Pantai Lampuuk yang Tetap Menjadi Primadona Aceh

Share Button

pantai lampuukTravelers tentu masih ingat dengan bencana tsunami yang menyerang Aceh di tahun 2004. Hampir seluruh daerah yang dikenal dengan nama Serambi Mekah luluh lantah, rata dengan tanah. Banyak banget korban yang berjatuhan, yang membuat tragedi ini begitu menyita perhatian dunia. Pasca peristiwa tersebut, Aceh pun berbenah, memperbaiki setiap sendi kehidupan mereka. Kini Aceh pun kian cantik dengan beragam tempatnya yang menarik. Nah, kalau travelers pengen berwisata pantai selama mengikuti tour Banda Aceh, ada salah satu pantai yang sayang untuk travelers lewatkan. Pantai ini begitu populer dan menjadi primadona warga Aceh untuk bersantai maupun menghabiskan hari libur mereka. Bahkan sebelum terkena terjangan tsunami, pantai ini sudah menjadi primadona. Yups, manalagi kalau bukan Pantai Lampuuk, yang kini kian hari hari kecantikannya tak juga lapuk diterjang waktu.

surfing pantai lampuukPantai Lampuuk memang pantas jika menjadi primadona warga Aceh dan sekitarnya. Karena pantai ini menawarkan beragam hal seru yang tak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Di pantai dengan garis pantai sepanjang 5 meter ini travelers bisa melakukan sejumlah aktivitas bahari., mulai dari sekedar bersantai dan berjemur menikmati terik matahari, berenang, memancing, hingga berlayar di sekitar kawasan pantainya. Pasirnya yang berwarna putih bersih membuat travelers bisa bersantai dengan nyaman. Belum lagi dengan pemandangan air lautnya yang berwarna biru jernih serta rimbunnya pohon pinus, yang gak cuma bikin tambah sejuk namun juga menciptakan gradiasi warna yang menakjubkan. Jadi makin betah bersantai dan berlama-lama di seini. Dengan posisi Pantai Lampuuk yang menghadap langsung ke Samudera Hindia membuat ombak pantai ini juga patut untuk dijelajaji dengan berselancar. Jadi buat travelers yang suka berselancar, silahkan menari dan taklukan tantangan ombak yang ditawarkan Pantai Lampuuk.

pasir-putih-pantai-lampuukPantai Lampuuk berada di ujung selatan Pulau Sumatra, yakni di pantai barat Aceh dan secara administrasi masuk dalam kawasan Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Acek Besar. Untuk menjangkau pantai ini, dari kota Banda Aceh travelers perlu menempuh jarak sejauh 20 km. Jika menggunakan kendaraan pribadi perjalanan tersebut hanya memakan warktu sektitar 20 km. Namun jika menggunakan angkutan umum khas kota Banda Aceh yang dikenal dengan nama labi-labi waktu yang dibutuhkan sekitar 35 menit. Pintu masuk ke Pantai Lampuuk ada 4 dimana wisatawan lokal biasanya masuk melalui Babah Satu dan Dua. Sementara wisatawan asing kerap masuk melalui Babah Tiga dimana dari pintu ini mereka langsung menuju spot yang menawarkan area surfing terbaik.

festival layang2 di pantai lampukMeski pada saat tragedi tsunami Pantai Lampuuk merupakan salah satu daerah dengan kerusakan yang lumayan parah, nyatanya kini pantai ini semakin berbenah. Untuk menarik semakin banyak wisatawan yang bertandang ke sini, Pantai Lampuuk pun kini dilengkapi dengan sejumlah wisata bahari seperti permainan banana boat. Selain itu sejumlah festival demi mempopulerkan kembali pantai ini juga rutin digelar seperti Festival Layang-Layang Internasional. Dan biar pengunjung semakin nyaman bersantai di Pantai Lampuuk, fasilitasnya pun kian ditambah, termasuk juga keberadaan sejumlah kios yang menjual beragam kuliner khas Aceh beserta souvenirnya.

sunset pantai lampukTravelers yang juga menyukai olahraga golf, gak perlu jauh-jauh dari pantai bisa menyalurkan hobi kalian. Karena tak jauh dari pantai terdapat padang golf bernama Padang Golf Seulawah dengan Pantai Lampuuk sebagai background-nya. Dan yang tak bisa travelers lewatkan kala mengunjungi pantai ialah pemandangan matahari terbenam yang sangat cantik. Semakin puas bukan berwisata ke Pantai Lampuuk, jadi jangan sampai terlewat ya mengunjungi si primadona Banda Aceh ini 😉

Refrensi:

Pantai Lampuuk

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *