Pantai Klayar yang Penuh Kejutan

Share Button

Pantai-KlayarDaerah Pacitan menawarkan beragam pesona yang patut unyuk dieksplorasi. Pesona goanya tak kalah dengan goa-goa di Gunungkidul. Begitu juga dengan pesona pantainya yang tak kalah dengan Bali. Salah satu pantai yang patut untuk anda datangi adalah pantai Klayar. Pantai yang berjarak 7 km dari pantai Bantu Tibo ini akan memberikan anda kejutan-kejutan baru yang akan membuat anda terpesona. Pantai yang berada di tanah kelahiran mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini baru saja dikenal banyak orang setelah ramai dibicarakan di internet. Meski demikian pantai ini masih asri dan cocok untuk anda yang sedang mencari keetenangan.

Pantai-Klayar-2-300x203Perjalanan panjang untuk bisa menuju ke pantai yang masih alami. Anda yang tinggal di daerah Pacitan membutuhkan waktu tiga jam berkendara menggunakan motor untuk bisa ke pantai ini. Sedangkan yang dari Yogyakarta bisa menggunakan rute dari Gunungkidul yang menuju Wonosari. Dari Wonosari anda tinggal melanjutkan perjalanan sejauh 2.5 km untuk sampai ke Pacitan. Sementara anda yang dari Surakarta bisa mengambil arah ke Kecamatan Pracimantoro hingga menuju pertigaan Giribelah. Dari Giribelah perjalanan dilanjutkan ke perempatan Kalak hingga tiba di pantai Kalyar.

ombak-Pantai-Klayar-300x172Dari semua perjalanan tersebut, sebaiknya anda menggunakan sepeda motor. Selain kendaraan umum tidak ada yang menjangkau ke pantai ini, akses jalannya pun cukup sulit. Kondisi jalan yang kurang baik, sempit, dan berlubang membuat anda harus berhati-hati selama perjalanan. Selain itu anda juga harus dalam kondisi yang prima karena anda akan melewati jalanan yang naik turun dan cukup berliku di pinggir tebing. Oleh karenanya, jangan memacu kendaraan dengan cepat untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Pantai-Klayar-3-300x225Namun begitu melihat pesona keindahan pantai ini, rasa lelah akibat perjalanan jauh serta perjuangan untuk bisa ke pantai ini akan terobati. Anda akan disambut dengan pasir putih yang lembut di pantai yang berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan ini. Air lautnya yang berwarna biru nampak begitu jernih. Namun sayangnya ombak di pantai ini cukup besar sehingga tidak direkomendasikan untuk anda berenag di pantai ini. Pantai ini juga dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi layaknya di Pantai Karma Kandhara, Bali. Disepanjang bibir pantai juga dihiasi dengan deretan pohon kelapa yang membuat pantai ini semakin sejuk.

air-mancur-alami-Pantai-Klayar-300x199Banyaknya karang di pantai ini hingga membentuk deretan bukit dan gua-gua kecil. Begitu kecilnya goa-goa ini hingga nampak seperti stalaktit dan stalakmit yang ada di pinggir jalan. Berbagai biota laut seperti kerang-kerangan, bintang laut, limpet, hingga rumput laut yang tumbuh di sekitar batu-batu karang tersebut. Sebuah fenomena unik juga akan membuat anda terkejut dan terpesona. Sebuah air mancur yang mencapai ketinggian 10 meter akan keluar dari celah batu karang. Air mancur ini akan keluar seiring dengan kerasnya ombak yang membuat sebagian besar airnya masuk ke bawah batu dan keluar seperti air mancur. Lantaran keluar dari celah batu, bunyi seperti tiupan peluit juga keluar bersamaan dengan keluarnya air mancur tersebut. Masyarakat sekitar banyak yang menyebut fenomena ini sebagai seruling laut. Oleh masyarakat sekitar, air mancur in juga dipercayai bisa membuat awet muda. Anda juga bisa melihat replika Sphinx di pantai ini. Deretan tebing karang raksasa di sisi timur pantai, membuat batu karang tersebut menyerupai bangunan bersejarah di Mesir.

Pantai-Klayar-4-300x225Semua kejutan indah yang ditawarkan oleh pantai klayar teramat sayang untuk tidak diabadikan. Jadi meski anda tidak bisa berenang di pantai ini, paling tidak pantai ini memberikan spot foto yang menarik untuk anda pecinta landscape photograph. Anda yang membutuhkan tempat menginap bisa menggunakan hotel-hotel di perbatasan pacitan, seperti Amaris Hotel PonorogoRoyal AmbarrukmoCrown Victoria Hotel. Anda juga bisa melihat diskon hotel se-Nusantara di https://www.1001malam.com/.

Refrensi:

  • http://anekatempatwisata.com/wisata-pacitan-pantai-klayar/
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Klayar
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.