Pantai Senggigi, Lombok

Share Button
Pantai Senggigi
Pantai Senggigi

Pantai Senggigi terletak di sebelah barat pesisir pulau Lombok, luasnya membentang sekitar 10 km. Pantai ini dapat diakses dari Pulau Bali dari pelabuhan Karang Asem menggunakan kapal feri menuju Senggigi dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. 

Bisa juga diakses dari pelabuhan Padang Bay Bali menggunakan kapal feri menuju pelabuhan Lembar di pulau Lombok. Namun alternatif akses ini memerlukan waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 4 jam.

Tapi jangan khawatir, dalam perjalanan yang memakan waktu lumayan lama ini, anda akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah dan juga munculnya ikan lumba-lumba yang saling berkejaran mengikuti kapal.

Pantai ini belum begitu ramai dikunjungi wisatawan, sehingga membuatnya masih asri dan alami. Pantai ini juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah, yang tidak kalah dengan beberapa pantai di Bali. Anda bisa sepuasnya ber-snorkeling di pantai ini karena ombaknya yang relatif tenang.

Sunset @ Senggigi
Sunset @ Senggigi

Selain pantai, di sini anda juga dapat menjumpai obyek wisata lain, yaitu Pura Batu Bolong. Untuk sampai di Pura Batu Bolong ini, anda dapat berjalan menyusuri pantai selama kurang lebih 30 menit. Di sini anda akan menemukan sebuah pura yang dibangun di atas karang di pinggir pantai.

Selain itu anda juga bisa melakukan aktifitas lain seperti berenang, bermain air, menyelam, berjemur, dan bermain–main membuat istana pasir. Dan satu lagi yang tidak kalah menarik adalah melihat matahari tenggelam di sore hari.

Hal lain yang menarik untuk dilakukan lagi adalah menyusuri Senggigi pada malam hari, khususnya saat purnama tiba. Pengunjung akan menemui banyak orang atau warga sekitar yang memanfaatkan hangatnya pasir Senggigi untuk terapi kesehatan. Mereka mengubur sebagian atau seluruh tubuh sampai leher selama 2—3 jam, sembari mendengarkan deburan ombak yang memecah kesunyian.

Terapi ini diyakini masyarakat sekitar dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti pegel linu hingga kelumpuhan. Jika tertarik dengan aktivitas ini, wisatawan dapat ikut bergabung dan mencobanya. Atau bisa juga anda mengikuti paket tour Lombok yang banyak disediakan travel agent agar mudah jalan-jalan ke tempat ini.

Wisata Batu Bolong
Wisata Batu Bolong

Di sekitar Pantai Senggigi banyak terdapat penginapan yang bisa dijadikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda. Mulai dari hotel berbintang, resor, hotel melati hingga pemondokan. Berikut daftar beberapa hotel yang ada di sana :

 

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Senggigi
  • http://malangnews.blogspot.com/2012/02/pesona-wisata-pantai-senggigi-di-lombok.html
  • http://www.lombok-travelnews.com/id/senggigi-lombok.htm
  • http://www.pasirpantai.com/balintb/lombok/pantai-senggigi-lombok/

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *