Pantai Kondang Iwak, Hidden Beach-nya Malang

Share Button

pantai-kondang-iwak-malangLayaknya Bali, Malang memiliki beragam pantai yang mempesona. Terutama di daerah Malang Selatan yang dekat dengan samudera Hindia.

Banyak pantai dengan pemandangan mempesona layaknya pantai-pantai di Bali.

Beberapa pantai bahkan masih tersembunyi dan belum terekspos sehingga masih jarang di datangi wisatawan.

Bukan hanya pantai kondang merak yang masih jarang didatangi wisatawan, ada pula panti kondang iwak yang juga tak kalah cantik dan mempesona.

IMG_3611Pantai yang terletak di Dusun Sumberpucung, Desa Tulungrejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang ini jaraknya cukup jauh dari kota Malang, sekitar 70 km ke arah selatan.

Anda bisa mengambil arah Kepanjen hingga menuju Pagak. Meski jalanan di Pajka telah di aspal, namun beberapa bagiannya telah rusak.

Bahkan ada jalan yang berupa makadam. Dan kondisi jalan seperti ini akan anda temui hingga menuju pantai. Meski demikian, akses jalan ini mulai bisa dilalui kendaraan roda empat dibandingkan pada zaman dulu yang hanya bisa dilalui kendaraan roda dua. Anda yang menyukai offroad, trail, atau pun aktivitas petualangan tentunya akan senang dengan tantangan ini.

Tapi bagi anda yang tidak menyukai akitivitas seperti ini, anda harus menyiapkan fisik yang kuat agar bisa melaluinya. Anda juga bisa menyewa kendaraan masyarakt setempat untuk bisa ke pantai ini hanya dengan tarif Rp 150 ribu pulang pergi. Atau anda juga bisa menyewa ojek dengan tarif Rp 30.000 sekali antar.

pantai-kondang-iwak-Namun semua petualangan dan usaha keras anda akan terbayar begitu anda tiba di pantai ini. Suasana pantai yang hampir menyerupai pantai kuta akan menyambut anda begitu anda tiba.

Pasir putihnya yang bersih berpadu dengan pasir besi hitam sepanjang satu kilo meter. Batu karang berukuran sebesar rumah turut memberi warna pantai ini. Batu karang ini diberi nama penduduk setempat dengan nama Pulau Lawang. Lokasi batu karang ini sedikit menjorok ke laut dan berjarak 50 meter dari bibir pantai.

i00017Suasananya yang tenang cocok bagi anda yang ingin beristirahat dari kebisingan kota. Selain itu anda yang menyukai aktivitas memancing juga bisa memanfaatkan ketenangan di pantai kondanng iwak untuk menyalurkan hobi anda.

Apalagi di pantai ini juga terdapat banyak ikan yang bisa anda tangkap. Penamaan pantai ini dilakukan oleh Mbah Iman Suwodo. Hal ini dikarenkan di tepi pantai terdapat muara air tawar, yang oleh masyarakat setempat disebut kondang.

Di dalam muara air dengan panjang 800 meter dan lebar 40 meter ini anda bisa menemukan berbagai jenis ikan tawar yang bisa anda pancing. Untuk ke muara ini anda bisa berjalan ke arah barat pantai.

Namun sayangnya, masyarakat sekitar sering menangkap ikan dengan menggunakan racun yang berdampak pada menurunnya populasi ikan di sana.

Kondang-iwak-beach-3652Selain memancing, anda juga bisa bermain air atau pun berenang. Namun anda perlu untuk berhati-hati agar tidak terbawa arus lantaran ombak di pantai ini cukup besar.

Selain itu anda juga harus membawa perbekalan yang cukup karena tak banyak warung yang bisa anda manfaatkan. Untuk akomodasi pun anda hanya bisa menggunakan hotel murah di Malang yang berada di pusat kota karena tak ada hotel yang bisa digunakan. Hotel yang bisa anda gunakan misalnya:

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/Kondang_Iwak

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *