Pasar Baru Trade Center: Belanja Murah, Lengkap, Nyaman

Share Button

pasar_baru_trade_center_bandung2Paris Van Java tak hanya terkenal dengan wisata dan aneka kulinernya, tapi juga terkenal dengan busananya. Produk busana Bandung buka hanya fashionable tapi juga terkenal murah. Tak heran jika Bandung menjadi surga belanja bagi para shopper dan tempat kulakan bagi para pedagang baju. Dan salah satu tempat favorit belanja di Bandung adalah Pasar Baru Trade Center atau Pasar Baru Bandung. Bukan hanya bagi shopper Bandung tapi juga bagi para shopper di luar Bandung, bahkan Singapura, Brunei Darussalamm dan Malaysia. Bukan hanya karena barang yang ditawarkan begitu murah dan lengkap, namun juga karena lokasi pasar ini yang strategis, yakni di jalan  di Jalan Otto Iskandar Dinata, Bandung dan tidak jauh dari Jalan Asia Afrika.

pasar baru 1880Pasar Baru Trade Center bisa dikatakan sebagai pasar modern tertua di Bandung. Pasar ini dibangun sejak zaman Hindia Belanda pada tahun 1884 dengan nama pasar Baroeweg. Pasar ini merupakan pengganti dari pasar Tjigoeriang yang terbakar dalam peristiwa Munada pada 30 Desember 1842. Peistiwa ini berawal dari Munada, seorang Cina-Islam yang menyelewengkan uang pengadaan alat transportasi kereta angkutan hingga akhirnya di penjara. Ia kemudian balas dendam denga membakar pasar Tjigoeriang hingga membuar para pedangan tercerai-berai dan kehidupan ekomoni terganggu. Dan di tahun 1884 itulah keadaan baru bisa berjalan normal sehingga pembangunan pasar Baroeweg dapat dilakukan.

pasar-baru 1930-anDi tahun 1906 pasar Baroeweg kembali dibangun dengan jajaran toko di bagian depan dan los di bagian belakang. Selanjutnya di tahun 1930-an, banguna toko di pasar ini sudah berbentuk permanen dan bertingkat. Hingga akhirnya di tahun 1935 pasar ini meraih gelar  pasar terbersih dan teratur se-Hindia Belanda. Baru di tahun 1970 pasar ini menjadi pasar modern pertama di Bandung dengan nama Pasar Baru Bandung. Meski demikian, kesan tradisional dari pasar ini tidak pernah hilang. Di tahun 2001, Pasar Baru kembalii dibangun menjadi pusat pertokoan bertingkat yang menawarkan berbagai barang lengkap, mulai dari kebutuhan pangan hingga kebutuhan sandang. Dua tahun kemudian, tepatnya pada 21 Agustus 2013, Wali Kota Bandung meresmikan Pasar Baru dengan nama Pasar Baru Trade Center.

Pasar Baru30Pasar Baru Trade Center cukup besar dan luas serta terdiri dari 8 lantai. Rasanya dibutuhkan waktu lebih dari satu hari untuk mengelilingi pasar ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena terdapat fasilitas AC Central, escalator, dan lift yang akan memberikan kenyamanan pada anda selama berbelanja. Untuk penjual. Untuk berbelanja di sini, anda bisa melakukan secara grosir atau pun eceran. Jika anda ingin membeli secara grosir anda bisa mendatangi lantai bassement 1 dan lantai dasar 1 atau 2. Jangan lupa untuk melakukan tawar-menawar terhadap barang yang anda beli, kecuali jika pada barang tersebut sudah ada labelnya. Akan lebih baik jika anda berkeliling pasar terlebih dahulu untuk bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Jangan lupa untuk mencatat barang yang anda beli agar terhindar dari pembelian barang yang tidak dibutuhkan. Serta perhatikan pula kualitas barang agar harga yang anda bayar sebanding dengan barang yang anda dapatkan.

Pasar Baru29Di lantai satu sampai lima, anda bisa menemukan berbagai komoditi sandang, mulai dari tekstil, busana muslim, busana casual, busana pesta, jeans, batik, jilbab, mukena, Perlengkapan Bayi, Perlengkapan Haji , seragam sekolah, sprey , bed cover, dan lain sebagainya. Selain berbagai kebutuhan sandang, anda juga bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Bandung di pasar ini. Mulai dari berbagai aksesoris, sepatu, dan Tas. Ada pula jam tangan, kacamata gaya, kacamata optik hingga handphone dan aneka obat-obatan / obat herbal. Berbagai makanan khas Jawa barat juga bisa anda temukan, seperti dodol, wajit, ranginang, tempe garing, oncom garing, peuyeum , pisang sale, dan yang lainnya. Di lantai dasar, bassement B1 dan B2, anda bisa menemukan aneka kebutuhan  sembako mulai dari sayur-sayuran, bumbu dapur, beras, daging, ikan segar, ikan asin, telur, aneka kue basah dan buah-buahan serta yang lainnya.foodcourt-level-6

Puas berkeliling pasar, anda bisa mengisi perut di lantai 6 tempat Bandung Food Center. Tersedia berbagai outlet makanan dan minuman, mulai dari tradisional, Chinese food, India dan Eropa. Sambil menikmati makanan, anak-anak anda bisa bermain aneka permainan elektronik. Namun jika anda tidak mau ke lantai 6, beberapa pedagang asongan yang berseragam resmi manajemen pasar siap menjajakan aneka makana dan minuman ringan.

pasar baru bandungFasilitas lain yang juga disediakan pasar ini adalah toilet yang teresebar di semua lantai, parkir yang luas mulai dari lantai 2 hingga 8, masjid di lantai 8, ATM Center yang berada di Lantai 4, Money Changer di lantai 3, dan Jasa Kiriman barang / Paket ada di lantai 2 Adan 3. Pelayanan Kantor Pos bisa anda temukan di Lantai 5 dan juga beberapa bank yang membuka kantor disini seperti Bank BJB, Bank Mandiri, Bank Nagari, Bank Swadeshi, dan Bank Danamon.

Untuk akomodasi, anda tidak perlu khawatir karena banyak hotel murah di Bandung yang bisa anda gunakan, seperti:

Refrensi:

  • http://wisata.kompasiana.com/jalan-jalan/2013/11/05/trip-ke-pasar-baru-bandung–605509.html
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/638/pasar-baru-trade-center
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.