru. Di sini pula anda akan ditemani pemandu wisata lokal yang akan menemani dan menjelaskan sejarah ataupun perjalanan di monumen Kapal Selam ini.
Konsep utama monumen ini salah satunya adalah untuk membuat kawasan wisata baru di Jawa Timur, Sebagai warisan nilai sejarah yang mencerminkan Indonesia sebagai Negara Maritim, Untuk menjaga aman dan bertindak sebagai obyek konservasi dan Sebagai kenangan yang didesikasikan untuk seorang pejuang pemberani yang berjuang gigih. Beberapa ruang bagian disini terbagi menjadi,

  • Ruang untuk haluan Torpedo
  • Ruang Komandan
  • Jembatan Utama dan Pusat Komando
  • Ruang Awak Kapal
  • Ruang Mesin Diesel dan Terminal Mesin
  • Kamar Mesin Listrik
  • Ruangan Torpedo untuk bagian buritan

Monumen Kapal Selam KRI Pasopati 410 ini mempunyai beberapa fasilitas pendukung seperti Video Rama, Kolam Renang, Music Live, Rekreasi untuk anak-anak di Sungai Kalimas, sebuah Stan Souvenir, kamar mandi dan area parkir yang luas. Di dalam kompleks pula juga terdapat panggung besar untuk acara tertentu. Video Rama sendiri juga menyajikan film sinematik dan dilengkapi sistem suara stereo yang akan membawa imajinasi anda agar bisa menyatu dengan film mengenai Kapal Selam KRI Pasopati 410 di saat menjalankan tugasnya. Di sisi Sungai Mas sendiri juga terdapat tempat yang bagus dan romantic bagi pasangan muda-mudi atau sarana pendidikan bagi keluarga. Banyak pula hotel yang terdapat di sekitar monumen ini seperti:

Referensi:

  • http://www.monkasel.com/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Kapal_Selam
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *