Pesona Pantai Lamaru

Share Button

pantai lamaru 2Ketika berkunjung ke Balikpapan, jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai kebanggaan masyarakat Balikpapan, pantai Lamaru. Bukan hanya warga Balikpapan, warga luar Balikpapan pun kerap mengunjungi pantai ini untuk menghabiskan hari libur mereka. Tak mengherankan jika di setiap akhir pekan atau hari libur, parkir pantai selalu penuh dengan kendaraan pengunjung. Pantai yang berada di daerah Lamaru, Balikpapan Timur, Balikpapan ini berada di lokasi yang cukup strategis. Dari Bandar Udara Internasional Sepinggan hanya berjarak 10 km. Sedangkan dari pusat kota berjarak 20 km.

pantai lamaruPantai Lamaru memiliki garis pantai yang cukup panjang. Begitu sampai di pantai, anda akan disambut dengan pasir pantainya yang berwarna putih keabu-abuan. Pohon-pohon besar yang sengaja ditanam terlihat berderet teratur, membuat susana menjadi teduh dan rindang. Anda tidak perlu menyewa payung pantai karena suasana yang cukup rindang untuk berlindung dari sengatan matahari. Anda hanya perlu menyewa tikar dan menggelar di sana untuk menikmati suasana panta yang menyenangkan sambil menikmati seganya es kelapa muda.

penjual makanan di pantai lamaruPantainya yang bersih semakin memberikan kenyamanan bagi anda untuk berjalan-jalan disekitar pantai atau pun bermain air di sana. Air lautnya yang berwarna biru muda jernih berpadu dengan ombaknya yang tenang. Anda pun bisa berenang atau bermain Banana Boat di sana. Meski demikian, pada bulan-bulan tertentu, ombak dan angin di pantai yang berhadapan dengan Selat Sulawei ini cukup besar sehingga terlalu berbahaya  dan tidak aman bagi pengunjung. Oleh karenanya pada bulan tersebut pengunjung dilarang untuk berenang atau pun bemain di pantai. Anda juga bisa berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai sembari mengumpulkan kerang-kerang kecil yang dengan mudah anda temui.

penjual layang-layang pantai lamaruSelain banana boat, permainan yang lain juga disediakan di pantai ini. Mulai dari flying fox, kapal, kereta, atau pun andong bisa anda sewa untuk berkeliling pantai. Anda juga bisa berkeliling pantai dengan menggunakan club car. Harga yang ditawarkan untuk permainan tersebut mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 75.000. Fasilitas lain yang juga disediakan pantai ini adalah toilet dan area parkir yang cukup luas. Berbagai penjual makanan berada dalam satu tempat sehingga sampah yang ditimbulkan pun hanya terpusat pad asatu tempat saja. Hal ini untuk menjaga kebersihan pantai. Anda tidak perlu khawatir dengan pedagang asongan karena di pantai Lamaru anda tidak akan menjumpainya. Kecuali para penyedia jasa persewaan permainan air dan penjual layang-layang. Untuk masuk ke pantai ini pun cukup murah, hanya sekitar Rp 10.000 saja.

Kuburan-Jepang-Balikpapan-Kalimantan-Timur-IndonesiaUsai mengunjungi pantai Lamaru jangan lewatkan untuk berkunjung ke Kuburan Jepang yang lokasinya hanya berjarak 150 meter dari pantai. Konon kuburan ini merupakan makam para pasukan Jepang kala Perang Dunia II dalam melindungi kekuasaan mereka di Balikpapan. Yayasan Sakura Balindo bekerja sama dengan pemerintah Balikpapan mengelola cagar budaya yang dilindungi oleh UU No. 5 Tahun 1992 tersebut. Di kuburan tersebut terdapat tugu peringatan dengan hiasan huruf kanji. Untuk masuk ke kcagar budaya ini, anda hanya akan dikenai retribusi seikhlasnya saja.

Tertarik untuk melihat pesona pantai lamaru dan sekitarnya? Anda tinggal mengunjungi wisata ini dan untuk akomodasi anda bisa menggunakan hotel murah di Balikpapan, seperti:

Refrensi:

  • http://gadoga-wildansari.blogspot.com/2013/05/pesona-pantai-lamaru-balikpapan.html
  • http://www.travellers.web.id/indonesia/east-kalimantan/lamaru-beach-and-japanese-cemetery/
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *