Musim Semi ala Jepang Di Magelang

Share Button

pohon tabebuya di magelangMusim hujan yang baru saja tiba menjadi oase setelah beberapa bulan diterjang kemar panjang. Bunga dan pepohonan di pinggir jalan yang sebelumnya biasa-biasa aja, setelah tersiram guyuran hujan mennjadi nampak indah. Traveler tentunya masih ingat dengan bunga amaryllis yang tumbuh di pinggir jalan utama menuju Wonosobo dari Yogyakarta, atau di Desa Salam, Kecamatan Patuk, Gunungkidul Yogyakarta. Bunga yang tumbuh disetiap musim penghujan ini, cukup menghebohkan netizen karena penampakannya yang menyerupai kebun bunga di Belanda. Namun sayangnya keberadaan para travelers yang ingin mengabadikan kunjungan mereka di kebun bunga tersebut, malah justru akhirnya merusak kebun bunga amaryllis tersebut. Jadinya kini kebun bunga tersebut tidak bisa dinikmati dan tentunya memberikan kerugian bagi si pemilik kebun.

jalanan magelangDan … kini publik kembali dihebohkan dengan pemandangan yang tak kalah indah yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Travelers yang sedang menginap di hotel murah di Magelang, bisa menyempatkan diri untuk menengok sejenak jajaran pepohonan yang berada tepat di depan gedung Pemerintah Kota Magelang. Kurang lebih sudah hampir satu minggu ini netizen dihebohkan dengan pemandangan musim semi ala negeri sakura di depan gedung Pemerintah Kota Magelang tersebut. Bunga-bunga cantik yang didominasi warna putih dan merah muda ini tidak hanya rimbun namun beberapa juga saling berguguran sehingga nampak seperti gugurnya bunga sakura di Jepang pada saat musim semi. Sontak perhatian para pengendara maupun pejalan kaki menjadi teralihkan. Apalagi dengan postingan-postingan mereka di media sosial semakin menarik banyak orang untuk menyaksikannnya.

pohon tabebuyaPohon-pohon yang menghiasi depan gedung Pemerintah Kota Magelang berjenis Tabebuya atau yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan Chrysotricha dan merupakan tanaman dari negeri Samba, Brazil. Bunga-bunga ini dibeli oleh Bidang Pertamanan Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Tata Kota (DKPT) Kota Magelang dari Jawa Timur. Dan ternyata pohon-pohon ini telah ditanam sejak tahun 2013. Tidak hanya di depan gedung Pemerintah Kota Magelang namun juga di Komplek PJKA Jalan A Yani, depan kantor Telkom Alun-alun, dan juga Jalan Majapahit. Dan baru di penghujung tahun 2015 ini, pohon-pohon tersebut berbunga. Jadilah saat ini Kota Magelang nampak seperti suasana Negeri Sakura kala musim semi yang dipenuhi dengan bunga-bunga cantik.

selfie di depan pohon tabebuya magelangPemilihan pohon Tabebuya sebagai penghias jalanan kota Magelang oleh Bidang Pertamanan DKPT Kota Magelang dikarenakan karakteristik pohon tersebut yang memiliki daun yang banyak dan relatif lebar sehingga bisa menjadi peneduh bagi para pengendara maupun pejalan kaki. Namun point pentingnya pohon Tabebuya memiliki jenis akar pohon yang tidak merusak jalan raya atau tembok. Jadi gak cuma terlihat cantik namun juga rapi. Dengan mekarnya bunga dari pohon tabebuya ini travelers kota Magelang pun sukses mewujudkan slogan mereka sebagai Kota Sejuta Bunga. Travelers sah-sah aja sih kalau mau berfoto dengan latar belakang pohon tabebuya yang cantik ini, namun ingat jangan sampai merusaknya ya. Apalagi sampai petik-petik bunganya atau memanjat pohon ini demi kepentingan selfie kalian. Gak cuma dikecam, bisa-bisa kalian juga diburu sama warga Magelang yang gak pengen pohon kebanggan mereka ini sampai rusak seperti yang terjadi di Gunungkidul. Jadi tetap di jaga ya keindahannya.

Refrensi:

  • http://www.bintang.com/lifestyle/read/2379150/heboh-pohon-berbunga-di-magelang-mirip-musim-semi-di-jepang
  • http://regional.kompas.com/read/2015/12/03/13042671/.Pohon-pohon.Berbunga.Ini.Bukan.di.Jepang.Ini.di.Magelang.
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.