Pemandian Wendit, Malang

Share Button

Taman rekreasi dan Pemandian Wendit terlatak di Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Lokasinya terletak di tepi kanan jalan utama kea rah Gunung Bromo melalui Tumpang. Disini menyediakan kolam renang alami serta buatan yang sangat luas baik untuk dewasa maupun anak-anak. Tersedia pula Perahu Duyung, Water Boom, Bom-bom Car, Water Technology berupa Kolam Gelombang dan Kolam Arus, Worm Coaster, Sepeda Air dan Carousel. Untuk fasilitas lainnya seperti Restoran, Restoran Apung, Outbond Spa, Pentas Musik, Food Centre, Spa serta berjejernya toko yang menjual cedera mata khas Wendit.
Wisata ini mempunyai acara yang khas di setiap Bulan Syawal dimana taman wisata ini dipenuhi pengunjung yang ingin merayakan hari Lebaran sampai dengan hari Ketupat Lebaran. Biasanya dengan mengadakan macam-macam hiburan serta mendatangkan artis-artis terkenal sekitar tanggal 1 sampai 11 Syawal. Konon kepercayaan masyarakat sekitar jika anda mandi di kola mini bisa berkhasiat membuat wajah anda tampak awet muda.

Daya tarik lainnya yang khas disini adalah adanya puluhan kera yang jinak dan bebas berkeliaran di hutan kecil daerah Wendit dan menghuni pepohonannya. Bebrapa arca kuno juga dapat dilihat di taman ini dan dapat diperoleh cindera mata kerajinan penduduk setempat. Di dalam tamna rekreasi ini juga terdapat monument pesawat Mig-19 yang dulunya berpangkal di Abdul Rachman Saleh dan mata air Wendit merupakan salah satu sumber bagi PDAM Kota Malang. Beberapa sejarah menyatakan bahwa nama Wendit sendiri berasal dari kata Wendito yang berarti Pendito atau Pendeta. Asal-usul Wendit sendiri terjadi dikarenakan adanya pergeseran Gunung Widodaren yang termasuk salah satu gunung dalam gugusan Pegunungan Bromo.

Pemandian Wendit sendiri aslinya tidak diubah supaya akar sejarah dan budayanya yang melekat di pemandian tetap terjaga pelestarian alam dan satwanya yang menjadi tempat peristirahatan Raja Majapahit Hayam Wuruk. Wendit sendiri memiliki peran sebagai penghubung wisata yang berkesinambungan bagi wisatawan yang akan menuju Gunung Bromo dan Wisata Agro Poncokusumo. Di dalam wisata ini bnayak disediakan berbagai macam makanan, harganya oun sangat terjangkau. Kamar mandi juga disediakan di berbagai titik. Banyak pula penginapan dan hotel seperti

Referensi

  • http://wa-iki.blogspot.com/2011/03/pemandian-wendit-andalan-baru-wisata.html
  • http://malangvisitors.wordpress.com/2013/01/24/taman-rekreasi-dan-pemandian-wendit/

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *