Pantai Pandawa, Destinasi Baru Di Pulau Dewata

Share Button

Pantai Pandawa, Bali 2013--14Jika anda ingin menghabiskan liburan anda ke pulau dewata, ada satu pantai baru yang bisa anda kunjungi. Pantai yang kerap dijadikan tempat syuting FTV ini bernama pantai pandawa. Dahulu pantai ini mungkin terkenal sebagai secret beach di Bali. Namun sejak pertengahan 2013, pantai ini mulai ramai dikunjungi hingga akhirnya akses jalan sepanjang 1.5 km dibuka oleh pemerintah setempat untuk mempermudah menuju Pantai Pandawa. Kini pantai tersembunyi ini pun mulai ramai dikunjungi wisatawan dalam tour Bali mereka, meski masih tak seramai di pantai kuta.

patung-di-jalan-pantai-pandawa-baliNama pandawa diambil dari kisah Mahabarata. Hal ini dikarenakan terdapat patung panca pandawa yang bisa anda lihat ketika memasuki pantai. Patung Pandawa Lima, yaitu: Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa diukir dengan indah dan uniknya dan disimpan di dalam tebing-tebing kapur.  Dari bawah pantai ke arah Barat anda dapat melihat patung-patung ini secara berurutan dan bersamaan. Tebing-tebing kapur ini mengelilingi dan dibelah untuk akses menuju pantai pandawa. Dengan kehadiran tebing-tebing ini akses menuju pantai terasa unik dan megah.  Selain patung pandawa, ukiran-ukiran di dinding tebing juga cukup memanjakan mata anda sebelum menuju pantai.jalan-menuju-ke-pantai-pandawa

Selain pandawa, pantai ini juga disebut sebagai pantai Kutuh. Karena pantai ini berlokasi di desa Kutuh, Kecamatan Kutu Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Dari Nusa Dua, pantai ini hanya berjarak 3 km atau satu jam dari Bandara Ngurah Rai. Lokasi pantai ini juga begitu dekat dengan Garuda Wisnu Kencana. Anda perlu bersabar tatkala melintas di depan GWK karena daerah ini termasuk daerah rawan macet. Apalagi jalan menuju pantai pandawa cukup berliku.

Pantai Pandawa, Bali 2013--2Lanskap pantai sepanjang satu kilometer ini cukup menyejukkan mata. Pasir putihnya terhampar di sepanjang pantai. Airnya yang bersih dan jenih disertai deburan ombak yang berkejaran. Meski kini mulai ramai, namun anda masih bisa merasakan ketenangan di pantai yang indah. Anda juga bisa menyaksikan kegiatan masyarakat sekitar yang umumnya beprofesi sebagai petani rumput laut. Dengan kontur pantai yang landai dan ombak tidak sampai di garis pantai, membuat pantai pandawa tempat yang cocok untuk membudidayakan rumput laut.

Pantai Pandawa, Bali 2013--10Selain berenang, aktivitas pantai yang bisa anda lakukan di pantai ini misalnya kano. Anda bisa menyewa perahu kano dengan membayar Rp 15.000 yang bisa anda gunakan untuk berdua. Selain itu anda juga bisa melihat pemandangan pantai pandawa dari atas dengan mencoba paragliding atau paralayang. Namun untuk memulainya anda harus menuju Bukit Timbis yang merupakan pusat kegiatan paralayang di Bali. Anda tidak perlu khawatir karena lokasinya hanya beberapa kilometer dari pantai ini. Ada pula pemandu yang akan mendampingi anda jika anda baru pertama mencoba paralayang.

Pantai Pandawa, Bali 2013--7Anda juga bisa dengan mudah menemukan tempat makan di sekitar pantai yang menyediakan berbagai menu seperti nasi goreng, mie goreng, berbagai hidangan laut dan makanan barat. Anda bisa menikmati pemandangan di pantai pandawa sembari makan jagung bakar dan minum es kelapa muda. Anda juga bisa mencoba pijat refleksi yang dikenakan biaya sebesar Rp 40.000 untuk 30 menit, dan Rp 70.000 untuk satu jam. Anda juga bisa menyaksikan upacara hindu “melasti” yang memberikan atraksi yang begitu mengesankan. Untuk akomodasi, anda bisa menggunakan hotel di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/976/pantai-pandawa-keindahan-tersembunyi-di-bali-selatan
  • http://balitour.net/id/view/pantai-pandawa-objek-wisata-baru-di-bali-yang-sedang-naik-daun/
  • http://www.water-sport-bali.com/pantai-pandawa/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *