Pemandangan Menakjubkan Danau Maninjau

Share Button

danaumaninjauKota Padang tak hanya terkenal dengan masakannya yang berbalut bumbu yang kaya akan rempah-rempah dengan kuah kental dan sambal cabai hijau. Namun kota ini juga memiliki sejumlah wisata alam yang akan membuat siapa pun ketagihan untuk kembali bertandang, layaknya ketagihan masakan Padang yang menggoda lidah. Salah satunya adalah Danau Maninjau yang secara administrasi masuk dalam Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Namun danau ini berjarak tak terlalu jauh dari Kota Padang, hanya sekitar 140 km di sebelah utaranya. Sementara jika dari Bukittinggi sekitar 36 km. Anda bisa mengikuti paket tour ke Padang untu menikmati keindahan Danau Maninjau. Danau ini menawarkan keindahan dan ketenangan yang luar biasa sehingga bisa menjadi tempat untuk menenangkan diri yang tepat. Anda yang penat dengan segala rutinitas ataupun berbagai permasalahan yang anda hadapi, cobalah untuk menenangkan diri di Danau Maninjau.

danau-maninjauDanau seluas 100 m² tersebut menawarkan lukisan alam yang menakjubkan. Apalagi dengan lokasi danau yang berada di ketinggian 461 meter di atas permukaan laut semakin menawarkan surga bagi siapa saja yang ingin menikmatinya. Air danaunya yang berwana kebiruan nampak begitu jernih. Berpadu dengan hijaunya Bukit Barisan yang mengelilinginya. Danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanik ini memiliki kedalaman hingga 495 meter. Dengan luas dan kedalaman yang dimiliki menempatkan Danau Maninjau sebagai salah satu dari sebelas danau terluas di Indonesia sekaligus danau terluas kedua di Sumatera Barat setelah Danau Singkarak. Dalam kepercayaan masyarakat setempat, keberadaan danau ini merupakan akibat dari letusan Gunung Tinjau lebih dari 52.000 tahun yang lalu. Keberadaannya pun berkaitan dengan cerita rakyat setempat, yakni Bujang Sambilan.books(1)

Bujang Sambilan adalah 9 orang pemuda dalam satu keluarga. Mereka memiliki seorang adik perempuan bernama Sani yang saling jatuh cinta dengan anak pemangku adat bernama, Gani. Awalnya hubungan keduanya direstui masing-masing keluarga. Hingga kemudian pada acara Gelanggang Perhelatan, yakni adu ketangkasan silat antar pemuda di kampung mereka, si Sulung dari Bujang Sambilan, bernama Kukuban, kalah melawan Gani hingga menyebabkan ia patah tulang. Karena kejadian itu Kukuban pun dendam dengan Gani dan menolak hubungan antara Gani dan Sani.

bersampan di danau maninjauHingga suatu ketika Kukuban memergoki Gani yang sedang mengobati paha Sani dan mengira mereka melakukan hal yang tidak pantas. Untuk membuktikan bahwa mereka tidak bersalah, Gani dan Sani pun terjun ke kawah Gunung Tinjau dimana jika mereka bersalah maka tubuh keduanya akan hancur. Sebaliknya jika mereka tidak bersalah maka Gunung Tinjau akan meletus dan menenggelamkan desa. Seusai Gani dan Sani terjun ke kawah, tiba-tiba terjadi letusan Gunung Tinjau yang semakin meluas hingga membuat gunung tersebut luluh lantah dan memperluas kawah hingga terjadilah Danau Maninjau.

jalan menuju danau maninjauUntuk menuju Danau Maninjau terlebih dahulu anda harus melewati jalan yang berliku dan cukup curam. Namun disepanjang perjalanan anda akan disuguhi dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Setibanya di sana anda bisa bersantai ataupun berdayung di sekitar danau. Semua keindahan di sekitar Danau Maninjau bisa anda abadikan dalam jepretan kamera. Untuk mendapatkan view yang lebih menyeluruh anda bisa menaiki salah satu puncak bukit barisan yang bernama Puncak Lawang. Jadi berlibur ke Padang anda tidak hanya menemukan masakan kaya rempah namun juga pemandangan indah yang berkaitan dengan kekayaan budaya lokal.

Refrensi:

  • http://ceritarakyatnusantara.com/id/folklore/91-asal-usul-danau-maninjau#
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Danau_Maninjau
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *