Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Share Button

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional yang letaknya di kawasan Malioboro, Yogyakarta. Pasar ini sangat terkenal dengan koleksi batiknya, baik berupa kain batiknya langsung atau produk garmen lainnya seperti tas, daster, piyama dll. Sebagai pasar Tradisional terbesar, Beringharjo tumbuh berkembang seiring berkembangnya Kota Yogyakarta. Bangunannya berkonstruksi beton merupakan pasar tertua yang memepunyai nilai historis dan filosofis yang tidak dapat dipisahkan dengan Keraton Yogyakarta. Bila dilihat dari sejarahnya, pasar ini sudah melewati tiga tahap fase yaitu kerajaan, penjajahan dan kemerdekaan.
Ciri khas dari bangunan Pasar Beringharjo ini dapat dilihat dari interior bangunan yang merupakan perpaduan antara gaya tekstur kolonial dan tradisional Jawa. Meski namanya pasar tetapi Beringharjo dapat dikatakan cukup modern karena meskipun letaknya di pusat kota tetapi tidak pernah bergeming oleh kehadiran pusat belanja modern di sekitarnya. Secara umum pasar ini terdiri dari dua bangunan yang terpisah yaitu bagian barat dan timur. Bangunan pertama terdiri dari dua lantai dan bangunan kedua terdiri dari tiga lantai. Pintu masuk utama pasar ini tepat menghadap jalan Malioboro dan pintunya bertuliskan Pasar beringharjo dengan aksara latin dan aksara jawa. Salah satu yang menjadi daya tarik utama Pasar Beringharjo adalah keberadaan pusat batik yang berada di lantai dasar bangunan utama.Bukan hanya Batik buatan Jogja atau Solo  tetapi batik Pekalongan juga. Hampir semua perlengkapan rumah tangga, kebutuhan pokok, kerajinan sandang, aksesoris, cedera mata, buah-buah an, sayuran, sampai sajian khas kuliner bisa anda jumpai di pasar ini dari dini hari atau malam hari.
Pasar Beringharjo sendiri lokasinya di jantung Kota Yogyakarta, Jln Pabringan no.1 DIY. Berada di ujung selatan kawasan Malioboro dan berdampingan dengan Benteng Vredeburg, Taman Budaya Yogyakarta dan Shoping Center. Untuk berkunjung disini tidak terlalu sulit karena letaknya tepat di pusat Kota Yogyakarta sekitar 8 km dari Bandara Adisutjipto, 6 km dari Terminal Giwangan, 3 km dari dari  Stasiun Lempuyangan dan 1 km dari Stasiun Tugu. Selain komponen utama yang menggunakan kios-kios , kantor, gudang, di pasar ini juga disediakan parkir yang luas , sarana bongkar muat, sarana pengaman, tempat penitipan anak, tempat penitipan barang, arena bermain anak, pusat pelayanan kesehatan, ATM, koperasi pasar, restaurant, mosshola dan toilet. Jika anda ingin mencari hotel sekitar sini, anda tidak perlu khawatir karena banyak hotel di sekitarnya seperti:

Referensi:

  • http://jogjatrip.com/id/122/Pasar-Beringharjo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *