Pesona Curug 7 Bidadari

Share Button

tujuh-bidadari-bandunganJika anda berkunjung ke gunung unggaran, sempatkanlah untuk bermain air di Curug 7 Bidadari yang terletak di lereng gunung. Curug 7 Bidadari merupakan wisata air terjun paling indah dan terbaik di Semarang. Curug 7 Bidadari ini berada di Desa Keseneng, Kecamatan Sumowono. Kabupaten Semarang. Dari wisata Bandungan ke air terjun ini hanya berjarak 9 km. Sedangkan jika dari Candi Gedung Songo hanya berjarak 7 km.

Untuk menuju Curug Tujuh Bidadari cukup mudah. Karena anda akan menemukan banyak penanda jalan untuk bisa sampai ke air terjun ini. Jika dari arah Bandungan, kita tinggal meneruskan perjalanan ke arah Pasar Sumowono. Kemudian mengambil arah ke Boja atau Semarang. Dari pasar kita akan melihat asrama militer di kiri jalan. Setelah asrama ada akan melihat petunjuk ke arah curug. Anda tinggal mengikuti arah yang ada di sepanjang jalan. Dan sekitar 3 km kemudian kita akan sampai di lokasi.

Dalam bahasa sunda, curug berarti air terjun. Dan air terjun ini dinamakan Curug 7 Bidadari karena memiliki curug berjumlah tujuh yang terbentuk secara alami. Dalam cerita masyarakat setempat, curug ini berhubungan dengan cerita rakyat tentang bidadari yang terkena kutuk. Bidadari itu pun turun ke curug untuk mengobati diri dan mandi dicurug bersama enam teman bidadari lain.

bidadairAda tiga tingkatan di Curug 7 Bidadari. Pada tingkatan pertama hanya ada satu air terjun. Sedangkan pada tingkatan kedua terdapat dua air terjun. Jarak antara tingkatan pertama dan kedua mencapai 6 m dengan kedalaman kolam 2 m. Di tingkatan ketiga terdapat empat air terjun yang berdampingan. Jarak antara air terjun kedua dengan air terjun ketiga mencapai 6 m dengan kedalaman kolam mencapai 5m. Selain itu juga terdapat kolam alami yang terbentuk dari curahan air terjun dengan kedalaman kurang lebih 4 meter.

Suasana yang asri dan alami di sekitar curug dikarenakan berada di bawah tebing dengan hutan yang penuh tanaman rimba di atasnya. Hamparan sawah terasiring yang ditanami tanaman padi dan berbagai sayuran dapat anda lihat di sisi timur curug. Anda dapat menyaksikan air terjun 7 bidadari ini tanpa harus menempuh perjalanan kaki yang cukup jauh. Anda juga bisa memarkirkan kendaraan tidak jauh dari lokasi air terjun. Jalanan dan jembatan telah dibangun dengan bagus dilengkapi dengan gerai kuliner yang rapi di sisi kanan dan kiri, siap untuk disinggahi.

Kedung-WaliSelain air terjun, anda juga akan menemukan sumur tua yang diyakini sebagai tempat mandi bidadari dalam cerita rakyat masyarakat Keseneng. Sumur tersebut berukuran 70 cm dengan kedalaman 60 cm dan air yang sangat jernih. Kabarnya air di sumur tua tersebut dapat membuat awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan air di sumur ini juga digunakan oleh Kyai Mandung untuk wudhu. Kyai Mandung adalah sesepuh Desa Keseneng dan merupakan pengikut setia Pangeran Diponegoro. Di sebelah Curug 7 Bidadari anda akan menemukan curug lagi, yang bernama Curug Kedung Muning. Curug ini memiliki dua tingkatan dengan aliran airnya bertemu dengan aliran air dari Curug 7 Bidadari.Tujuh-Bidadari-702x336

Untuk berkunjung ke Curug 7 Bidadari anda hanya akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp 3.000 pada hari biasa dan Rp 4.000 di hari libur. Sedangkan jam operasional Curug 7 Bidadari mulai dari pukul 08.00 – 16.00 di hari biasa dan pukul 08.00 – 17.00 di hari libur. Berbagai fasilitas juga telah tersedia di sini mulai dari tempat makan, gazebo, toilet, hingga penginapan. Untuk penginapan, anda bisa menggunakan beberapa hotel murah di semarang, seperti:

Refrensi:

  • http://mediasemarang.blogspot.com/2014/03/curug-7-bidadari.html
  • http://tabloidsimpang5.com/pesona-tujuh-bidadari-di-lereng-gunung-ungaran/
  • http://www.visitsemarang.com/artikel/curug-7-bidadari
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *