Pantai Sendang Biru, Malang

Share Button

Selain punya unggulan objek wisata Balai Kambang, Kota Malang juga mempunyai objek wisata yang tak kalah cantiknya yaitu Pantai Sendang Biru. Jernih air lautnya menjadi daya tarik pantai ini. Oleh kebanyakan orang, Pantai sendang Biru dikenal sebagai pintu masuk menuju Pulau Sempu.

Nama Sendang Biru berasal dari bahasa Jawa, yaitu yang berarti sumber air yang berwarna biru. Pantai ini berada di Desa Sumber Agung, Kecamatan Sumbermanjing, Malang. Persis terletak di seberang Pulau Sempu.

Selain digunakan sebagai objek wisata ataupun jembatan ke Pulau Sempu, pantai ini juga digunakan sebagai tempat pelelangan ikan di Kota Malang. Pemandangannya sangat indah, pasir putihnya dan air laut yang biru jernih menambah daya tarik di pantai ini.

Belum lagi berjejeran perahu nelayan yang terparkir rapi di tepi pantai. Kapal itu pun tidak hanya digunakan sebagai para nelayan, tetapi ada juga yang disewakan bagi para wisatawan.

Anda bisa menyewa kapal tersebut untuk berkeliling di sekitar pantai. Biaya yang dipatok tidak terlalu mahal, hanya Rp 100.000 untuk kapal motor dan Rp 50.000 untuk kapal yang didayung. Di tengah laut anda bisa melihat ke bawah.

Di sana pemandangan bawah lautnya sangat jelas terlihat. ikan-ikan kecil yang berenang di sela-sela karang membuat pengalaman anda mengunjungi Pantai Sendang Biru tak terlupakan. Di kawasan ini juga masih ada-adat yang selalu dijalankan oleh masyarakat setempat.

Mereka akan menyeberangi laut menuju Pulau Sempu untuk mengambil air tawar yang dinilai keramat. Jika anda ingin menyaksikan tradisi tersebut, datanglah ke Pantai Sendang Biru pada tanggal 7-8 bulan Syawal.

Saat ini secara resmi pantai tersebut dikelola oleh perusahaan Negara milik Forestay. Maka dari itu terdapat beberapa fasilitas untuk menunjang pariwisata di tempat wisata ini, seperti tempat makan atau kios-kios penjual makanan ringan dan kios-kios penjual souvenir.

Untuk mencapai pantai ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.
Setelah anda puas menikmati keindahan Pantai Sendang Biru, tidak ada salahnya jika sekalian mengunjungi Pulau Sempu, dari Pantai anda hanya bisa menggunakan perahu untuk mencapai Pulau Sempu tersebut.

Di sana terdapat lebih dari 223 jenis tumbuhan, 144 lebih jenis burung spesies baru, hewan mamalia dan hewan langka lainnya. Nama Pulau Sempu sendiri sebenarnya berasal dari nama sejenis tanaman obat yang saat ini amat langka, yakni pohon sempu.

Anehnya meskipun bernama demikian, tak satupun ada pohon sempu yang masih berdiri di areal hutan pantai pulai ini. Malah kebanyakan pohon jenis lain yang tumbuh subur disana, semisal Bendo dan pohon-pohon raksasa lainnya. Kawasan yang berstatus cagar alam tersebut memiliki hutan yang masih terjaga dengan baik.

Jika anda ingin berlibur beberapa hari di taman wisata ini, anda tidak perlu khawatir, karena sekitar daerah ini banyak terdapat penginapan atau hotel-hotel yang berbintang :

Atau jika ingin berwisata yang anti ribet, anda bisa ikut paket tour murah Malang di 1001malam.

Referensi :

  • http://www.eastjava.com/tourism/malang/ina/sendang-biru.htm
  • http://malangraya.web.id/2009/07/12/mengeksplorasi-pesona-wisata-petualangan-alam-pulau-sempu/http://
  • infobatumalang.blogspot.com/2011/08/pulau-sempu-sempu-island.html
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *