Pantai Tanjung Aan dengan Pasir Uniknya

Share Button

pantai tanjung aanPulau Lombok memiliki keindahan yang tak kalah menariknya dengan pulau Bali. Beberapa pantai di pulau ini bahkan memiliki keunikan tersendiri yang mengundang decak kagum anda, para penikmat keindahan pantai. Tengok saja pantai Tangsi yang merupakan salah satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna pink. Kini ada lagi pantai di Lombok yang memiliki keunikan dengan dua warna pasir di satu garis pantainya yang panjang. Pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai Kuta Lombok ini bernama pantai Tanjugn Aan. Kenalan yuk dengan pantai berpasir unik ini.

bau-nyale-ritualPantai Tanjung Aan berada di Lombok sebelah selatan dan merupakan asal cerita rakyat Putri Mandalika, yakni putri dari Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting yang teramat sangat cantik jelita. Karena kecantikannya, Putri ini pun banyak dipinang oleh pangeran dari negeri-negeri tetangga. Karena tak ingin terjadi permusuhan, maka sang putri pun mengumpulkan pangeran-pangeran tersebut beserta rakyat di pantai ini dan ia sendiri kemudian loncat ke dalam laut dan tak kunjung keluar. Hingga akhirnya para pangeran dan rakyat mencarinya, namun tak ada yang berhasil menemukan sang puteri. Sebaliknya yang keluar adalah cacing laut warna-warni. Cacing ini dipercayai sebagai penjemlaan dari sang puteri. Oleh karenanya setiap bulan Februari atau Maret di pantai ini terdapat upacara Bau Nyale yang berarti berburu cacing laut. Ritual ini berlangsung pada saat subuh seperti waktu ketika sang puteri mengumpulkan para pengeran di pantai.

084937_tanfot6Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki ombak yang cukup besar karena volume air lautnya yang membesar pada sore hari sehingga cocok bagi anda para pecinta salah satu olahraga air, surfer. Meski demikian, di pagi dan siang hari, ombak di pantai ini cukup tenang dan tak terlalu dalam, sehingga anda bisa leluasa bermain air atau pun berenang. Apalagi air di pantia ini cukup jerih dengan warna biru yang mendominasi dan memiliki pemandangan yang menakjubkan, terutama pasirnya yang begitu unik.

pasir pantai tanjung aanDi sepanjang garis pantainya yang mencapai 2 km, terdapat dua warna pasir. Pasir berwarna putih yang begitu lembut bisa anda jumpai di sisi sebelah kanan pantai. Anda bisa menikmati kelembutan pasirnya sambil bertelanjang kaki. Anda pun bisa berjemur di atas pasirnya yang lembut ini sembari menikmati keindahan pantai. Sebaliknya jika anda berjalan di sebelah kiri pantai, anda akan menumpai pasir berwarna krem dengan permukaan pasir yang besar-besar mirip merica. Sebuah batu karang besar tampak memisahkan kedua pasir tersebut. Hal inilah yang menjadi daya tarik utama pantai ini. Anda bisa naik ke atas batu karang ini dan melihat keindahan pantai secara leluasa. Selain itu, anda juga bisa memancing dengan duduk di atas batu karang tersebut.

bukit di pantai tanjung aanSelain pasirnya yang unik, pantai ini juga dikelilingi dengan perbukitan. Anda tidak akan menjumpai deretan tempat tinggal penduduk di sekitar pantai. Karenanya suasana di sekitar pantai pun terasa begitu tenang. Namun anda tidak perlu khawatir karena di sekitar pantai telah disediakan beberapa kamar mandi untuk anda gunakan membasuh diri usai bermain di pantai. Anda juga bisa menggunakan payung yang terbuat dari kayu dan beratapkan jerami untuk menikmati keindahan pantai sambil mencicipi segarnya es kelapa muda. Anda juga bisa memenuhi panggilan perut anda di beberapa restoran di sekitar pantai. Namun sayangnya, untuk penginapan anda harus mencarinya di daerah Lombok Tengah atau pun daerah Mataram. Karena di sekitar pantai yang berjarak 3 km dari pantai kuta dan 7.5 km dari Mataram ini tak ada penginapan. Beberapa hotel murah di Lombok yang bisa anda gunakan misalnya:

Untuk lebih mudahnya perjalanan anda ke Lombok, anda bisa mengikuti wisata lombok.

Refrensi:

  • http://id.lombokindonesia.org/pantai-tanjung-aan-lombok/
  • http://travel.detik.com/readfoto/2013/08/02/084831/2322116/1384/5/tanjung-aan-lombok-satu-pantai-dua-jenis-pasir
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *