Pesona Pantai Toroan Madura

Share Button

Aeng-Tancak-ToroanSatu lagi pesona pantai di Jawa Timur yang akan mengundang decak kagum anda. Jika sebelumnya kita membahas mengenai Pantai Banyu Tibo di daerah Pacitan, ada lagi daerah di Jawa Timur yang memiliki pesona yang serupa dengan pantai tersebut. Namanya adalah Pantai Toroan yang terletak di Madura, tepatnya di desa Ketapang Timur Kecamatan Ketapang Kabupaten Sampang. Jika dari arah Ketapang, kurang lebih berjarak 4 km ke timur. Namun, jiak anda dari Surabaya,anda akan menempuh perjalanan sejauh 105 km. Jika di Pantai Banyu Tibo, air terjun yang jatuh masih harus melalui pasir terlebih dahulu, di Pantai Toroan air terjun ini langsung jatuh ke laut. Sebuah keindahan yang patut untuk anda saksikan.

business-air_terjun_toroan-1339654248.lAir terjun ini juga cukup mudah dijangkau karena letaknya yang terlalu jauh dari jalan raya. Namun akses jalan ke sana membuat anda untuk berhati-hati karena sedikit curam dan tidak rata. Anda tidak perlu khawatir untuk transportasi karena banyak angkutan umum yang melintasi tempat wisata ini. Jika anda menggunakan kendaraan roda dua, anda dapat mengendarainya hingga di dekat air terjun.  Dan jika anda membawa kendaran pribadi roda empat dapat anda titipkan kendaraan anda di rumah penduduk. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni lembah curam dengan jalan setapak sejauh 50 m.  Atau anda dapat mengitari bibir pantai dengan batu – batu karang dan sisa genangan air laut untuk menuju air terjun ini.

BE9FJbsCUAId7PoTapi dengan pemandangan yang ditawarkan akan membuat anda rela untuk menempuh perjalanan tersebut. Apalagi anda tidak akan dikenakan biaya masuk untuk ke Pantai Toroan. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 20 m, air terjun Toroan langsung jatuh ke laut lepas. Apalagi jika di musim penghujan. Debit air yang banyak akan menggoda anda untuk mandi di bawah siraman air terjun. Air terjun Toroan bersumber dari sungai sumber payung yang berada di kecamatan Ketapang Timur.

Pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Toroan menjadikan udara di tempat tersebut cukup sejuk dan asri.  Gelombang ombak ditahan oleh batu-batu yang besar dan masih utuh. Tak lupa keindahan pasirnya yang masih bersih di sepanjang bibir pantai.  Anda pun dapat melihat pemandangan matahari terbenam kala sore hari.IMG_0060

Namun sayangnya, wisata ini masih digarap secara maksimal oleh pemerintah setempat. Bahkan pemandangan di pantai harus dicemari dengan keberadaan penambang pasir. Meski oleh pemerintah setempat telah terpampang jelas larangan untuk menambah pasir di daerah tersebut. Oleh karenanya anda akan sedikit kesulitan untuk mencari fasilitas pendukung seperti toilet, masjid, rumah makan hingga penginapan atau hotel. Oleh karenanya, anda harus membawa persiapan dari rumah, mulai dari bekal makanan hingga kunci tambahan untuk kendaraan anda. Untuk penginapan, anda bisa memanfaatkan beberapa hotel di Surabaya yang berdekatan dengan jembatan suramadu, seperti:

Referensi:

  • http://madurazone.wordpress.com/2010/06/07/air-terjun-pantai-toroan/
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/jawa-timur/air-terjun-toroan—sampang
Share Button
2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *