Pantai Losari, Makassar

Share Button
Pantai Losari
Pantai Losari

Pantai losari adalah sebuah pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar. Pantai ini merupakan ikon keidahan Kota Makassar dan menjadi tempat bagi warga Makassar untuk menghabiskan waktu pada pagi, sore dan malam hari menikmati pemandangan matahari tenggelam yang sangat indah.

Pantai ini sangat indah sehingga cocok untuk berlibur keluarga. Berbagai macam wahana bermain anak ada di pantai ini. Tersedia pula beberapa wahana-wahana laut yang cocok bagi mereka yang ingin bermain dan menikmati keindahan laut atau sambil melepaskan kepenatan. Lepas dari itu Pantai Losari adalah salah satu pantai yang paling bersih dan rapi. Dan hebatnya pula pantai ini berada tepat di jantung kota besar. Membandingkan dengan beberapa pantai di Sulawesi, Losari tidak kalah bagusnya, bebas sampah dan nyaman dikunjungi. Beberapa bulan yang lalu, di dekat Pantai Losari didirikan sebuah trans studio, yang juga merupakan tempat berlibur dan bermain bagi keluarga ataupun organisasi yang melakukan refreshing. Konon katanya trans studio ini adalah wahana bermain terbesar di Asia Tenggara.

Posisi Pantai Losari sangat strategis dan menjadi bagian yang menyatu dengan suasana Kota Makassar yang membentang sejauh kurang lebih 4km. Pantai ini menghadap ke barat dan terletak di tengah-tengah garis pantai dan pusat kota Makassar bisa langsung diakses dengan jalan protokol utama dan dapat dilihat dari berbagai sudut.

Sejak zaman dulu, Pemerintah Kolonial Belanda membangun benteng yang berada di garis pantai ini. Misalnya Benteng Rotterdam(terletak sekitar 400meter dari pantai Losari). Sampai saat ini, benteng ini masih terawat baik dan merupakan sebuah tempat wisata sejarah. Di depan benteng sekarang sudah dibuat jalan yang menghubungkan antara Pantai Losari dengan jalan menuju Pelabuhan Makassar. Jadi benteng ini tidak lagi langsung berhadapan dengan laut. Dan di depan benteng terdapat sebuah taman indah yang juga menghadap ke laut.

Waktu paling ideal mengunjungi Pantai Losari ini adalah sore hari antara jam 15.00 hingga jam 21.00. Banyak yang datang untuk duduk-duduk menikmati pantai yang bersih, jogging di sekitar pedestrian sejauh 500m, atau makan di warung-warung yang telah direlokasi oleh Pemda setempat(di ujung paling selatan pantai). Apalajgi saat Bulan Ramadhan banyak pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk menunggu waktunya buka puasa. Udara bersih dan angin yang bertiup tanpa henti, matahari yang keemasan di sore hari menambah keindahannya Pantai Losari. Andapun berlibur ke Pantai Losari ini bisa untuk beberapa hari dengan menginap di hotel. Adapun beberapa hotel yang bisa anda singgahi yang berdekatan dengan Pantai losari ini dari yang biasa sampai yang berbintang, salah satunya :

Hotel Coklat (*2)

Santika Makassar (*3)

Singgasana Hotel Makassar (*4)

Sahid Jaya Hotel (*5)

 

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Losari
  • http://www.navigasi.net/goart.php?a=ptlosari
  • http://www.psychologymania.com/2012/02/keindahan-pantai-losari-penyejuk.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *