Petualang Sejati Wajib Datang ke Curug Cibeureum

Share Button

CurugCibeureum1Travelers termasuk pecinta wisata air terjun, maka jangan lewatkan buat bertandang ke Curug Cibeureum atau Air Terjun Cibeureum. Air terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Cibodas, tepatnya di Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat. Air terjun ini cukup indah dengan legenda yang begitu melekat terkait asal usul Curug Cibeureum. Namun sayangnya dibutuhkan usaha keras untuk bisa menjangkaunya. Ya, bukankah untuk menggapai sesuatu yang indah ada harga yang harus dibayarkan. Tapi bagi petualang sejati semakin keras perjalanan yang harus ditempuh terasa semakin menantang dan menggembirakan. Jadi buat travelers yang mengaku sebagai petualang sejati, tak bisa melewatkan kunjungan ke air terjun ini.

Berkunjung-ke-Air-Terjun-Curug-Cibeureum4Dari kota Jakarta travelers hanya perlu menempuh perjalanan selama 3 jam untuk sampai di kawasan Cibodas, tepatnya di kawasan Kebun Raya Cibodas. Dari pintu masuk Taman Nasional Gede Pangrango, Curug Cibeureum berjarak sekitar 2,6 km. Namun jika dari pintu masuk Kebun Raya Cibodas hanya berjarak 500 meter. Pintu masuk ini sekaligus menjadi akses untuk mendaki ke Gunng Gede, Pangrango. Travelers tak perlu khawatir karena di sepanjang perjalanan pemandangan yang indah akan menemani. Ada pula pos-pos untuk beristirahat kala lelah berjalan kaki. Di pos pertama tak hanya berfungsi sebagai tempat beristirahat namun juga sebagai tempat penjagaan, pusat informasi, dan juga toilet.

telaga biruBerlanjut ke pos kedua yang berada di dekat Telaga Biru. Telaga ini tak hanya luas dengan luas area mencapai 0,25 hektar, namun juga memiliki air telaga yang berwarna biru kehijauan. Warna telaga ini didapatkan dari ganggang berwarna biru yang hidup di dasar telaga. Usai menempuh perjalanan sejauh 2 km, selanjutnya travelers akan melewati jembatan kayu yang membentang di atas Rawa Gayonggong. Travelers perlu berhati-hati bukan saja karena jalurnya yang berkelok namun juga karena ada beberapa jalur yang sudah rapuh. Dari atas jembatan ini travelers bisa mengabadikan keindahan di sekitarnya yan dipenuhi dengan pemandangan hijau yang menyejukkan. Usai menyusuri jembatan kayu, travelers harus melewati jalan berbatu hingga sampai bertemu dengan pos ketiga yang bernama Panyancang Kuda. Sebuah plang tertulis di pos yang memang berlokasi di pertigaan, dimana untuk menuju ke Curug Cibeureum maupun puncak Pangrango memilih jalur kanan.

curug cibeureumJalan yang ditempuh agak menurun namun cukup datar sehingga cukup mempermudah mencapai air terjun yang berjarak seperempat jam dari pertigaan tersebut. Begitu tiba di Curug Cibeureum bersiaplah dibuat terpesona dengan keindahannya. Tidak saja bisa melihat keindahan air terjun Cibereum namun juga bisa menyaksikan dua air terjun turunannya, yakni Curug Cikundul dan Curug Cidendang. Namun hanya Curug Cibeureum yang memungkinkan untuk disinggahi karena merupakan air terjun terbesar, paling pendek, ada di tempat terbuka, dan paling dekat dengan shelter. Ketiga air terjun tersebut berada di ketinggian 1.675 m dari permukaan laut sehingga jangan heran jika cuaca di sekitar curug cukup sejuk dan terkesan dingin.

curugcibeureumDalam legenda masyarakat setempat dipercayai bahwa dahulunya warna air Curug Cibeureum adalah merah sehingga mereka memberi nama tersebut. Dalam bahasa Sunda Ci bermakna air dan beureum bermakna merah. Namun sebenarnya warna merah tersebut didapatkana dari dinding tebing air terjun yang ditumbuhi lumut merah yang tumbuh secara endemik di sana. Lumut-lumut ini kala terkena sinar matahari akan membuat warna air terjun jadi nampak merah juga. Sementara keberadaan batu besar yang ada di tengah-tengah air terjun dipercayai sebagai perwujudan seorang pertapa sakti yang karena begitu lamanya bertapa hingga ia berubah menjadi batu.

curug cibeureum1Untuk bisa menikmati keindahan Curug Cibeureum travelers hanya perlu membayar Rp 11.000/orang. Namun sebelumnya di pintu masuk Kebun Raya Cibodas travelers juga diminta membayar tiket masuk Rp 2.000 dan konstribusi parkir. Curug Cibeureum bisa menjadi tempat yang pas untuk melakukan camping. Namun jika tak ingin camping di sini, travelers bisa memanfaatkan hotel murah di Cipanas yang berjarak tak jauh dari Civodas, seperti:

Refrensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Curug_Cibeureum

Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *