Pantai Tanjung Tinggi, Belitung

Share Button

Pantai Tanjung Tinggi atau yang biasanya disebut dengan Pantai Bilik terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk kurang lebih sekitar 30km dari Kota Tanjung Pandan.

Di pantai ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi ataupun Sang pemimpi. Pantai Tanjung Tinggi ini berpasir putih halus dihiasi tebaran ratusan granit raksasa dengan air lautnya yang berwarna kehijauan serta ombaknya yang tenang.

Ombak yang tenang di pantai ini adalah karena posisinya yang merupakan sebuah teluk kecil dengan panjang kurang lebih 100meter yang diapit oleh 2 semenanjung. Batu-batu granit yang ada di kawasan ini dapat berukuran ratusan kubik. Tumpukan batu-batu granitnya membentuk bukit-bukit di sepanjang pantai serta lorong-lorong ataupun goa-goa kecil yang menyekat-nyekat pantai Tanjung Tinggi sendiri.

Pengunjung tour Belitung selain dapat bermain dengan pasir putihnya yang lembut dapat juga berenang di pantainya dengan melewati lorong-lorong batu granit raksasa dengan dan memanjat batu-batu untuk melihat pemandangan Tanjung Tinggi atau dapat berfoto-foto disini. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar, air lautnya yang sangat jernih dengan permukaan bawah laut yang berpasir.

Setelah masuk di kawasan wisata ini, anda akan takjub melihat batu-batu yang sangat besar, apalagi bentuk-bentuknya yang cekung seperti gua lalu bertumpuk sampai ke batu-batu yang terdampar di tepi laut.

Ada beberapa versi yang menjelaskan tentang asal-usul batu granit tersebut, salah satunya adalaeh teori tentang letusnya Gunung Krakatau di Selat Sunda pada tahun 1883. Saking dahsyatnya letusan tersebut, bebatuaannya pun terbang hingka ke Belitung dan sebagian menancap di Tanjung Tinggi.

Salah satu batu menarik lainnya adalah batu terjepit yang dimana menunjukkan suatu sudut di antara bebatuan. Ada suatu batu yang dimana ketika anda berfoto di dalam celah batunya, sesaat tubuh anda seperti menghilang.

Dahulunya tempat ini adalah pelabuhan bagi nelayan di Desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Masyarakan disini selalu ramah terhadap tamu atau wisatawan yang berkunjung di tempat wisata ini.

Di pantai ini juga terdapat beberapa tempat makan yang menyediakan menu-menu masakan laut dan kuliner lokal seperti gangan serta minuman kelapa muda.
Untuk menuju lokasi ini diperlukan waktu sekitar setengah jam perjalanan darat menuju pantai ini. Dari Tanjung Pandan anda bisa menggunakan ojek atau mobil pribadi untuk menuju lokasi ini.

Anda tidak perlu khawatir unuk mencari penginapan di sekitar wisata ini. Banyak penginapan atau losmen yang disediakan warga sekitar. Jika anda mencari hotel yang berbintang anda bisa mencarinya di sekitar Kota Bangka seperti :

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *