Pulau Keong, Sumatera Barat

Share Button

Indonesia mempunyai beragam keunikan di bidang wisatanya sendiri, salah satunya Pulau Keong yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Tepatnya di Taluak Sungai Bungin, Kecamatan Batang Kapas, sekitar 80 km disebelah selatan Kota Padang. Bentuk pulau ini sendiri memang seperti bentuk keong yang sedang berjalan jika dilihat dari depan ujung Bukit Pulai yang merupakan suatu keajaiban alam. Jarak dari pinggir Pasir Sungai Nipah sendiri sekitar 3 hingga 4km saja. Dapat anda capai dengan kapal dari Pantai Taluak Kasai dan bisa dari Pantai Sungai Nipah. Masyarakat sendiri justru menamai pulau tersebut dengan sebutan Pulau Batu nago. Bukan sebutan Pulau Keong atau lain sejenisnya, dan pulau ini terdiri dari batu karang. Dari kejauhan terlihat sangat mirip dengan keong yang sedang melata.
Cangkang keongnya berada di bagian barat dan kepalanya Nampak terjulur menghadap ke timur. Hampir nyaris mencium sebuah karang yang semakin dekat ke ujung Bukit pulai. Bagian kepalanya juga Nampak seperti dilengkapi dengan aksesoris yang menyerupai antena keong. Pada bagian belakang pulau ini terdapat karang yang sangat tinggi. Bada bagian lain, pulau ini juga mempunyai daratan yang cukup datar. Ditambah lagi dengan pepohonan yang menonjol layaknya mata di kepala seekor keong.
Bagi sejumlah masyarakat nelayan, pulau ini tidak terlalu memiliki arti besar selain seonggok karang besar dan bagian ujung barat ditumbuhi oleh pepohonoan kelapa dan tumbuhan pantai yang rimbun lainnya. Namun bagi mereka yang suka dengan sesuatu unik, pulau ini justru menjadi sesuatu hal yang sangat menarik.

Pemandangannya sangat cantik, lautnya yang berwarna biru serta banyaknya pohon kelapa yang melambaikan daunnya menyambut kedatangan anda beserta keluarga, teman-teman bahkan pasangan anda. Anda jugabisa membawa alat snorkeling untuk sekedar bermain air sambil menyaksikan keindahan pemandangan bawh laut Pulau keong. Selain karang, ada juga pasir putih yang dapat anda gunakan untuk duduk duduk ataupun berjemur. Kondisi pulau yang tanpa penghuni ini membuat wisatawan yang datang harus membawa tenda untuk bermalam. Jika anda tidak ada persiapan anda juga bisa menyewa penginapan yang disediakan warga sekitar. Atau jika anda kurang merasa nyaman, anda juga bisa mencari hotel-hotel yang terdekat dengan pulau keong sendiri ataupun ingin mencari hotel di sekitar Kota sendiri, seperti :

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Keong
  • http://travel.detik.com/read/2012/08/10/083734/1987889/1383/2/wow-indonesia-punya-pulau-berbentuk-keong#topart
Share Button
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *