Pulau Bintan, Riau

Share Button

Pulau Bintan adalah pulau terbesar yang ada di Kepulauan Riau, terdiri dari hampir 3.000 pulau besar dan kecil. Terbentang di seberang Negara Singapura dan Johor Baru Malaysia.

Pulau ini melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Secara strategis pulau ini terletak di Semenanjung Selatan Malaysia. Tujuan lokasi wisata disini adalah Bintan Resor, merupakan destinasi wisata berupa pantai yang spektakuler di utara pulau dengan luas 23.000hektar di atas pasir putih yang menghadap ke Laut Cina Selatan. Dan pulau ini juga menawarkan kesempatan untuk surfing, bertualang dan ekowisata utuk para pelajar, keluarga, tapi juga ideal untuk bersantai dan kesehatan.

Sejatinya pulau ini juga memiliki banyak daya pikat seperti keindahan alamnya, kemilau pasir putih, rimbunnya pepohonan, dan birunya air laut yang membuat Pulau Bintan tampak semakin indah.
Di pantai barat Bintan terdapat Tanjung Pinang yang dahulunya merupakan kota sunyi tetapi saat ini merupakan ibu kota provinsi yang sibuk.

Di sini anda akan menemukan rumah kuno panggung yang menarik di Senggarang, di sini juga terdapat beberapa candi Bundha temasuk candi kuno yang dinaungi oleh pohon bayan yang besar dan rindang.

Di seberangnya berjarak 15menit dari Tanjung Pinang terdapat pulau kecil Penyengat yang dahulunya merupakan tempat kedudukan ratu Kerajaan Johor-Riau dan asal bahasa melayu asli, dasar Bahasa Indonesia. Di tempat ini berdiri Masjid Sultan Riau yang merupakan bukti keemasan Sultan Johor-Riau. Sebelum mendekati pulaunya, anda akan melihat menara masjid lalu mengintip dari atas kuning kehijauan seperti sebuah istana di dalam dongeng.

Penyengat adalah sebuah makam Kerajaan Sultan terakhir Riau, sedangkan keturunan sultannya sendiri masih tinggal di pulau sampai sekarang.

Bagi anda yang mempunyai hobi menjelajah alam, Bintan Resort menyediakan fasilitas untuk menyalurkan hobi anda lewat mountain bike atau tracking ke Gunung Bintan yang berada pada ketinggian sekitar 340meter. Dan yang datang memang sebagian besar berasal dari turis mancanegara.

Tidak hanya keindahan alamnya, Pulau Bintan juga memiliki kekayaan hayati yang layak dibanggakan. Sebagai pulau yang berada di daerah tropis, pulau ini memiliki ekosistem yang unik beragam flora dan fauna.

Untuk menuju lokasi ini dapat menggunakan kapal feri, perjalanan bisa dimulai dari Dermaga Telaga Punggur yang hanya memakan waktu 45menit menuju Pulau Bintan. Sedangkan dari tanah merah Singapura hanya memerlukan waktu 55menit.

Makanan andalan disini adalah seafood, yang masih segar dan cukup murah disajikan di restaurant panggung kuno yang menghadap ke laut. Banyak juga kios-kios yang menjual souvenir khas Pulau Bintan sendiri.

Jika pengen menjelajah setiap sudut kota tanpa ribet, anda bisa mengambil paket tour Bintan. Anda tinggal menikmati jalan-jalan anda tanpa memikirkan akomodasi dan lain-lain selama disana.

Untuk penginapannya sendiri banyak terdapat resort-resort yang cukup bagus dengan view menghadap ke pantai, ataupun penginapan rumahan yang disediakan di rumah penduduk sekitar. Ataupun jika anda ingin menginap di hotel, anda bisa dengan mencarinya di pusat Kota Riau seperti :

Referensi :

  • http://www.indonesia.travel/id/destination/63/pulau-bintan/toeat
  • http://www.resep.web.id/traveling/pulau-bintan-riau-nikmati-kemilau-pasir-putih-bintan.htm
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *