Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur

Share Button

Pulau-KomodoPulau Komodo adalah sebuah pulau yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini juga merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo berada di sebelah timur Pulau Sumbawa, yang dipisahkan oleh Selat Sape. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau Komodo merupakan ujung paling barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, berbatasan dengan Provinsi Nusa Tenggara Barat. Di pulau ini hewan komodo hidup da berkembang biak dengan baik. Hingga Agustus 2009, di pulau ini terdapat sekitar 1300ekor komodo. selain komodo, pulau ini juga menyimpan eksotisme flora yang beragam kayu sepang yang oleh warga sekitar digunakan sebagai obat dan bahan pewarna pakaian, pohon nitak ini atau sterculia oblongata diyakini berguna sebagai obat dan bijinya gurih seperti kacang plong. Pulau Komodo ini juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

280px-Komodo2Banyak hal yang dapat anda lihat dan lakukan disini. Sebuah pengalaman menakjubkan bila anda melihat komodo dari jarak dekat si habitat aslinya tentunya bersama pemandu. Jika tidak sempat melihat komodo, di pulau ini anda juga bisa melihat pemandangan pantai yang indah berpasir putih, hutan mangrove, padang rumput savana, dan pantai biru yang jernih. Disini anda juga dapat melakukan kegiatan lain, seperti diving snorkling, dan anda juga dapat melaut dengan menggunakan kapal layar atau perahu nelayan. Di Pulau Komodo ini, anda harus mendaki Gunung Ara setinggi 538m di atas permukaan laut selama 3 atau 4 jam. Apabila anda terlalu takut untuk melihat komodo,anda bisa cuma mengunjungi tamana untuk melihat sekelompok rusa, banteng, atau kuda.

komodo-pulau-rincaAda beberapa himbauan jika anda pergi ke Pulau Komodo ini , seperti : jangan pergi sendirian kesini, lebih baik bersama pemandu wisata. Jangan mengganggu atau memberi makan komodo. Pakailah sepatu jika kesini, karena banyak ular di pulau ini yang beracun. Dan dilarang merokok atau menyalakan api saat di dalam pulau ini, karena kebanyakan tempatnya merupakan padang rumput savana yang mudah terbakar saat musim kemarau.

oleh-oleh-pulau-komodoDi awal kedatangan di pulau Komodo ini, terdapat beberapa toko-toko cendera mata yang menjual kaos dengan gambar komodo dan patung kayu komodo. Kaos-kaos yang dijual disini memiliki kualitas yang bagus. Tak hanya kaos yang dijual dini, berbagai souvenir khas Pulau Komodo ini pun beraneka ragam. Dan harganya pun sangat terjangkau. Di Taman Nasional Komodo ini pun menyediakan restaurant. Ada beberapa kios pun yang menjual minuman dan makanan ringan. Anda pun bisa menyewa perahu motor disini. Beberapa penginapan pun disediakan, hotel pun juga banyak yang dekat dengan Pulau Komodo ini, contohnya :

Namun, untuk perjalanan yang lebih mudah dan tanpa harus repot anda bisa mengikuti Paket Tour Komodo murah yang memberikan pilihan ragam destinasi wisata di Pulau Komodo.

Referensi :

  • http://id.wikipedia.org/wiki/Pulau_Komodo
  • http://www.indonesia.travel/id/destination/106/taman-nasional-komodo/tips\
  • http://travel.detik.com/read/2012/04/16/183501/1893818/1025/asyik-wisatawan-kini-bisa-teleponan-di-pulau-komodo
Share Button

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *