Pasar Imlek Semawis, Semarang

Share Button

Pasar Imlek Semawis merupakan pasar malam yang terdapat di daerah Pecinan, Semarang tepatnya di Jalan Wotgandul Timur berada di Gang Baru, Gang Belakang, Gang Tengah dan Gang Besen. Pasar ini diselenggarakan pada waktu pergantian tahun kalender Tionghoa yaitu tahun baru Imlek. Pertama kali dibuka pada tahun 2004 dan sebagai rasa syukur, warga Tionghoa kemudian mengadakan pasar malam sebagi tradisi tahunan.

Ide pertama munculnya gagasan ini adalah dari Komunitas Pecinan Semarang, selain untuk memeriahkan pergantian tahun baru tujuan lainnya adalah mempromosikan sekaligus sebagai media pembelajaran keanekaragaman yang ada di Indonesia. Selain itu ciri khas lain pasar malam ini adalah yang diselenggarakan di gang-gang bukan di lapangan-lapangan pada umumnya. Hal ini dilakukan supaya semua lapisan masyarakat dapat menikmatinya tanpa memandang suku, agama, ras serta strata sosial.

Bagi anda penyuka wisata, pasar ini sangat cocok untuk anda. Selain merupakan tempat perbelanjaan anda juga dapat menyaksikan media hiburan secara terbuka. Keistimewaan lainnya di pasar ini adalah menyediakan pula makanan khas dari berbagai kota di Indonesia dan beberapa negara tetangga lainnya.

Makanan khas Semarang sendiri pun tidak kalah banyaknya seperti kue serabi, wedang tahu, bubur kacang, nasi pecel, mie pangsit,lumpia, tahu pong, es marem, pia, dan masih banyak lainnya. Selain para pedagang makanan, masih banyak lagi pedagang pernak-pernik Imlek seperti lampion, boneka, gantungan kunci, souvenir, tas, baju, lukisan, patung, aksesoris, qibao, dan lain-lain.

Terdapat juga macam-macam batik buatan lokal seperti batik encim, batik lasem, dan batik Pekalongan. Untuk fasilitas lainnya adanya panggung hiburan bermacam seni yaitu seni suara, seni musik, seni bela diri. Seni suara yang dipentaskan pun meliputi lagu mandarin, lagu pop, kesenian gambang Semarang, lagu Jawa, dan rebana ala Arab.

Sedangkan seni tari yang dipentaskan meliputi tari tradisional dari Indonesia dan Cina, . Hal yang menarik ketika anda berkunjung kesini adalah anda dapat berfoto dengan memakai pakaian adat Tionghoa, pakaian adat Cina, bahkan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesaia dengan menyewa stand pameran.

Tidak hanya menikmati wisata belanja dan seni pertunjukan, anda juga dapat menambah wawasan dengan mengunjungi pameran buku . Pasar ini mulai dibuka pada pukul 18.00 dan berakhir sampai tengah malam.

Untuk menikmati pasar malam ini, anda tidak dipungut biaya sama sekali. Namun bagi anda yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil atau motor anda hanya dikenai biaya parkir saja.

Di kawasan Pasar Imlek Semawis terdapat berbagai macam fasilitas lainnya seperti area parkir yang luas, kamar mandi, menara siaran, tempat bersantai, pusat informasi dll. Bagi anda yang ingin menginap terdapat berbagai macam penginapan dan hotel seperti:

Referensi:

  • http://www.wisatamelayu.com/id/tour/833-Pasar-Imlek-Semawis/navgeo
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *