Pantai Banyu Tibo: Indahnya Air Terjun Di Pinggir Pantai

Share Button

1393004870pantai-air-terjun-banyu-tiboSelain terkenal dengan 1001 Goa yang dimiliki, posisinya yang berada di pesisir selatan pulau Jawa, membuat kota Pacitan juga dianugrahi berbagai pantai dengan sejuta keindahannya. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dengan Yogyakarta, membuat anda perlu untuk singgah sebentar ke Pacitan dan melihat beragam keindahan yang ditawarkan. Pantai-pantai di Pacitan memiliki keindahan dan pesona yang tidak kalah dengan pantai di Yogyakarta maupun Bali. Salah satu pantai di Pacitan yang memiliki pesona yang tidak biasa, misalnya Pantai Banyu Tibo.

000 (46)Pantai Banyu Tibo berada di perbatasan Pacitan dan Wonogiri, yakni di Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Kabupaten Pacitan, Propinsi Jawa Timur. Pantai ini hanyak berjarak 7 km dari pantai Klayar. Penamaan Banyu Tibo berasal dari bahasa jawa, yakni banyu yang berarti air dan tibo yang berarti jatuh. Hal ini dikarenakan pantai ini memiliki pemandangan yang tak biasa anda jumpai di pantai secara umum, yakni pemandangan air yang terjun yang langsung jatuh ke pasir dan mengarah ke laut. Air terjun yang memiliki air tawar ini bercampur dengan asinnya air laut. Air terjun ini memang terletak persis di bibir pantai.

000 (11)Air terjun Banyu Tibo berasal dari sumber mata air bawah tanah di pegunungan karst yang berada di sebelah utara. Selanjutnya mata air ini mengalir ke sungai kecil hingga berakhir dengan terjun ke pantai disebuah teluk kecil dengan dikelilingi batu karang. Uniknya aliran sungai ini tidak pernah kering meski musim kemarau sekali pun. Air terjun ini bisa anda manfaatkan untuk membasuh diri usai bermain ombak dan berenang di pantai.

pantai-banyu-tibo3Pemandangan lainnya ialah keindahan pasir putih di pantai ini. Selain itu tebing-tebing dan batuan karang mengelilingi pantai yang indah ini. Karang-karangnya yang indah juga memiliki bentuk yang unik bagaikan ukiran kayu. Airnya yang sangat bersih dan berwarna kebiruan membuat anda tak perlu berlama-lama lagi untuk bermain di pantai Banyu Tibo. Dengan tebing-tebing yang mengelilinginya membuat anda perlu untuk berhati-hati saat berjalan menuju pantai ini. Anda juga dapat melihat keindahan pantai dengan duduk di atas karang.

pantai-banyu-tibo5Untuk menuju pantai Banyu Tibo anda dapat menggunakan rute yang sama untuk ke pantai Klayar. Anda tinggal menuju ke pasar Punung. Namun lebih baik anda datang dari Yogyakarta atau Solo. Dari pasar Punung, anda tinggal mengarahkan kendaraan anda menuju ke Goa Gong hingga ke Desa Kalak. Anda masih perlu melanjutkan perjalanan sejauh 16 km ke arah Klayar. Anda tinggal mengikuti arah Pantai Ngampu dan Buyutan hingga menuju Desa Widoro.

Untuk masuk ke pantai ini anda tidak akan dikenakan biaya apa pun. Anda bisa memarkir mobil anda di masjid setempat karena hanya roda dua yang bisa masuk ke arah pantai. Anda tidak akan menemukan penjual makanan di pantai sehingga anda perlu untuk membawa bekal sendiri. Untuk penginapan anda bisa menginap di rumah warga dengan imbalan yang sepantasnya atau pun memanfaatkan beberapa hotel di Surakarta atau pun hotel-hotel di Yogyakarta karena lokasinya yang berdekatan, seperti:

Referensi:

  • http://soloraya.com/2014/11/14/air-terjun-dan-ombak-samudera-bertemu-langsung-di-pantai-banyu-tibo/
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-banyu-tibo—pacitan
  • http://ininyata.com/urban-life/pantai-banyu-tibo-pacitan/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.