Pesona Pasir Merah Muda di Pantai Tangsi

Share Button

pantai-tangsi-lombok1-300x199Apa yang pertama kali anda bayangkan ketika mendengar kata pantai? Warna lautnya yang biru, pesona bawah lautnya yang indah, ataukah kilau pasir putihnya? Nah, jika selama ini anda terbiasa dengan pemandangan pasir putih di pantai, maka anda patut untuk mengunjungi Pantai Tangsi dan melihat pantai berpasir merah muda. Karena keunikan warna pasirnya inilah, maka pantai ini lebih dikenal dengan sebutan Pantai Pink. Pantai Tangsi atau Pantai Pink merupakan satu dari tujuh pantai di dunia yang memiliki pasir berwarna merah muda. Indonesia sendiri memiliki dua pantai berjenis ini, yakni Pantai Tangsi di Lombok dan salah satu pantai di pulau Komodo.

meriamDalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata Tangsi berarti asrama atau barak. Sehingga muncul anggapan bahwa pantai ini pernah digunakan sebagai barak atau markas tentara Jepang pada tahun 1942. Hal ini diperkuat dengan ditemukannya meriam peninggalan Jepang dan gua buatan. Pantai Tangsi berada di desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, Lombok Timur, Nusa Tengara Barat. Untuk bisa sampai ke pantai ini anda bisa menggunakan rute dari Kota Mataram menuju ke Pantai Tanjung. Hal ini dikarenakan letak kedua pantai tersebut berdekatan. Dari pintu masuk Pantai Tanjung, masih kurang satu kilometer lagi untuk menuju Pantai Tangsi. Sayangnya untuk bisa sampai ke sana membutuhkan waktu dua jam karena kondisi jalan yang rusak dan berantakan. Maka tak mengherankan jika keindahan pantai ini kurang familiar di kalangan wisatawan. Selain itu juga dikarenakan letak pantai yang jauh dari pusat kota.

DSC05377-300x225Warna pink pada pasir di Pantai Tangsi terbentuk dari campuran butir pasir putih dengan serpihan terumbu karang halus berwarna merah. Terumbu karang yang ada di pantai Tangsi berjenis Homtrema Rubrum. Jika terkena bias matahari dan terpaan air laut kilau merah muda akan semakin terlihat. Pantai Tangsi memang memiliki kekayaan biota laut yang menawan. Cukup dengan snorkling anda sudah bisa menikmati berbagai biota laut seperti bintang laut, anemon dan nudibranch. Apalagi pantai ini landai dan dangkal serta memiliki arus yang tenanga. Jadi anda bisa berenang dan snorkling dengan bebas. Namun untuk snorkling anda perlu embawa peralatan sendiri karena tidak ada yang menyewakan.

Selain pesona pasir merah mudanya, pesona alam pantai ini juga mengesankan. Disekeliling pantai ini terdapat hamparan bukit yang mempesona. Di sebelah kiri terdapat bukit dengan padang rumput yang luas. Sedangkan di sebelah kanan terdapat tanjung yang eksotis. Dari atas bukit anda bisa menikmati pemandangan pantai dengan ditemani semilir angin dan deburan ombak yang menghempas karang. Apalagi juga terdapat gazebo yang akan membuat anda semakin merasa nyaman ketika menikmati panorama indah di bawah pantai.DSC05375Selain snorkling, anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk memancing dan mengelilingi gugusan-gugusan pulau kecil di sekitar pantai. Anda juga dapat menggunakan perahu tersebut untuk mengunjungi gua jepang. Gua ini memiliki panjangnya sekitar 44 meter dengan tinggi 1,5 meter. Oleh karenanya untuk memasuki gua Anda harus membungkuk atau menunduk agar kepala tidak terantuk bagian atas. Pada zaman dahulu, selain untuk tempat persembunyian, gua ini juga dijadikan tentara jepang untuk mengintai musuh karena letaknya yang strategis dan menghadap pantai.

Selain perahu nelayan dan beberapa orang yang menjajakan makanan dan minuman, pantai Tangsi tidak menyediakan akomodasi berupa penginapan. Oleh karenanya, anda bisa menggunakan penginapan yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari pantai, misalnya:

Untuk informasi hotel murah di Lombok maupun Paket tour lombok bisa anda lihat di 1001malam.com.

Refrensi:

  • http://wisatalombokaja.blogspot.com/2014/01/keindahan-wisata-pantai-pink-di-lombok.html
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_pink
  • http://lombok.panduanwisata.com/pesisir-pantai/hamparan-pasir-berwarna-pink-di-pantai-tangsi/

 

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *